Manakah di Antara Media Promosi Ini yang Cocok Buat Brand Kamu?

Ketika ingin mempromosikan sebuah brand, tentunya kita harus bisa menentukan strategi yang tepat agar promosi tersebut berjalan dengan lancar dan tepat sasaran ke target audience yang sesuai. Nah salah satunya yaitu dengan menggunakan media promosi yang tepat ya Briefee!

Menurut Rhenald Kasali, terdapat dua Media Komunikasi atau Media Publikasi yaitu Media Lini Atas (Above the Line/ ATL) dan Media Lini Bawah (Below the Line/BTL).

Tentunya setiap media komunikasi tersebut memiliki perbedaan manfaat dan fungsinya masing-masing, mari kita bahas satu persatu.

Above The Line (ATL) atau Media Lini Atas

ATL merupakan aktivitas marketing atau promosi yang memiliki tujuan untuk mengenalkan brand kepada masyarakat sehingga tercipta brand awareness yang diinginkan. 

Aktivitas marketing ATL tidak ditargetkan atau difokuskan untuk jenis konsumen tertentu saja Briefee, karena target audiencenya luas. Selain itu, aktivitas marketing ini juga tidak terjadi interaksi langsung dengan audience.

Media yang digunakan untuk Above The Line yaitu media massa berupa televisi, radio, majalah, koran, billboard, dan sebagainya.

ATL dipromosikan dengan strategi yang menarik perhatian maka dari itu iklan yang dibuat haruslah memancing rasa penasaran orang untuk membeli produk yang dipromosikan. Meskipun ATL tak ada interaksi dengan audience namun, cara ini digunakan untuk menjelaskan sebuah produk, konsep ataupun ide untuk menanamkan branding image yang kuat di benak audience.

Below The Line (BTL) atau Media Lini Bawah

BTL merupakan aktivitas marketing atau promosi yang ditujukan kepada audience yang paling sesuai (terfokus) dengan sasaran sebuah produk atau brand maka dari itu target audience pada aktivitas marketing ini terbatas. Aktivitas marketing ini juga dikenal dengan istilah pemasaran langsung (direct marketing).

Media atau kegiatan pada BTL memberikan audience kesempatan untuk dapat berinteraksi, merasakan, menyentuh atau membeli langsung.

Media yang digunakan pada aktivitas marketing Below the Line yaitu sponsorship, brand activation, consumer promotion dan lainnya.

Selain ATL dan BTL, kini sudah berkembang media baru lho yaitu Media Digital dikarenakan adanya perkembangan teknologi.

Media Digital

Media digital adalah segala bentuk media yang menggunakan perangkat elektronik untuk pendistribusiannya. Bentuk media ini dapat dibuat, dilihat, dimodifikasi, dan didistribusikan melalui perangkat elektronik.

Media digital yang biasa digunakan adalah media sosial, website, iklan online dll. Penggunaan media digital berfokus kepada pertukaran informasi yang berharga antara brand/organisasi/perusahaan dan juga audience.

Aktivitas marketing menggunakan media digital seperti inilah yang saat ini banyak digunakan. Tentunya hal ini tidaklah terlepas dari adanya pengaruh perkembangan teknologi yang menyebabkan batasan antara ATL dan BTL menjadi tidak begitu jelas.

Nah itu dia penjelasan tentang media promosi yang perlu kamu ketahui untuk mempromosikan Brand mu Briefee.

Masih bingung harus menggunakan media promosi yang mana? sini sini biar BRIEFER bantu!

Bersama BRIEFER, kamu bisa berkolaborasi dan melakukan konsultasi dengan para konsultan berpengalaman yang sudah terkurasi.