Jadi Malaikat Pencatat Ruko Kosong, Ini Dia Strategi Marketing Dibalik Kesuksesan Mixue

Kamu pasti pernah dengar tentang perusahaan waralaba penjual es krim dan minuman teh asal Zhengzhou, Henan, Tiongkok bernama Mixue (dibaca ‘Mik-syu-we). Akhir-akhir ini, brand kudapan dan minuman tersebut sedang viral dengan orang-orang yang menjulukinya sebagai ‘malaikat pencatat ruko kosong’. Dimana ada ruko kosong, pasti disitu akan ada Mixue menghampiri.

Tercatat hingga 2022, Mixue telah memiliki lebih dari 20.000 gerai di lebih dari 11 negara Asia, salah satunya Indonesia. Di negeri kita ini sendiri, Mixue sudah memiliki lebih dari 300 gerai yang tersebar di seluruh kota di Indonesia. Omset tahunan dari seluruh gerainya juga sudah mencapai lebih dari 44 triliun rupiah lho. Lalu, apa sih rahasia dibalik kesuksesan dan perkembangan bisnis Mixue yang sangat laju? Yuk kita bongkar.

  1. Membangun sistem kemitraan

Mixue memperluas marketnya dengan memberikan lisensi merek (kemitraan) yang bisa dibeli secara individual maupun corporate atau yang biasa disebut dengan franchise. Dengan strategi ini, Mixue akan mudah dalam tersebar dan diketahui oleh banyak orang di berbagai macam daerah. Biaya franchise-nya juga masih terjangkau dengan potensi penjualan yang baik dan luas.

  1. Harga terjangkau dengan produk yang enak dan berkualitas

Dengan masuknya gerai Mixue pertama di Indonesia semasa COVID-19 pada tahun 2020 lalu, brand tersebut dapat diterima dengan baik karena harga produknya yang terjangkau dengan bahan-bahan yang berkualitas. Kamu sudah bisa membeli salah satu produk Mixue dengan hanya 8 ribu rupiah saja. Range harganya juga berkisar dari 8 ribu hingga 22 ribu rupiah. Dengan harga terjangkau itu, kita bisa mendapatkan produk minuman yang enak, berkualitas, dengan packaging yang lucu dan tempat (outlet) yang bersih dan nyaman.

Nah, dibandingkan dengan kompetitornya di bidang food & beverage lainnya, harga terjangkau ini juga merupakan salah satu kekuatan dari Mixue yang berhasil membawanya kepada hasil penjualan yang baik serta perkembangan bisnis yang cepat. Hal ini juga mempermudah produk Mixue untuk dibeli dan dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat.

  1. Promosi dengan konten yang engaging dan lucu

Semakin kesini, brand harus terus beradaptasi dengan dunia digital. Mempromosikan brand melalui beberapa saluran media sosial akan menjadi hal yang tepat untuk dilakukan. Mixue secara rutin selalu melakukan social media marketing melalui Instagram dan Tiktok dengan membuat konten-konten yang lucu, interaktif, dan informatif sehingga banyak orang akan tahu mengenai produk-produknya dan tertarik untuk mulai membeli.

  1. Tempat strategis

Dengan target market menengah hingga kebawah, Mixue selalu memilih dan memanfaatkan tempat yang padat orang dan strategis untuk ditempati. Mereka selalu  memanfaatkan spot-spot seperti sekolah dan universitas atau perumahan yang berada di kota besar hingga kota-kota kecil dengan daerah-daerah yang penduduknya padat. Outletnya juga didesain dengan lucu dan nyaman sehingga banyak sekali orang yang tertarik untuk datang dan membeli. Jangan lupa juga dengan maskot imut mereka ‘Snow King’ yang selalu ada di beberapa outlet mereka. Gemes!

  1. Riset yang kuat

Dalam memproduksi produk yang bagus dan sesuai, Mixue memiliki pusat penelitian berteknologi canggih sejak tahun 2012. Dari situ, Mixue berhasil mengubah data-data dari penelitian tersebut mulai dari penelitian mendalam mengenai kesukaan masyarakat, rasa, dan lainnya untuk mendapatkan strategi bisnis dan kualitas produk serta manajemen yang baik dan efektif.

  1. Kreatif dan inovatif

Inovasi dan pengembangan produk juga Mixue terus lakukan secara berkala. Mulai dari es krim lalu berkembang dengan produk lainnya seperti kreasi minuman dengan base teh dan buah seperti oats-milk tea, red-bean milk tea, strawberry mi shake, creamy mango boba, dan banyak pilihan lainnya. Mereka juga selalu menginovasikan strategi bisnis dan teknologi mereka berdasarkan data-data yang diperoleh melalui riset yang mendalam. 

Apakah kamu mempunyai bisnis dan ingin mulai berkembang secara cepat seperti Mixue? Baiknya untuk mulai merumuskan strategi marketing yang terorganisir, interaktif, dan efektif berdasarkan data-data yang relevan.

Mengkonsultasikan berbagai strategi marketing dari kaca mata seorang konsultan bisnis dan branding profesional dapat menjadi solusi yang baik.

Guess what? Kamu bisa memilih dan berkolaborasi dengan berbagai konsultan berpengalaman BRIEFER sesuai dengan budget yang dapat disesuaikan berdasarkan keperluan. Do visit briefer.id for more information.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.