Faktor Penting yang Mempengaruhi Jalannya Konser dan Musik Festival

Festival musik akan selalu ditunggu-tunggu. Bukan tanpa alasan, acara ini merupakan salah satu elemen pembangun euforia terbesar bagi para pencintanya. Nah setelah sekian lama menanti,  kini terbayar sudah dengan banyaknya konser dan musik festival dari artis lokal maupun mancanegara yang diadakan di Indonesia.

Dibalik dari keseruan konser tersebut, tahukah kamu jika memasarkan sebuah konser dan musik festival membutuhkan taktik yang unik dan inovatif! Dengan kata lain, keberhasilan suatu konser atau festival musik tidak hanya bergantung pada siapa bintangnya saja, tapi juga seberapa baik promotor memanfaatkan faktor-faktor tertentu.

 Faktor apa saja sih yang  mempengaruhi jalannya acara? Yuk simak ulasanya!

  1. Lokasi

Pemilihan lokasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kehadiran dan keberhasilan suatu acara. Apakah acara tersebut terletak di pusat kota atau di pinggiran kota yang jauh? Apakah ada aksesnya jalan yang mudah dari atau apakah lokasinya juga dekat dengan transportasi umum seperti halte bus, stasiun kereta maupun pick-up kendaraan online. Dengan akses yang mudah peluang pengunjung yang datang akan lebih besar. 

  1. Bersaing dengan kompetitor

Seorang promotor perlu mempromosikan keunggulan acara dengan menampilkan kelebihan yang menarik melalui strategi marketing, baik bekerjasama dengan media partner, pemanfaatan billboard dan semacamnya. 

  1. Cuaca 

Cuaca dapat menjadi keuntungan atau kerugian dalam sebuah acara khususnya jika acara diselenggarakan outdoor. Misalnya, persiapan check sound band menjadi terlambat dan sulit jika cuaca sedang hujan ditambah lagi masalah yang mungkin dihadapi seperti konslet di bagian sound dan perlengkapan elektronik lainnya. Diperlukan rencana alternatif untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini terjadi.

  1. Biaya

Saat mengiklankan sebuah konser atau festival musik, kita pasti ingin menarik khalayak seluas mungkin ke acara tersebut. Salah satunya dari harga tiket konser tersebut. Semakin terjangkau harga yang diberikan, antusiasnya pun semakin besar.  Tapi harga tiket murah juga perlu disesuaikan dengan kelas musisi yang mengisi konser musik tersebut. Jangan sampai rugi, Briefee.

Pada umumnya, tiket festival merupakan tiket yang paling diincar karena penonton membeli pengalaman yang tak terlupakan langsung dekat dengan panggung. 

Tetapi juga disediakan kursi VIP bagi pengunjung yang ingin mendapatkan view yang lebih baik dan pastinya lebih nyaman.

  1. Entertainment

Keberhasilan suatu acara juga tergantung pada pemasaran entertainment tersebut. Ada banyak jenis hiburan yang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Contohnya, update terbaru dari bintang konser, pemberitaan di berbagai media nasional dan media sosial serta giveaways tickets melalui berbagai kompetisi dari promotor.

Nah, ngomongin tentang konser dan musik festival, here’s some list of the artist for the upcoming year; BLACKPINK, NCT, DWP, HITC, SEVENTEEN, Calum Scott, NE-YO, Sehun dan masih banyak lagi. 

Kamu mau nonton yang mana nih Briefee?! Have fun and take care!