Personal Branding Kunci Utama Freelancers Mudah Mendapatkan Client?

Memulai karir sebagai freelancer tentu tidak semudah yang orang pikirkan. Meski memiliki waktu kerja yang fleksibel, nyatanya bekerja sebagai freelancer juga mempunyai kesulitan salah satunya adalah mendapatkan client dan mendapatkan trust.

Menemukan klien adalah tentang bagaimana kamu terhubung dengan orang-orang bukan tentang memaksakan promosi agar orang memakai jasamu. Cobalah untuk benar-benar terhubung dengan orang lain dan pahami bagaimana kamu dapat membantu mereka.

Nah, cara untuk mendapatkan client tanpa harus memaksakan sebuah promosi adalah dengan build your personal branding atau membangun namamu sebagai freelancer yang ekspert akan skill yang kamu tawarkan.

Lalu, bagaimana cara membangun nama yang kuat bagi seorang freelancer? Nah Briefee, yuk kita simak tips-tips berikut ini:

1. Aktif di media sosial

Cara pertama adalah dengan aktif di media sosial. Dilansir dari buku creating a Freelance Career, sebagai seorang freelance kamu harus aktif menggunakan media sosial karena peluang untuk mendapatkan client terbuka lebar.

Aktif bermedia sosial disini bukan hanya sekedar membagikan sebuah konten, namun lebih dari itu Briefee. Aktif disini memiliki maksud untuk mencari peluang, membangun koneksi dan build your name.

Kamu dapat memilih media sosial mana yang akan kamu bangun untuk pondasi personal branding mu bisa instagram , twitter, linkedin dan masih banyak lagi. Pilihlah media sosial yang sekiranya banyak client mu gunakan.

Lalu, fokus membangun namamu di media sosial tersebut bisa dengan cara membuat konten akan skill atau jasa yang kamu tawarkan atau membagikan hasil pekerjaan mu. Dengan aktif dan konsisten pada media sosial yang telah kamu pilih, nantinya namamu akan terbentuk.

2. Bergabung dalam organisasi atau grup jejaring

Selanjutnya yaitu bergabung dengan organisasi profesional. Selain aktif di media sosial, memiliki jaringan koneksi di dalam organisasi juga bisa menjadi peluang mu untuk dikenal banyak orang.

Menurut buku creating a Freelance Career, beberapa peluang jaringan dan organisasi profesional terbaik ditemukan secara online dalam bentuk grup di sebuah platform seperti facebook dan lainnya.

Manfaat bergabung dengan organisasi profesional atau grup jejaring di platform online yaitu kamu dapat mengikuti educational resources seperti riset studi, mengikuti conference, seminar, workshop dll.

Tentunya, acara yang dibuat oleh grup jejaring tersebut berisikan orang-orang cerdas yang memiliki pemikiran yang sama serta mereka dapat saling membantu mu dalam mencari peluang kerja dan pengembangan keterampilan lho.

Organisasi profesional atau grup jejaring juga merupakan tempat di mana kamu bsasa menemukan potensial client Briefee!

3. Tentukan kamu ingin dikenal sebagai apa

Terakhir, kamu harus bisa menentukan ingin dikenal sebagai apa. Dengan menentukan hal tersebut kamu bisa memahami keterampilan dan kompetensi yang dimiliki yang berkaitan dengan industri atau karier apa pun yang digeluti.

Nantinya kamu akan menemui keterampilan dan sifat yang membuat dirimu menjadi berbeda serta hal-hal apa saja yang perlu ditingkatkan atau pengetahuan baru apa saja yang perlu dipelajari.

Briefee, buatlah tujuan yang ingin kamu capai lima sampai sepuluh tahun ke depan dan keahlian apa saja yang ingin dimiliki. Hal ini bisa membuatmu memiliki langkah yang lebih terukur untuk bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Memiliki personal branding serta nama yang kuat merupakan hal yang penting bagi seseorang yang terjun sebagai freelancer. Jika kamu memiliki personal branding yang baik, kamu bisa membangun namamu, stand out from other freelancers, dan mudah mendapatkan client.

Itu dia pembahasan kali ini semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang baru terjun ke dalam dunia freelance. Jika kamu seorang freelancer dan membutuhkan platform untuk mempermudah mendapatkan client, yuk kenalan dengan BRIEFER.

BRIEFER, platform kerja bagi profesional dan spesialis dalam menyediakan layanan jasa konsultansi komunikasi untuk berbagai sektor (dan organisasi) . Yuk gabung bersama kami! kunjungi briefer.id untuk info lebih lanjut.