Apa itu Affiliate Marketing?

Mendapatkan uang dari internet dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja jadi lebih gampang sekarang ini, salah satu cara adalah melalui Affiliate Marketing.

Affiliate Marketing merupakan strategi pemasaran yang terkenal memiliki banyak peminat dan cocok bagi kamu yang aktif menggunakan media sosial. Tapi apakah kamu tau mengenai pengertian dan cara menjadi Affiliate Marketing, Briefee? Jika belum tahu, yuk simak artikel ini sampai habis!

Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate Marketing adalah salah satu bentuk periklanan dimana seseorang harus mempromosikan dan menawarkan produk atau jasa dari sebuah perusahaan atau brand. Perusahaan disini membayar pihak ketiga untuk membawa audiens ke produk perusahaaan dan juga untuk menghasilkan traffic, pihak ketiga itulah yang disebut sebagai Afiliator.

Apabila sang Afiliator berhasil menjualkan produk milik perusahaan atau brand, nantinya ia akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang muncul. Komisi yang didapat oleh para Afiliator dihitung dari penjualan.

Siapa saja yang terlibat dalam Affiliate Marketing?

  • Merchant: Pihak ini yang biasa disebut dengan brand serta yang memiliki produk.
  • Afiliator: Affiliator merupakan orang yang mengikuti program Affiliate Marketing dan memiliki pengaruh untuk mengajak orang membeli produk. Biasanya yang merupakan seorang Afiliator adalah influencer, blogger atau perusahaan yang fokus di bidang affiliate marketing.
  • Pelanggan: Pihak yang melakukan pembelian terhadap produk yang dipromosikan oleh sang Afiliator.

Lalu, bagaimana cara menjadi seorang Affiliate Marketing?

1. Mendaftarkan diri ke program affiliate marketing

Jika ingin menjadi afiliator, hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu mendaftar program Affiliate Marketing di perusahaan atau brand yang membuka program ya Briefee.

Jika berhasil mendaftar, kamu akan mendapatkan link afiliasi dan link tersebut lah yang kamu gunakan untuk mencatat semua transaksi yang berasal dari akun mu sehingga, komisi akan terotomatis masuk ke akun afiliasi milik mu.

2. Membagikan link afiliasi

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengeshare link afiliasi yang berisikan produk yang kamu promosikan ke media sosial milik mu seperti Instagram, Twitter, TikTok, atau blog. Link yang kamu bagikan ke media sosial sebaiknya berisikan sebuah konten yang menarik dan berkualitas agar audiens tertarik untuk membeli.

3. Audiens mengklik link dan membeli produk

Jika audiens mengklik link afiliasi mu dan melakukan transaksi pembelian, nantinya akan tercatat oleh jaringan afiliasi melalui link afiliasi yang kamu bagikan.

4. Mendapatkan komisi afiliator

Tahapan terakhir, jika audiens telah menyelesaikan proses pembelian maka kamu akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Perlu diingat bahwa komisi yang diterima bisa berbeda tergantung presentasi komisi dari setiap produk ada yang menawarkan 5% sampai 20% per produk. Semua tergantung dari program afiliasi yang kamu ikuti Briefee

Bagaimana cara menjadi Affiliate Marketing yang sukses?

·  Daftar program afiliasi yang menawarkan produk sesuai keahlian mu

·  Pahami target audiens media sosial mu

·  Mereview produk dengan konten yang menarik dan berkualitas

·  Berfokus pada satu niche agar audiensmu lebih percaya dengan mu

·  Menggunakan beberapa platform media sosial

Nah, itu dia pembahasan tentang Affiliate Marketing semoga bermanfaat. Apakah kamu tertarik untuk mengikuti program Affiliate Marketing, Briefee? Jika iya, jangan lupa untuk selalu konsisten dan sabar good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *