NewJeans: Bagaimana Mereka Menjadi Game Changer KPOP?

Pre-order album pertama yang melebihi 440.000 eksemplar, album fisik yang terjual lebih dari 260.000 eksemplar pada hari pertama saja, jutaan penayangan pada video musiknya bahkan sebelum debut secara resmi, memborong peringkat pertama di setiap platform musik dengan lagu pertamanya, dan akhirnya kini mendapatkan Rookie Artist Award di Golden Disk Award, Golden Disc Award Song Division, dan Best New Artist di Seoul Music Awards. Siapa lagi kalau bukan New Jeans, girlgroup Korea yang dinaungi oleh Ador dan HYBE labels.

NewJeans terdiri dari 5 anggota yaitu Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein. Mereka merilis single debut mereka “Attention” pada 22 Juli 2022, diikuti dengan debut mereka, New Jeans, yang dirilis pada 1 Agustus 2022 yang memang telah membuat rekor – rekor keren dan melampaui girlgroup dan boygroup Korea lainnya.

Dengan kepopuleran dan kesuksesan yang mereka dapatkan dalam waktu yang cepat, kira-kira strategi komunikasi apa yang membuat New Jeans stand out di antara yang lain dan bisa langsung disukai banyak orang sedari debut?

  1. Konsep yang timeless

Nama NewJeans itu sendiri memiliki makna yang ganda. Nama tersebut menyentuh sebuah gagasan mengenai jeans yang merupakan sebuah fashion item abadi. Begitu juga dengan mereka yang diharapkan dapat mengukir citra ‘timeless’ untuk diri mereka sendiri. Nama tersebut juga merupakan permainan kata dari frase ‘New Genes’ yang merujuk pada grup yang mengantarkan generasi baru pada musik pop.

Untuk saat ini, lagu-lagu dan video musik’ mereka memiliki musik dengan vibes awal tahun 2000-an. Konsep visualnya juga perpaduan dari Y2K (Tahun 2000an) dan style Gen Z.

  1. Pendekatan debut yang unik

Tidak seperti kebanyakan artis KPOP lainnya, yang biasanya meluncurkan teaser sebelum debut mereka, NewJeans memilih pendekatan yang berbeda. Sebelum debut, mereka langsung merilis video musik ‘Attention’, ‘Hype Boy’, ‘Hurt’, dan debut secara resmi dengan video musik ‘Cookie’. untuk memberikan gambaran gaya dari musik grupnya, tanpa mengungkapkan judul album debut mereka. Hal ini mempermudah orang untuk mengenali style dari New Jeans ini. Formula debut yang tak biasa ini membuat orang-orang semakin penasaran.

  1. Jenis album yang berbeda dari yang lain

Album  fisik dan merchandise yang dirilis oleh NewJeans juga berbeda dengan grup KPOP lainnya. Untuk album pertamanya, NewJeans memiliki dua tipe album yang dapat dibeli, Blue Book dan New Jeans’s Bag. 7 versi untuk Blue Book (All Members, Minji, Hanni, Danielle, Haerin, Hyein, dan Weverse) dan 3 versi untuk New Jeans’s Bag (Red, Black, White). Blue Book adalah sebuah album yang cukup besar dan tebal (23,4 x 30,9 cm) berisikan Log Book yang berisikan lirik dari lagu-lagu mereka beserta foto, Pin-up Book, Phoning Manual Book mengenai pengenalan dan penjelasan mengenai aplikasi eksklusif mereka, CD, ID Card, sticker pack, photocards, dan mini poster. Sedangkan isi dari New Jean’s Bag adalah Pin-up Book, CD, dan photocards. 

