Begini Implementasi Marketing Mix 7P Konsep Bagi Bisnis!

Mengutip Oxford College of Marketing, 7P adalah bagian dari campuran pemasaran atau marketing. Campuran marketing ini berfokus pada taktik yang perusahaan miliki untuk memuaskan kebutuhan pelanggan dan memposisikan penawaran perusahaan dengan jelas di benak pelanggan.

  1. Product

Produk merupakan hasil produksi atau layanan yang ditawarkan pada target customer di pasar. Selain membuat produk berkualitas dan unik, kamu juga perlu memperhatikan demand atau permintaan dari produk tersebut jika ingin sukses menjalankan marketing mix ini.

Misalnya adalah produk skin care yang semakin banyak di pasar, dengan ragam benefit yang ditawarkan seperti kehadiran Scientific yang membantu pengguna untuk mencerahkan kulit. Kemudian berbagai produk kosmetik lokal yang membantu konsumen eksplorasi sesuai gaya masing-masing, contohnya Emina, BLP dan lainnya.

2. Price

Price atau harga merupakan satu-satunya elemen penghasil pendapatan dari semua aktivitas pemasaran lainnya. Penting untuk mendapatkan harga yang tepat agar tidak hanya menutupi biaya pengeluaran, tetapi juga menghasilkan keuntungan.

Ketika produk memiliki harga yang rendah, maka produk dapat digunakan oleh lebih banyak konsumen misalnya Uniqlo, H&M, Wardah, Vans dan lainnya. Sedangkan harga yang tinggi akan menarik pelanggan yang mencari eksklusivitas seperti Dior, Adidas, Coach dan semacamnya.

3. Place

Lokasi pembelian dapat berupa aplikasi, situs web, atau tempat fisik yang strategis. Perusahaan perlu mempertimbangkan tempat seperti apa yang sesuai dengan target konsumennya. Saat ini brand melakukan penjualan lewat Omnichannel yaitu website, e-commerce, media sosial hingga offline store.

4. Promosi

Tahap penting ini adalah tombak untuk mengkomunikasikan kepada pelanggan terkait eksistensi produk dengan berbagai keunggulan dan harga yang menarik. Sejumlah brand seperti Gojek, Traveloka, Tokopedia aktif berpromosi melalui berbagai format dan saluran seperti iklan di media sosial, TV, baliho hingga penyediaan merchandise di acara mereka.

5. People

Sumber daya manusia yang ada didalam  perusahaan memiliki peran besar dalam keberlangsungan bisnis, misalnya kemampuan berinteraksi dengan audiens, membangun strategi komunikasi. hingga pengetahuan mumpuni tentang produk dan layanan perusahaan. Sebab SDM internal juga berperan sebagai brand ambassador perusahaan.

6. Process

Semua perusahaan ingin menciptakan proses perjalanan yang lancar, efisien, dan sukses. Hal ini tidak dapat dicapai tanpa proses yang tepat di belakang layar untuk mewujudkannya. Proses terjualnya jutaan sepatu Nike adalah dimulai dengan membangun brand awareness , menentukan saluran penjualan dan komunikasi (iklan, media sosial, influencer) hingga akhirnya audiens membeli produk tersebut.

7. Physical Evidence 

Sebelum memutuskan untuk membeli produk, tiap audiens akan memperhatikan physical evidence atau tampilan fisik. Oleh karena itu, visual menarik juga berpengaruh terhadap kurva pembelian serta peningkatan bisnis. Tampilan fisik biasanya berupa logo, packaging, website hingga kantor dari brand tersebut. Contoh menarik adalah SM Entertainment yang memiliki kantor fisik di Indonesia sehingga fans dapat berkunjung dan lebih dekat dengan grupnya musik favoritnya lewat ragam atribut yang tersedia.

Menentukan 7P dalam pemasaran nggak perlu pusing, Briefee. Konsultan komunikasi professional yang tersedia di BRIEFER akan membantu kamu untuk mementukan strategi pemasaran yang tepat bagi bisnismu. Kunjungi https://landing.briefer.id/ atau email kami di hello@briefer.id .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *