5 Platform Terbaik Untuk Memulai Karir Menjadi Freelancer

Di tengah gempuran isu sulitnya dapat kerja, penghasilan menurun karena dipotong ini itu, bahkan sampai PHK, kayaknya freelancer bisa jadi alternatif solusi supaya tetap memiliki penghasilan yang maksimal.

Namun, jadi freelancer juga pasti ada tantangannya tersendiri kan, khususnya bagi pemula yang belum memiliki gambaran apapun terkait dunia freelancer. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas terkait platform apa saja sih yang bisa digunakan untuk memulai karir menjadi seorang freelancer. Penasaran? Cus, langsung temukan jawabannya disini ya!

  1. Upwork 

Cek selengkapnya disini

Rekomendasi pertama adalah upwork.com. Dengan jejaring yang luas sekitar 12 Juta pencari kerja dan 3 juta klien, Upwork menjadi salah satu situs terbesar untuk mencari pekerjaan freelance

Platform ini tak hanya dapat digunakan dari sisi pencari kerja saja, tetapi klien juga bisa langsung mengunggah project dan memilih freelancer sesuai dengan kebutuhan bisnis. Briefee yang tertarik jadi freelancer juga bisa langsung daftar dan membuat bid pada project-project yang diunggah klien.

Sebagai salah satu situs terbesar pencari pekerjaan freelance, scope pekerjaan yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari desain grafis, web developer, content writing, digital marketing dan masih banyak lagi. Sistem pembayarannya juga beragam, mulai dari PayPal, transfer langsung maupun menggunakan wire transfer. Sama seperti freelancer pada umumnya, sistem perhitungan bayarannya dimulai dari hitungan per jam hingga per project. 

  1. Fiverr

Cek Selengkapnya Disini

Hampir sama dengan Upwork, tapi bedanya adalah disini freelancers diizinkan untuk menjadi ‘sellers’. Artinya satu orang freelancer dapat menawarkan beberapa jasa layaknya seorang penjual yang dapat menjual berbagai macam produk untuk klien. So, kamu cukup sediakan portofolio dan tinggal menunggu klien untuk menghubungimu saja!

Berbicara mengenai scope pekerjaan, Fiverr menjadi satu platform yang cukup populer untuk bidang website design, graphic design, dan logo design. Oiya, situs ini merupakan situs internasional, jadi ketika pembayaran, kamu tinggal sesuaikan saja dengan mata uang dan metode pembayaran yang kamu inginkan. 

  1. BRIEFER

Cek Selengkapnya Disini

Situs yang satu ini cukup menarik nih! Biasanya situs freelancer lainnya menawarkan berbagai macam layanan dengan scope yang luas. Namun, di BRIEFER sendiri fokus layanannya hanya pada komunikasi dan public relations. Misalnya, menulis press release, artikel feature, media monitoring, dan product event online.

Sistem pengupahan di BRIEFER sendiri biasanya akan dihitung per project yang telah dikerjakan sesuai dengan persentase yang sepadan. Tidak ada proses tawar menawar juga, karena sesaat setelah freelancer menyelesaikan project, platform langsung akan memberikan bayaran sesuai dengan nominal yang tertera pada platform.  

  1. Sribu

Cek Selengkapnya Disini

Kalau BRIEFER, fokus bidangnya adalah komunikasi. Nah, kalau Sribu fokusnya hanya di bidang desain saja. Jadi, kalau misalnya Briefee punya kemampuan di bidang desain grafis dan sejenisnya serta berminat untuk menjadi freelancer, maka situs ini jadi situs yang tepat untuk mengasah keahlianmu sekaligus menambah cuan

Uniknya, pada situs ini ada sistem kontes, di mana kamu sebagai freelancer dapat memasukkan hasil karyamu pada satu project yang telah diunggah oleh klien. Apabila kamu berhasil memenangkan kontes tersebut, maka kamu akan mendapatkan hadiah dari Sribu! 

  1. Toptal

Cek Selengkapnya Disini

Bisa dibilang Toptal merupakan situs pencari freelancer berkualitas tinggi.  Sebab, Toptal menjanjikan bahwa mereka hanya merekrut 3% freelancer terbaik dengan tujuan agar klien/perusahaan tidak perlu lagi meragukan kualitas dari freelancer yang disediakan. Jadi, jangan lupa untuk siapkan deretan portofolio untuk ningkatin kualitasmu sebagai freelancer!

Bidang pekerjaannya cukup beragam juga kok, mulai dari bidang kesehatan, teknologi, financial services dan yang lainnya. Pilihan project-nya juga bisa disesuaikan denganmu, apakah mau project jangka panjang atau jangka pendek. 

Buat Briefee yang mau jadi freelancer, tapi bingung mulai dari mana? Yuk, kunjungi briefer.id dan coba gabung jadi kolaborator aja! Good luck~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *