Kenali Perbedaan Branding dan Marketing dalam Bisnis

Marketing dan branding adalah aspek yang penting untuk mengembangkan suatu bisnis. Namun, masih banyak yang tidak tahu apa perbedaan branding dan marketing.

Branding dan marketing memang suatu praktik yang saling berkaitan dan memiliki tujuan yang sama, yaitu mendapat keuntungan bisnis.

Meskipun begitu, keduanya mempunyai cara kerja yang berbeda. Nah agar tak salah langkah, yuk simak apa bedanya branding dan marketing di bawah ini!

Apa itu Branding?

Branding adalah suatu proses pembuatan brand identity yang bertujuan untuk menciptakan image tertentu tentang perusahaan di mata publik.

Proses penciptaan brand identity pada suatu merek mencakup pembuatan nama brand, logo, tagline, desain visual, hingga tone of voice.

Jadi dengan adanya branding pada suatu merek, diharapkan akan tercipta suatu persepsi dalam benak konsumen sehingga akhirnya membuat ia lebih memilih produk brand tersebut dibanding kompetitor.

Contoh dari branding dapat kita lihat dari merek Apple. Coba pikirkan, apa yang pertama kali muncul dalam benakmu ketika mendengar brand Apple? Apakah sebuah brand ponsel yang mahal dan high class? Atau logo buat apel digigit?

Apa pun jawabanmu mengenai pertanyaan di atas, persepsi itulah yang berusaha dibentuk perusahaan Apple agar konsumen bisa membedakannya dan menjadikannya stand out dibanding brand ponsel lain.

Apa itu Marketing?

Secara singkat, marketing adalah suatu aktivitas untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. 

Tujuan dari marketing sendiri adalah mencoba mempengaruhi audiens agar tertarik membeli produk atau jasanya melalui pesan yang kuat.

Dalam melakukan marketing, diperlukan adanya riset dan analisis pasar agar aktivitas yang dilakukan dapat menargetkan audiens yang pas.

Proses marketing sendiri mencakup empat elemen, yaitu analisis strategi marketing, perancangan marketing mix, implementasi strategi marketing yang telah dirancang, dan proses pengawasan.

Di zaman serba internet sekarang ini, digital marketing merupakan salah satu strategi yang paling banyak digunakan. 

Konten media sosial, artikel web SEO, Instagram Ads, hingga digital product placement adalah beberapa contoh dari strategi marketing berbentuk digital yang cukup masif dilakukan para pemasar saat ini.

Perbedaan Branding dan Marketing

Setelah menyimak pengertian branding dan marketing di atas, apakah kamu sudah memahami perbedaannya?

Secara singkat, branding adalah proses mengenalkan dan memasarkan perusahaan, sedangkan marketing bertujuan untuk mempromosikan produk.

Dari sini, dapat kita pahami bahwa objek atau sesuatu yang dipasarkan branding dan marketing berbeda.

Jika dilihat dari jangka waktunya, branding berorientasi jangka panjang, sedangkan marketing bersifat jangka pendek.

Selain itu, hasil dari proses branding adalah menciptakan rekognisi dan loyalitas konsumen, sedangkan marketing menghasilkan penjualan (sales).

Jadi, dapat disimpulkan bahwa meskipun memiliki proses dan tujuan yang berbeda, branding dan marketing adalah suatu aktivitas yang saling melengkapi dan penting untuk perkembangan bisnis.

Nah, itu dia ulasan mengenai perbedaan branding dan marketing, serta pengertian dan contoh dari keduanya.

Semoga dengan adanya penjelasan di atas, kamu tidak akan salah langkah dalam mengembangkan bisnis.

Jika perusahaan atau bisnismu membutuhkan konsultan marketing dan branding produk, Briefer bisa menjadi solusinya!

Briefer merupakan platform penyedia spesialis komunikasi yang berpengalaman dan berdedikasi tinggi untuk membantu perkembangan komunikasi bisnismu.

So, are you ready to connect with us? Jika tertarik, kunjungi laman situs Briefer untuk info lebih lanjut, ya!

Baca juga: