“SMART Goals” – Cara Cerdas Mencapai Tujuan Bisnismu

Setiap bisnis tentu memiliki target dan tujuan, tapi untuk meraihnya ada cara cerdas yang dapat dilakukan salah satunya dengan metode SMART Goals.

SMART adalah kependekan dari Specific, Measurable, Attainable, Relevant dan Timebound.

Istilah Smart Goals muncul pertama kali saat George T. Doran memperkenalkan metode ini pada tahun 1981 dalam jurnal There’s a S.M.A.R.T. Way to Write Management’s Goals and Objectives. SMART Goals saat ini sudah digunakan oleh berbagai perusahaan untuk mencapai tujuannya masing-masing. Menggunakan metode SMART harapannya yaitu, mereka menjadi lebih terarah saat ingin mencapai target yang ingin diraih.

Lalu apa sih unsur-unsur dari SMART ini? Yuk kita bahas satu persatu Briefee!

1.Specific

Memiliki tujuan yang spesifik dan dinyatakan dengan jelas akan lebih mudah dicapai daripada tujuan umum. Maksud spesifik disini yaitu baik, jelas dan tidak ambigu melalui beberapa pertanyaan berikut :

·  Siapa yang terlibat?

·  Apa yang ingin saya capai?

·  Kapan batas waktu saya?

·  Persyaratan atau kendala apa yang harus saya pertimbangkan?·  Mengapa saya ingin mencapai tujuan ini?

2.Measurable

Metode Smart Goals harus memiliki tujuan yang dapat diukur sehingga ada tolak ukur pencapaian untuk mengetahui perkembangan yang dilakukan . Pertanyaan yang dapat ditanyakan untuk tujuan measurable yaitu apa indikator progress dalam proses mencapai tujuan tersebut?

3.Attainable

Pastikan tujuan yang ingin dicapai masih termasuk dalam jangkauan karena jika menetapkan tujuan yang terlalu ambisius, itu memungkinkan adanya kegagalan.

4.Relevant

Pastikan tujuan yang ingin dicapai relevan dengan kebutuhan masa depan serta adanya resources yang tepat untuk mencapainya. Hal ini penting agar kita dapat membuat kemajuan menuju tujuan-tujuan kita.

5.Timebound

Terakhir dalam metode SMART, sebuah tujuan yang ingin kamu capai perlu memenuhi kriteria time-bound. Maksud dari timebound yaitu memiliki tanggal atau waktu mulai dan selesai. Apabila sebuah tujuan tidak memiliki batasan waktu, maka tidak akan ada rasa urgensi untuk melakukannya.

Contoh penerapan Metode SMART – Meningkatkan jumlah pengunjung ke website sebanyak 200 pengunjung per bulan, dimulai dari Januari 2021 hingga Juli 2021.

Specific Meningkatkan jumlah pengunjung ke website
MeasurableSebanyak 200 pengunjung per bulan
Attainable dan RelevantMeningkatkan jumlah pengunjung ke website sebanyak 200 pengunjung per bulan, dimulai dari Januari 2021 hingga Juli 2021.
TimeboundDimulai dari Januari 2021 hingga Juli 2021

Nah itu dia Briefee penjelasan mengenai SMART Goals dan contoh penerapannya. Semoga setelah mengetahui metode ini, kamu dapat mencapai tujuan mu dengan mudah. Selamat mempraktikkan!