Strategi inilah yang menjaga loyalitas pelangganmu

Sebuah perusahaan tentu memiliki jumlah pelanggan yang cukup banyak dan kadang, mereka lupa untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan lama. Strategi dalam menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan dikenal dengan nama Relationship Marketing.

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan lama nyatanya tidak kalah penting dengan membangun hubungan baru lho Briefee karena, dapat meningkatkan loyalitas dari pelanggan tersebut.

Sebelum beralih lebih lanjut, mari kita bahas dulu mengenai pengertian Relationship Marketing.

Relationship marketing merupakan suatu proses untuk menciptakan, mempertahankan dan meningkatkan hubungan yang kuat dengan para pelanggan dan stakeholder lainnya yang memiliki orientasi jangka panjang.

Menurut Kotler & Keller (2016), Relationship Marketing merupakan strategi yang bertujuan untuk membangun hubungan jangka panjang untuk mendapatkan dan mempertahankan bisnis mereka.

Lalu apa pentingnya sebuah Relationship Marketing?

Jika sebuah perusahaan dapat mengimplementasikan Relationship Marketing maka, ini dapat meningkatkan hubungan yang kuat antara perusahaan dan pelanggan dengan cara mengkonversi atau menjadikan pelanggan yang acuh tak acuh menjadi lebih loyal serta mencegah kehilangan pelanggan.

Faktor yang mempengaruhi Relationship Marketing menurut Ndubisi (2007) terdiri dari Trust, Commitment, Communication dan Conflict Handling.

1. Trust: Kepercayaan umumnya dianggap sebagai komponen mendasar bagi keberhasilan relationship marketing. Tanpa adanya kepercayaan suatu hubungan tidak akan bertahan dalam jangka panjang

2. Commitment: Komitmen perusahaan merupakan inti dari Relationship Marketing, yang dapat diperoleh dengan cara menjadikan pelanggan sebagai prioritas utama, berjangka panjang, dan berdasarkan pada hubungan yang saling menguntungkan.

3. Communication: Sarana penting ketika membangun hubungan dengan seseorang tentu dengan menjalin komunikasi. Tujuannya supaya perusahaan mampu memenuhi keinginan pelanggan sesuai kebutuhan mereka saat ini

4. Conflict Handling: Konflik dapat menjadi sebuah hal yang serius dan kemungkinan dapat berpotensi menurunkan kinerja apabila dibiarkan berlarut-larut tanpa penyelesaian. Conflict Handling diperlukan agar dapat meminimalisir isu dan memberikan penyelesaian terbaik antara dua pihak yang berkonflik.

Nah Briefee, keempat faktor tersebut merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan, guna mewujudkan hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggannya sehingga tercipta hubungan yang saling menguntungkan dalam jangka panjang antara pelanggan dan perusahaan.

Berikut beberapa contoh yang dapat kamu lakukan dilakukan untuk mengimplementasikan Relationship Marketing yaitu:

  • Membuat program loyalitas untuk para long-time or repeat customers.
  • Membangun komunitas sebagai wadah penghubung antara perusahaan dengan pelanggan yang loyal
  • Selalu berterima kasih kepada konsumen
  • Menanyakan feedback para pelanggan untuk mengetahui perasaan dan kebutuhan pelanggan

Dapat disimpulkan bahwa Relationship Marketing merupakan sebuah strategi penting karena memungkinkan perusahaan untuk dapat membangun hubungan yang positif dan kuat dengan pelanggan serta mendapatkan kepercayaan yang mengarah ke bisnis yang berkelanjutan.

Itu dia penjelasan mengenai Relationship Marketing Briefee, semoga penjelasan di atas dapat memberikan insight bagi kamu yang ingin menjaga hubungan baik with your costumers.

Pengen insight yang lain? Kamu bisa juga lho baca artikel bermanfaat lainnya di platform ini! 🙂

 “Every contact we have with a costumer influences whether or not they’ll come back. We have to be great every time or we’ll lose them.” – Kevin Stritz