Media Gathering: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

black microphone on media gathering or press conference room

Pernahkah kamu mendengar istilah “media gathering”? Mungkin istilah ini masih terdengar asing di telinga orang awam.

Namun, bagaimana dengan “press conference“? Pernahkah kamu mendengar istilah tersebut? Pasti kamu pernah mendengarnya setidaknya sekali dalam hidup.

Padahal, keduanya sebenarnya memiliki arti yang kurang lebih sama. Nah, agar kamu tak bingung lagi, artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai media gathering. Yuk, baca sampai habis!

Apa itu Media Gathering?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pengertian media gathering sebenarnya sama dengan press conference.

Media gathering adalah sebuah acara yang secara khusus mengundang media atau pers untuk memberitahukan dan mengumumkan hal penting berkaitan dengan suatu peristiwa, produk, atau topik tertentu.

Selain media, acara ini juga umumnya melibatkan beberapa pihak penting terkait, seperti investor dan PR (public relation) perusahaan.

Nah, media gathering sebenarnya berkaitan erat dengan PR karena ini merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan citra yang positif terhadap perusahaan.

Tujuan Media Gathering

Terdapat beberapa alasan mengapa acara ini diadakan, di antaranya yaitu:

1. Memperkenalkan Produk Baru

Saat perusahaan ingin meluncurkan produk atau proyek baru kepada publik, tak jarang mereka akan mengumpulkan media untuk mengumumkan hal tersebut.

Hal ini akan membantu perusahaan untuk memberikan informasi yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

2. Membangun Hubungan dengan Media

Tujuan lainnya perusahaan mengundang media adalah untuk membangun dan menjaga hubungan baik dengan mereka.

Dengan adanya media gathering, perusahaan atau PR sebagai perwakilannya dapat berinteraksi langsung dengan para wartawan.

Alhasil, akan tercipta hubungan baik antara perusahaan dengan media. Hal ini tentunya akan memberikan berbagai dampak baik, seperti meningkatkan peluang untuk mendapatkan pemberitaan yang positif.

3. Menjelaskan Suatu Isu atau Kontroversi

Tak jarang, banyak perusahaan mengalami krisis atau isu yang secara langsung maupun tidak dapat memengaruhi citra dan reputasinya.

Oleh karena itu, tim PR harus segera menyusun strategi komunikasi krisis secara tepat agar isu atau krisis yang dialami tidak berdampak makin buruk.

Nah, salah satu strategi komunikasi krisis yang dapat dipilih PR adalah melakukan media gathering untuk memberikan penjelasan lebih lanjut atau klarifikasi.

Adanya penjelasan ini akan membantu mengelola persepsi media dan masyarakat terhadap isu tersebut.

Manfaat Media gathering

Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Citra Perusahaan

Apabila perusahaan dapat menyelenggarakan acara perkumpulan media ini secara sukses, hal ini dapat mendorong peningkatan citra perusahaan di hadapan publik dan media.

Secara jangka panjang, hal tersebut pun akan berkontribusi positif pada peningkatan reputasi perusahaan ke depannya.

2. Memperoleh Pemberitaan Gratis

Manfaat lainnya adalah perusahaan akan berpotensi memperoleh pemberitaan gratis berupa liputan yang positif dari media tanpa harus mengeluarkan uang.

Biasanya, wartawan akan tertarik untuk meliput sebuah kegiatan apabila acara tersebut terorganisasi dengan baik.

Apalagi jika tim PR perusahaan memiliki hubungan baik dengan wartawan. Wartawan tentunya akan lebih suka untuk bekerja sama dengan pihak yang sudah dipercayai dengan baik.

Syarat yang Perlu Diperhatikan dalam Menyelenggarakan Media Gathering

Sebelum perusahaanmu ingin menyelenggarakan acara yang mengundang media, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu, yaitu:

  1. Tentukan tujuan pasti mengapa acara tersebut diadakan, misalnya peluncuran produk
  2. Tentukan waktu dan tempat acara diselenggarakan. Pastikan pilih tempat yang menarik dan strategis. Pertimbangkan juga ketersediaan fasilitas, seperti ruang pers, tempat duduk, dan akses internet
  3. Identifikasi siapa saja pihak yang akan diundang dalam acara. Pastikan tamu yang diundang memiliki minat atau ketertarikan pada topik acara
  4. Persiapkan materi apa saja yang akan disampaikan pada media, mulai dari panduan acara, press release, dan lain sebagainya
  5. Rancang program acara dengan baik dan teratur. Sediakan sesi tanya jawab dan waktu untuk kegiatan networking
  6. Siapkan seluruh fasilitas teknis yang akan diperlukan, seperti mikrofon, proyektor, dan layar. Pastikan melakukan uji coba sebelum acara dimulai
  7. Sediakan souvenir atau materi informasi yang dapat membantu awak media untuk lebih memahami topik acara secara lebih mendalam
  8. Sediakan konsumsi yang memadai, terutama jika acara berlangsung selama berjam-jam

Contoh Media Gathering

Pada saat peluncuran aplikasi BRIEFER, kami mengadakan media gathering yang mengundang awak media untuk mengumumkan tentang soft launching platform BRIEFER.

Dalam acara tersebut, dijelaskan mengenai apa itu platform BRIEFER, yang mencakup latar belakang, tujuan, solusi yang ditawarkan, cara kerja, beserta apa saja produk yang ditawarkan.

Berikut video lengkap yang dapat kamu saksikan jika ingin mengetahui gambaran mengenai contoh media gathering:

Demikianlah penjelasan lengkap tentang apa itu media gathering beserta tujuan, manfaat, syarat, dan contohnya yang perlu kamu ketahui.

Pada intinya, media gathering adalah acara yang biasanya dilakukan untuk mengumumkan suatu topik yang penting, serta dapat bermanfaat untuk memperoleh pemberitaan gratis.

Nah, apabila perusahaanmu bingung untuk menyusun konferensi pers atau membutuhkan konsultasi di bidang public relation, BRIEFER siap membantumu!

BRIEFER merupakan platform kerja di bidang komunikasi yang bisa bantu perusahaanmu merumuskan strategi PR yang tepat, terutama di era digital.

Jika kamu tertarik menggunakan layanan kami, yuk kunjungi laman web BRIEFER atau hubungi email kami di hello@briefer.id dan mulai proyekmu bersama kami sekarang juga!