Perbedaan Komunikasi Verbal dan Non Verbal beserta Contohnya

twin brothers talking through a tin phone

Banyak orang yang masih kebingungan mengenai perbedaan komunikasi verbal dan non verbal. Tak hanya itu, komunikasi non verbal juga kerap dipandang sebelah mata.

Padahal, komunikasi non verbal tak kalah pentingnya dengan komunikasi verbal. Oleh karena itu, penting untuk memahami makna dan perbedaan dari keduanya.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang apa perbedaan komunikasi verbal dan nonverbal. Yuk, simak sampai habis!

Apa itu Komunikasi Verbal dan Non Verbal?

Komunikasi memiliki beragam jenis bentuk. Namun, kita bisa membedakannya ke dalam dua kategori, yaitu verbal dan non verbal.

Komunikasi lisan, seperti berbicara secara langsung dengan orang lain, dan komunikasi tulisan, seperti mengirim surat, adalah komunikasi verbal.

Sementara itu, komunikasi di luar kedua hal tersebut, seperti gestur tubuh dan ekspresi wajah, merupakan komunikasi non verbal.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa komunikasi verbal adalah komunikasi yang menggunakan kata dalam bahasa, baik secara lisan maupun tulisan.

Di sisi lain, komunikasi non verbal adalah komunikasi yang berlangsung dengan menggunakan simbol (tanpa kata), tetapi tetap bermaksud menyampaikan makna tertentu.

Contoh komunikasi verbal adalah ketika kamu mengirim pesan ke ibumu melalui WhatsApp, bergosip dengan temanmu, atau melakukan presentasi di depan kelas.

Kemudian, contoh komunikasi non verbal adalah ketika kamu melambaikan tangan kepada orang tua saat akan meninggalkan rumah, tersenyum ketika temanmu memberi hadiah, atau bertepuk tangan saat menonton pertunjukkan.

Perbedaan Komunikasi Verbal dan Non Verbal

Setelah membaca pengertian komunikasi verbal dan non verbal di atas, apakah kamu sudah memahami perbedaannya?

Pada intinya, perbedaan utama komunikasi verbal dan non verbal terletak pada jenis pesan yang disampaikan oleh komunikan.

Komunikasi verbal melibatkan penggunaan kata-kata, baik secara lisan maupun tertulis, sementara komunikasi non verbal melibatkan penggunaan simbol.

Simbol yang dimaksud di sini bisa berupa ekspresi wajah, bahasa tubuh, kontak mata, intonasi suara, dan gerakan fisik lainnya.

Kemudian, pesan dalam komunikasi verbal juga umumnya dikirim dan diterima secara sengaja, sementara komunikasi non verbal sebaliknya.

Karena menggunakan kata-kata dalam bahasa, komunikasi verbal memiliki tata bahasa yang terstruktur, berbeda dengan komunikasi non verbal yang tidak mempunyai struktur formal.

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai apa perbedaan komunikasi verbal dan nonverbal yang penting untuk diketahui.

Jika kamu tertarik membaca artikel lain seputar Ilmu Komunikasi, yuk kunjungi website Stories from BRIEFER sekarang juga!

Baca juga: