Apa itu Komunikasi Interpersonal? – Pengertian, Tujuan, & Contoh

Contoh komunikasi interpersonal dengan teman

Komunikasi interpersonal atau antarpribadi adalah bentuk komunikasi antar-manusia yang paling dasar. Pasalnya, semua orang pasti pernah mengalaminya.

Tak hanya itu, berkomunikasi secara interpersonal juga merupakan kebutuhan dasar tiap manusia, sehingga tidak ada yang bisa menghindarinya.

Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai apa yang dimaksud dengan komunikasi interpersonal, mulai dari pengertian hingga contohnya. Simak!

Pengertian Komunikasi Interpersonal

Komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran pesan yang terjadi pada dua individu atau lebih yang dalam beberapa hal “terhubung”.

Bentuk komunikasi interpersonal bisa terjadi di mana saja, dengan teman, orang tua, hingga pasangan. Karena bersifat interdependen, masing-masing pihak akan saling memengaruhi pihak lainnya.

Dengan melakukan komunikasi antarpribadi, kedua individu bisa bertukar ide, gagasan, pikiran, serta pandangannya dengan individu lain.

Umumnya, komunikasi antarpribadi berlangsung secara tatap muka. Namun, seiring berkembangnya teknologi, komunikasi jenis ini juga bisa dilakukan tanpa harus saling bertemu, misalnya melalui telepon.

Ciri-Ciri Komunikasi Interpersonal

Terdapat beberapa ciri-ciri komunikasi antarpribadi yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Semua pihak yang terlibat berperan aktif dalam proses komunikasi, baik sebagai pengirim maupun penerima pesan
  • Bisa terjadi dengan spontan tanpa perencanaan atau tujuan tertentu
  • Komunikasi yang terjadi sering kali bersifat pribadi dan emosional dengan melibatkan perasaan, empati, dan hubungan antarmanusia
  • Melibatkan penggunaan bahasa verbal (dengan kata-kata) atau pun non verbal (seperti eksperesi wajah, gestur tubuh, dan intonasi suara)
  • Terjadi dalam konteks situasional tertentu yang memengaruhi cara pesan disampaikan dan diterima
  • Proses bersifat dinamis dan dapat berubah seiring dengan situasi dan hubungan antarindividu

Baca juga: Perbedaan Komunikasi Verbal dan Non Verbal beserta Contohnya

Tujuan Komunikasi Interpersonal dan Contohnya

Tujuan seseorang berkomunikasi dengan individu lain berbeda-beda. Namun, berikut beberapa tujuan umum dari komunikasi interpersonal:

1. Menyampaikan Gagasan dan Informasi

Salah satu tujuan utama komunikasi jenis ini adalah menyampaikan informasi dan gagasan yang dimiliki kepada individu lain.

Melalui komunikasi, individu dapat berbagi pengetahuan, memberikan instruksi, menjelaskan konsep, dan menyampaikan pesan penting yang perlu dipahami oleh orang lain.

Contohnya yaitu seorang anak meminta izin kepada orang tua sebelum pergi atau seorang manajer memberikan arahan kerja kepada bawahannya.

2. Membangun dan Memelihara Hubungan

Untuk membangun, memelihara, dan memperkuat hubungan dengan orang lain, diperlukan komunikasi antarpribadi.

Yup, berkomunikasi secara efektif dengan mereka akan membantu menciptakan ikatan dan tali persaudaan yang lebih kuat.

Contohnya yaitu berkencan secara rutin dengan pasangan untuk menjaga agar hubungan tetap kuat atau mendengarkan cerita teman untuk memperkuat ikatan emosional.

3. Menyelesaikan Masalah dan Mengambil Keputusan

Komunikasi antarpribadi juga sering digunakan untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan bersama dengan individu lain.

Dengan berbagi informasi, pandangan, dan saran, individu dapat bekerja sama untuk menemukan solusi terbaik untuk masalah yang dihadapi.

Contohnya yaitu berdiskusi dengan atasan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan pekerjaan atau berkonsultasi dengan dokter mengenai penyakit yang sedang diderita.

Perbedaan Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal

Banyak orang yang suka salah mengartikan bahwa komunikasi intrapersonal sama dengan interpersonal. Padahal, keduanya berbeda.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, komunikasi interpersonal adalah “antar-pribadi”, yang berarti berlangsung antara dua individu atau lebih.

Sementara itu, komunikasi intrapersonal adalah proses komunikasi yang terjadi dalam diri individu itu sendiri. Yap, interaksi antara kamu dan dirimu sendiri juga dinamakan komunikasi!

Biasanya, komunikasi intrapersonal terjadi dalam pikiran individu seperti dialog internal dalam diri, tetapi juga bisa berupa self-talk (ngomong sama diri sendiri).

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai apa yang dimaksud dengan komunikasi interpersonal, mencakup pengertian, tujuan, dan ciri-cirinya.

Pada intinya, komunikasi antarpribadi ini terjadi dengan melibatkan 2 individu atau lebih, bisa antara ibu dan anak, atau dengan pasangan.

Jika kamu ingin membaca artikel seputar ilmu komunikasi, yuk kunjungi situs web Stories from BRIEFER dan nantikan terus update lainnya!