7 Ragam Jenis Iklan untuk Bisnismu

Salah satu media promosi yang sering digunakan untuk mengembangkan strategi marketing adalah iklan. Melalui iklan, sebuah brand bukan hanya bisa mendapatkan brand awareness tapi juga konversi penjualan.

Namun, tahukah kamu Briefee iklan memiliki tipe yang beragam. Ada beberapa macam jenis iklan yang umum atau sering dijumpai. Apa sajakah itu? Dan mana yang tepat untuk bisnismu? simak pembahasan berikut ini, ya!

1.Brand Advertising

Brand Advertising adalah tipe iklan yang sering juga disebut sebagai national consumer advertising. Tipe iklan ini berfokus untuk meningkatkan brand identity, brand image serta loyalitas pelanggan sebuah produk barang atau jasa secara jangka panjang.

Contoh Brand Advertising Nike ‘Just Do It’

2. Retail Advertising

Tipe iklan retail yaitu berskala lokal dan fokusnya pada outlet atau toko dimana berbagai macam produk atau jasa dapat dibeli. Tujuan dari Retail Advertising adalah untuk  menstimulasi store traffic dan membangun store image.

Contoh Retail Advertising Re-juve

3. Direct Response Advertising

Direct Response Advertising adalah tipe iklan yang mana pesan disampaikan secara langsung dari penjual agar calon pembeli dapat memberikan respons langsung. Iklan Direct Response dapat menggunakan media periklanan apa pun, terutama direct mail dan Internet.

Contoh Direct Response Advertising Innisfree melalui email

4. Business-to-Business

Business-to-Business mengacu pada upaya pemasaran apa pun yang diarahkan ke bisnis lain daripada ke konsumen. Tipe ini ditujukan kepada dealer, retailer, supplier, distributor, wholesaler dan para pembeli dari kalangan industrial lainnya.

Contoh B2B Advertising

5. Institusional Advertising

Institusional atau dikenal juga dengan Corporate Advertising  merupakan tipe iklan yang memperkenalkan organisasi atau pembentukan indentitas baru dari suatu perusahaan pada target audiens. Tujuannya adalah untuk menarik investor, meningkatkan reputasi perusahaan atau menarik simpati masyarakat dengan cara melibatkan perusahaan di dalam kegiatan masyarakat.

Contoh Institusional Advertising – BUMN

6. Public Service Advertising

Public Service Advertising atau iklan layanan masyarakatmerupakan tipe iklan yang menyampaikan pesan sosial yang bersifat umum dan diperuntukan bagi semua lapisan masyarakat. Iklan Public Service memiliki dampak dan kepentingan yang tinggi berisi perintah berupa suruhan, larangan, imbauan, dan saran.

Contoh Public Service Advertising

7. Nonprofit advertising

Terakhir ada Nonprofit Advertising yang mana tipe iklan ini biasa digunakan oleh organisasi nirlaba seperti: badan amal, yayasan, asosiasi, rumah sakit, museum, dan lembaga keagamaan yang bertujuan untuk menjangkau pelanggan, anggota, dan relawan.

Contoh Nonprofit Advertising

Semoga dengan membaca artikel ini kamu dapat membuat iklan secara tepat ya. Karena memilih iklan berdasarkan jenis atau tipenya dapat membantu untuk mengoptimalkan promosi mu.

Kunjungi selalu stories.briefer.id untuk beragam artikel dengan insight menarik lainnya. See ya!