Community Relations: Penting/Tidak Untuk Perusahaan?

Reputasi baik perusahaan sebenarnya bisa dicapai dengan banyak cara. Selain dari aktivitas media relations, masih banyak aktivitas lainnya yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan citra dan reputasi positif perusahaan.

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah community relations. Mau tau lebih lengkap seputar community relations? Yuk, temukan jawabannya pada artikel berikut ini, ya!

Apa Itu Community Relations?

Community relations merupakan sebuah aktivitas PR yang dilakukan guna menjaga hubungan antara perusahaan dengan komunitas yang berada di sekitar perusahaan. 

Sebenarnya, community relations sendiri dapat dikategorikan sebagai salah satu bagian dari aktivitas CSR (corporate social responsibility). Sebab, sebuah perusahaan didirikan tentu tak hanya bertujuan untuk mencari profit saja. Namun, sebuah perusahaan didirikan juga harus mampu memberikan manfaat dan bertanggungjawab kepada alam (karena ada sumber daya yang diambil) dan masyarakat sekitar wilayah tersebut.

Manfaat Melakukan Community Relations

Ada beberapa manfaat positif yang bisa didapatkan perusahaan ketika melakukan aktivitas community relations

  • Meningkatkan awareness perusahaan kepada komunitas terkait, mulai  dari produk dan layanan seperti apa yang dimiliki, value perusahaan, story perusahaan hingga aktivitas perusahaan.
  • Meningkatkan citra positif perusahaan di mata komunitas karena dianggap sebagai salah satu tombak pemicu peningkatan ekonomi lokal.
  • Mampu mengetahui permasalahan krusial yang dimiliki komunitas. Dengan ini, perusahaan memiliki ‘jalan pintas’ untuk meluncurkan produk atau layanan untuk memenuhi kebutuhan komunitas.
  • Memudahkan kerjasama dengan pemerintah lokal karena telah dianggap sebagai perusahaan yang kredibel.
  • Meningkatkan kepercayaan, loyalitas dan dukungan dari masyarakat setempat.

Tips Melakukan Community Relations 

Tertarik untuk melakukan community relations? Yuk, simak tips berikut:

  • Miliki tujuan yang jelas 

Sebelum merancang aktivitas seperti apa yang ingin dilaksanakan, kamu perlu menetapkan tujuan yang jelas terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Timely) untuk mempermudah penetapan tujuan.

Setelah adanya tujuan yang jelas, kamu pasti akan lebih mudah dalam menyusun program kegiatan yang lebih terarah dan tepat sasaran. Selain itu, anggaran kamu juga tidak akan terbuang sia-sia hanya karena program kegiatan yang tidak tepat sasaran.

  • Jangan Lupa Lakukan Pendekatan

Agar kegiatan kamu mendapatkan respon positif dari komunitas yang ditargetkan, kamu perlu melakukan pendekatan terlebih dahulu. Misalnya, dengan melakukan survey lapangan, berbaur dengan komunitas tersebut, bahkan kamu juga dapat berikan beberapa sosialisasi terhadap rencana kamu untuk menganalisis respon awal mereka. 

Apabila mereka ada masukan, maka kamu dapat langsung merubah rencana kegiatanmu agar lebih sesuai dengan yang mereka inginkan. Selain itu, kamu juga pasti mendapatkan insight baru yang menunjang proses penyusunan program kegiatan.

  • Jangan Ragu-Ragu Untuk Menyewa Spesialis 

Dengan berkonsultasi pada ahli, kamu akan mendapatkan berbagai masukan untuk menyempurnakan strategi yang telah kamu rancang. Hal ini, juga dapat dilakukan untuk meminimalisir resiko terburuk yang kemungkinan akan terjadi.

  • Kombinasikan Dengan Aktivitas PR yang Lain

Agar kegiatan yang dilakukan perusahaan tersebar luas, maka kamu dapat menggabungkan aktivitas PR yang lain ketika melakukan community relations, seperti media interview atau mengirim rilis kepada media untuk kebutuhan publikasi.

Butuh strategi community relations yang tepat dan sesuai? Coba visit briefer.id atau langsung hubungi hello@briefer.id untuk ceritakan permasalahan komunikasimu! Let’s collaborate now~ 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *