Apa yang Harus Dilakukan Freelancers Saat Sepi Pekerjaan?

Saat ini banyak orang yang lebih memilih untuk bekerja secara fleksibel tanpa harus terikat dengan jam kantor dan tempat kerja yang memakan waktu seharian

Salah satu cara agar bisa memiliki lokasi dan jam kerja yang lebih fleksibel adalah dengan menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas. 

Namun seperti yang kita ketahui, setiap pekerjaan tentu tidak selalu di atas ada kalanya harus menemui pasang surut dan hal ini tentu dialami juga oleh para freelancer.

Pasang surut dalam dunia para pekerja lepas biasa dikenal dengan dry times. Dry times yaitu waktu dimana pekerjaan tidak kunjung datang atau saat para freelancer tidak memiliki client. Disaat-saat ini biasanya para pekerja lepas mulai merasa takut, hopeless dan khawatir.

Tapi Briefee, ternyata waktu-waktu kering bagi para pekerja lepas ini ada manfaatnya loh. Apa sajakah itu?

Manfaat adanya dry times bagi freelancer menurut Sara Horowitz dalam The Freelancer’s Bible ada empat yaitu:

1. Dry times dapat mendorong kamu untuk banyak bertanya

Bertanya disini bisa diartikan sebagai menanyakan apakah ada pekerjaan yang bisa kamu lakukan kepada client lamamu atau orang lain

2. Dry times mengingatkanmu bahwa pekerjaan bisa datang darimana saja dan siapa saja

Maksudnya yaitu saat dry times kamu jadi bisa berfikir bahwa tidak hanya satu pintu saja kamu mendapatkan pekerjaan tetapi masih banyak pintu lain. 

Waktu ini dapat kamu manfaatkan untuk mengontak kembali kolega lama untuk bekerjasama atau kamu menawarkan jasamu.

3. Dry times mengingatkanmu untuk mengupdate portofolio

Jika tidak ada waktu kosong, tentu hasrat untuk mengupdate portofolio tidak muncul. Maka dari itu gunakan waktu ini untuk mulai memperbarui portofolio agar lebih baik.

4. Dry times bisa membuatmu mengevaluasi hasil kerja

Manfaatkan waktu kering ini untuk mengevaluasi kembali hasil kerja yang telah kamu lakukan. Hasil evaluasi tersebut dapat menjadi acuan untuk menjadi lebih baik dan kamu juga bisa memperdalam skill yang dibutuhkan sebagai pintu pemasukan baru

Briefee, dry times mungkin cukup membuat khawatir bagi para pekerja lepas namun jangan sampai patah semangat dan teruslah berusaha. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi kamu  sang pekerja lepas yang sedang mengalami dry times.

Bagi kamu para freelancers yang membutuhkan platform untuk mempermudah mendapatkan client, yuk kenalan dengan BRIEFER yang merupakan platform kerja bagi profesional dan spesialis dalam menyediakan layanan jasa konsultansi komunikasi untuk berbagai sektor (dan organisasi)