Apa itu Newsjacking dalam PR? Ini Arti dan Tips Memulainya!

man looking for breaking news for newsjacking in computer

Jika kamu bekerja dalam bidang public relations atau pemasaran, newsjacking adalah salah satu strategi PR di era digital yang penting untuk dipahami.

Sebab, istilah ini berkaitan dengan pemanfaatan suatu isu yang potensial untuk memperoleh eksposur lebih dari publik.

Namun, jika kamu belum mengetahuinya, jangan khawatir. Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang arti newsjacking beserta tips memulainya. Jadi, simak sampai habis, ya!

Apa itu Newsjacking?

Dalam konteks PR dan marketing, arti newsjacking adalah taktik memanfaatkan peristiwa atau berita yang sedang hangat sebagai peluang untuk membangun brand awareness dan memperoleh liputan media.

Jadi, strategi ini dilakukan dengan turut menanggapi atau merespon suatu isu yang sedang menjadi breaking news dengan opini atau pendapat yang relevan secepat mungkin.

Untuk lebih jelasnya, coba simak grafik berikut:

Newsjacking roadmap
Grafik munculnya berita dari waktu ke waktu | sumber: motivepr.co.uk

Misalnya, ada sebuah breaking news yang muncul. Saat ada berita terbaru, tentu jurnalis akan berupaya untuk mencari kelengkapan informasi untuk dijadikan sebuah berita.

Dengan kata lain, mereka akan mencari tahu unsur 5W+1H dari sebuah informasi. Nah, di fase inilah newsjacking bisa dimanfaatkan.

Dalam hal ini, perusahaanmu bisa memberikan kutipan, pendapat yang relevan, atau konten pendukung kepada jurnalis.

Jadi, ketika mereka mencari informasi tambahan untuk berita, misalnya tanggapan ahli, kamu bisa maju paling awal dalam menyediakannya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa taktik ini berfokus untuk membantu mengidentifikasi brand-mu sebagai seorang ahli yang memiliki pengetahuan relevan untuk bisa dimasukkan dalam berita.

Manfaat Newsjacking

Berikut beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan Eksposur dan Visibilitas

Mengambil peran dalam sebuah kejadian atau berita yang sedang hangat dibicarakan dapat memungkinkan perusahaan untuk memperoleh eksposur dan visibilitas secara signifikan.

Selain itu, ini juga akan membuka peluang untuk mendapatkan liputan tambahan dari media, serta memperoleh perhatian oleh audiens yang lebih besar.

2. Menguatnya Kredibilitas dan Otoritas

Menanggapi isu-isu terkini secara relevan dan sesuai keahlian atau pengetahuan yang dimiliki juga akan turut memperkuat kredibilitas dan otoritas perusahaan di industrinya.

Selain itu, audiens juga akan mempertimbangkan brand tersebut sebagai sumber informasi yang berkompeten dan terpercaya.

3. Mendorong Partisipasi Masyarakat

Newsjacking yang dilakukan dengan tepat dengan mendorong keterlibatan dan partisipasi audiens untuk turut merespon isu yang ada.

Hal ini pun akan membantu menciptakan hubungan yang lebih erat antara perusahaan dengan audiens, terutama apabila respon tersebut mencerminkan brand value & personality.

Tips Memulai Newsjacking

Adapun tips memulainya yaitu sebagai berikut:

1. Pahami Target Audiens

Sebelum memulai newsjacking, penting untuk memahami terlebih dahulu siapa target audiens brand-mu dan apakah isu atau berita tersebut akan sesuai dengan mereka.

Selain itu, penting juga untuk memikirkan bagaimana cara yang tepat dalam merespon berita atau tren tertentu agar sesuai dengab target audiens.

Memahami secara mendalam mengenai target audiens akan membantu perusahaanmu untuk membuat konten yang relevan dan menarik.

2. Integrasikan dengan Brand Message

Brand message merujuk pada pesan yang digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan berdasarkan nilai-nilai perusahaan.

Nah, dalam melakukan newsjacking, pastikan juga bahwa brand message terintegrasi dengan baik pada konten yang dibuat.

3. Patuhi Etika

Bentuk konten atau tanggapan dalam newsjacking sebaiknya proaktif atau reaktif. Selain itu, tanggapan juga harus tepat waktu, relevan, dan menarik.

Akan tetapi, penting untuk dicatat bahwa kamu juga harus tetap membuat konten atau memberikan tanggapan yang tidak melanggar norma atau etika.

Hindari memberikan tanggapan yang tidak pantas, terutama pada hal yang sensitif. Sebab, hal ini malah akan berdampak buruk pada reputasi perusahaanmu.

Selain itu, jangan terlihat terlalu oportunis dengan ‘ikut nimbrung‘ pada isu atau berita yang tak berhubungan dengan brand.

Demikianlah dia artikel lengkap yang membahas tentang pengertian, manfaat, dan tips memulai newsjacking yang penting untuk kamu ketahui.

Pada intinya, newsjacking merupakan suatu upaya pemanfaatan isu yang sedang hangat untuk menjadi peluang publisitas yang potensial.

Meskipun memiliki sejumlah manfaat, tetapi ingat bahwa hal ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menjadi boomerang untuk brand-mu ke depannya.

Namun, jika kamu bingung bagaimana melakukannya dengan tepat, yuk, konsultasikan saja pada para ahli di BRIEFER!

BRIEFER merupakan platform kolaborasi yang memungkinkanmu untuk terhubung dengan para spesialis komunikasi berpengalaman.

Jadi, kamu bisa langsung mengkonsultasikan permasalahan atau target yang ingin brand-mu capai. Nantinya, speasialis kami akan bersedia membantu.

Untuk informasi selengkapnya tentang layanan ini, kamu bisa langsung kunjungi laman web BRIEFER atau hubungi email kami, hello@briefer.id. Kami tunggu, ya!

Baca artikel lain tentang dunia PR di sini!