6 Versi Album NewJeans Tipe Blue Book

Konsep dari album mereka sangat unik dan cocok banget untuk Gen Z yang suka banget journaling dan ngedekor. They know their target audience so well. Tak hanya untuk dikoleksi, album mereka juga bisa digunakan untuk menghias jurnal dan digunakan sebagai fashion item. Semakin banyak orang yang menggunakan tas mereka dan juga mengunggah hasil hiasan journal mereka di media sosial akan terus meningkatkan brand awareness dari NewJeans ini. Langkah yang sangat bagus bukan?

4. Merilis video musik dengan berbagai versi

Tak hanya satu versi, NewJeans selalu menyediakan video musiknya dalam beberapa versi. Apalagi pada lagu ‘Hype Boy’ yang memiliki banyak versi yang gak hanya versi utama, all members, dan performance video, tapi ada juga yang versi dari setiap member. Sepertinya NewJeans mengambil langkah tersebut untuk membantu penonton melihat para anggotanya lebih dekat lagi. Apalagi memang lagu ‘Hype Boy’ adalah salah satu lagu yang dirilis sebelum mereka debut secara resmi. Lagu-lagu lainnya juga memiliki banyak versi untuk selalu menghibur para penggemarnya dan agar tidak merasa bosan.

5. Memiliki aplikasi eksklusif ‘Phoning’

NewJeans meluncurkan aplikasi eksklusif bernama Phoning. Aplikasi ini memiliki nuansa retro  berwarna kontras, bertemakan scrapbook, gradien, dan font retro ber piksel yang mengingatkan kita kepada era tahun 90-an. Phoning memiliki beberapa fitur interaktif seperti permainan mendandani dengan versi kartun, mendesain album sendiri, dan banyak lagi. Gak hanya aplikasi untuk bersenang-senang, aplikasi ini memiliki interface SMS yang cerah dan opsi untuk mempunyai obrolan grup dengan semua anggota New Jeans. Ada juga profil dari masing-masing anggota NJ, tetapi untuk saat ini penggemar hanya dapat mengakses foto profil dan pesan status saja.

Aplikasi ‘Phoning’ NewJeans

6. Situs web yang interaktif dan lucu

Mereka mempunyai website yang bertemakan retro juga dimana para penggemar bisa melakukan photobooth bersama NewJeans yang bisa dihias sesuka hati. Tak hanya itu, penggemar juga bisa mengakses berbagai macam foto para anggota NewJeans dan juga bisa menghias sebuah kartu ucapan yang bisa dikirimkan kepada orang lain. Disini bisa dilihat bahwa Ador dan HYBE labels selalu memastikan bahwa para penggemar harus bisa bersenang-senang dengan semua konten interaktif NewJeans.

Situs Web NewJeans newjeans.kr

7. Konten media sosial yang lucu dan sesuai trend

Para anggota NewJeans sangat rajin dalam mengunggah konten-konten asik dan lucu di Tiktok-nya. Mereka selalu ikut-ikutan trend yang digandrungi oleh para Gen Z. Tipe kontennya mulai dari dance dan chat-chat dan video-video lucu. Gak heran kalau followers Tiktok mereka sudah mencapai angka 4.9 juta, begitu juga dengan akun Instagramnya yang memiliki 4.8 juta pengikut.

Belajar dari sini, NewJeans selalu mencari konsep yang fresh, unik, dan berbeda dari yang lain. Mereka juga memastikan bahwa konten mereka bersifat interaktif, imut, dan lucu. 

Nah, setelah membahas strategi marketing NewJeans ini, bisa dibilang mereka adalah game changer dari KPOP karena strateginya yang selalu unik dan out of the box. Gimana? Apakah kamu setuju?

Ngomongin strategi marketing yang unik, kamu bisa lho konsultasikan strategi marketing brandmu dengan konsultan-konsultan bisnis profesional melalui platform seperti BRIEFER. Dengan bantuan dari kacamata para profesional dan data-data yang relevan, promosi brand kamu dapat jadi tepat sasaran dan efektif sesuai dengan target audience yang sudah ditentukan.

Kalau mau tahu lebih banyak, langsung kunjungi landing.briefer.id ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *