7 Ide Kegiatan Hari Ibu yang Bisa Kamu Lakukan, Yuk Catat!

anak perempuan memeluk ibu untuk merayakan kegiatan hari ibu

Hari Ibu adalah hari peringatan yang diperingati pada tanggal 22 Desember 2023 setiap tahunnya. Sudahkah kamu merencanakan kegiatan Hari Ibu?

Biasanya, banyak anak yang ingin merayakan Hari Ibu dengan menyusun suatu acara kecil-kecilan untuk ditunjukkan kepada ibunda tercinta.

Kegiatan tersebut memang dirancang untuk menyenangkan hati ibu. Nah, bagi kamu yang berencana merencanakannya, simak beberapa ide kegiatan hari ibu berikut ini!

Ide Kegiatan Hari Ibu

Sebenarnya, ada banyak, lho, jenis kegiatan yang dapat kamu lakukan bersama ibu. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya:

1. Memberi Hadiah

Kegiatan Hari Ibu yang pertama adalah memberikan hadiah spesial atau kejutan kecil sebagai rasa terima kasih kamu kepadanya.

Hadiah yang dapat diberikan sendiri bervariasi, tergantung pada kesukaan atau kebutuhan ibumu. Oleh karena itu, cobalah ingat-ingat lagi apa hal yang ibumu sukai atau butuhkan.

Beberapa jenis hadiah yang dapat diberikan antara lain pakaian, alas kaki, peralatan olahraga, dan perlengkapan yang dapat mendukung hobinya.

2. Mengadakan Pesta Kecil-Kecilan

Ide kegiatan selanjutnya adalah mengadakan pesta kecil-kecilan di rumah. Berkenaan dengan ini, kamu bisa menyusun acara untuk keluarga kecil saja atau mengundang sanak saudara dan teman dekat.

Mengadakan pesta kecil-kecilan untuk ibu dapat menjadi ide yang bagus untuk menciptakan momen berkesan baginya.

Jika kamu berniat untuk mengadakan pesta, kamu bisa mempersiapkan kue atau hidangan spesial, dekorasi, kartu ucapan, foto bersama, serta permainan atau aktivitas menyenangkan untuk meramaikan acara.

3. Makan Malam Bersama

Makan malam bersama juga merupakan ide kegiatan Hari Ibu yang dapat menciptakan memosi berkesan, serta menambah kedekatan.

Kamu bisa menjadikan kegiatan ini sebagai waktu untuk berbincang-bincang bersama ibu, berbagi cerita bersama, dan menyampaikan pesan atau ucapan khusus selama makan malam.

Cobalah pilih tempat makan atau restoran favorit ibu yang sudah biasa dikunjungi. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mencoba restoran baru yang menyediakan menu istimewa.

4. Jalan-Jalan

Kegiatan Hari Ibu selanjutnya yang patut kamu coba adalah pergi jalan-jalan bersama ibu. Ajak ia ke tempat yang sekiranya akan disukai.

Kamu bisa melaksanakan piknik di taman, pergi mengunjungi pameran seni, menjelajahi taman bunga dan kebun raya, atau melakukan perjalanan wisata alam.

Namun, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi kesehatan dan kebugaran ibumu, ya. Oleh karena itu, pertimbangkan kegiatan yang sesuai dan dapat diakses dengan mudah sesuai kemampuannya.

5. Berbelanja

Ide kegiatan lainnya yang bisa kamu lakukan bersama ibu adalah berbelanja. Sebelum berbelanja, pastikan kamu mengetahui preferensi atau selera ibumu terlebih dahulu.

Selain itu, kamu juga bisa pilih tempat belanja yang menjadi favorit ibu, misalnya mall, pusat perbelanjaan, butik, dan toko pakaian lainnya.

Hal penting lainnya yang tidak boleh kamu lupakan adalah menyediakan anggaran berbelanja secukupnya agar tidak melampaui batas.

6. Menonton Film

Apakah ibumu suka menonton film? Atau, apakah ada film yang ingin kamu tonton bersama ibu? Jika iya, cobalah ajak ibu menonton film!

Meskipun terkesan sederhana, menonton film dapat menjadi cara yang santai sekaligus menyenangkan untuk merayakan Hari Ibu.

Menonton film dapat kamu lakukan di rumah atau bioskop. Berkenaan dengan ini, pastikan pilih film dengan genre yang disukai ibu.

Opsi lainnya, kamu juga bisa memilih film yang memiliki pesan-pesan tersirat dan bermakna untuk ibu, seperti Susah Sinyal (2017), Kim Ji-Young: Born 1982 (2019), Ali & Ratu-Ratu Queens (2021), dan Wedding Dress (2010).

7. Pergi ke Salon Perawatan

Tak jarang banyak para ibu yang sudah tidak terlalu memerhatikan perawatan dirinya, entah karena sibuk bekerja, mengurus anak, atau kepentingan lainnya.

Oleh karena itu, mengajak ibu untuk pergi ke salon perawatan dapat menjadi kegiatan Hari Ibu yang menyenangkan.

Ada banyak jenis salon perawataan yang bisa kamu pilih, di antaranya yaitu salon rambut, kecantikan, spa, hingga nail salon.

Opsi lainnya, kamu jua bisa memesan layanan salon yang sudah mencakup berbagai treatment, mulai dari perawatan wajah, manikur, pedikut, hingga pijat.

Itulah dia beberapa kegiatan Hari Ibu yang dapat kamu lakukan guna memberikan momen berkesan pada ibunda tersayang.

Jadi, jika kamu berniat merayakan Hari Ibu dengan melakukan kegiatan di atas, pastikan untuk mempersiapkannya dari jauh-jauh hari, ya!

Baca juga: