Studi Kasus: Kampanye “Unmask Your Idol Billboard” Serial Black Knight

kim woo bin billboard jakarta black knight

Apakah kamu pernah mendengar tentang kampanye “Unmask Your Idol Billboard” atau yang biasa dikenal dengan kampanye Kim Woo-bin buka masker?

Yup, billboard unik ini merupakan salah satu kampanye pemasaran dari serial Netflix berjudul Black Knight yang dibintangi oleh Kim Woo-bin.

Untuk selengkapnya mengenai kampanye Kim Woo-bin buka masker, yuk simak artikel berikut sampai habis!

Tentang Serial Black Knight

Black Knight merupakan serial orisinil dari Netflix yang dibintangi oleh aktor dan aktris ternama Kim Woo-bin, Song Seung-heon, hingga Esom.

Tayang 13 Mei 2023, serial berjumlah 6 episode ini menceritakan tentang distopia negara Korea Selatan yang hancur akibat polusi udara dengan latar tahun 2071.

40 tahun yang lalu, dunia dihantam olem meteroit yang lepas landas, sehingga keasrian lingkungan pun tercemar dan mengakibatkan populasi terpangkas dalam jumlah besar.

Sebagai salah satu cara bertahan hidup, terdapat pasukan Black Knight yang bertugas menjadi kurir untuk menyalurkan kebutuhan kepada penyintas atau warga yang selamat.

Nah, Kim Woo-bin berperan sebagai 5-8 Oppa atau seorang kurir legendaris yang dianggap paling kuat di antara para kurir lainnya.

Kampanye “Unmask Your Idol Billboard” di Jakarta

Pada Mei 2023, warga Jakarta dikejutkan dengan adanya billboard atau papan iklan serial Black Knight yang dipasang di daerah SCBD.

SCBD merupakan lingkungan yang memiliki tingkat visibilitas tinggi, serta dikenal dengan kemacetan dan polusi udaranya.

Papan iklan tersebut ditayangkan di Menara Sudirman selama 2 minggu, mulai dari tanggal 4 hingga 18 Mei 2023.

Setelah ada yang mengunggahnya di internet, papan iklan itu menjadi viral di kalangan warganet. Hal ini karena papan iklan tersebut terbilang unik.

Jadi, billboard tersebut menampilkan karakter Kim Woo-bin dalam serial Black Knight diikuti dengan indikator penunjuk kualitas udara di Jakarta.

Apabila karakter Kim Woo-bin membuka maskernya, itu berarti indeks kualitas udara di Jakarta menunjukkan kondisi baik.

Begitu pun sebaliknya, apabila Kim Woo-bin sebagai 5-8 Oppa mengenakan maskernya, itu berarti indeks kualitas udara di Jakarta sedang buruk.

Billboard tersebut merupakan papan iklan interaktir yang bereaksi terhadap indeks kualitas udara secara real-time. Alhasil, banyak orang pun menantikan kapan Kim Woo-bin akan membuka maskernya dalam papan iklan tersebut.

Strategi Kampanye “Unmask Your Idol Billboard” di Jakarta

Karena memiliki genre fiksi ilmiah dan laga, Black Knight tidak hanya menargetkan penikmat K-drama, tetapi juga penonton secara umum.

Apalagi, serial ini juga mengangkat isu polusi udara, yang mana relevan dengan masalah yang ada di Indonesia, terutama Jakarta.

Oleh karena itu, guna memaksimalkan jangkauan, Netflix memanfaatkan kepopuleran Kim Woo-bin untuk menarik perhatian penggemar, serta menyoroti isu polusi udara yang relate dengan warga Jakarta.

Jadi, tak hanya dapat memasarkan serialnya, papan iklan tersebut juga membantu meningkatkan kesadaran warga Jakarta mengenai isu polusi udara.

Seperti yang kita tahu, Jakarta merupakan salah satu kota yang memiliki indeks kualitas udara paling buruk di Indonesia. Namun, banyak masyarakat yang belum tahu mengenai konsep indeks kualitas udara atau AQI (Air Quality Index).

Oleh karena itu, adanya billboard tersebut membantu meningkatkan awareness mengenai cara kerja indeks kualitas udara dengan cara yang menarik.

Hasil Kampanye “Unmask Your Idol Billboard” di Jakarta

Banyak orang yang membicarakan dan memuji kampanye kreatif serial Black Knight dari Netflix tersebut di media sosial.

Hal ini menyebabkan penggemar akhirnya berbondong-bondong mendatangi lokasi untuk melihat billboard secara langsung.

Selain viral di media sosial, Kampanye ini juga memperoleh lebih dari 30 pemberitaan secara organik, termasuk dari startup dan NGO.

Tak hanya itu, Kim Woo-bin sendiri, serta Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, juga turut mengapresiasi kampanye ini.

Viralnya kampanye “Unmask Your Idol Billboard” juga mendorong Black Knight menjadi salah satu dari 10 serial di Netflix yang paling banyak ditonton di Indonesia selama 3 minggu berturut-turut.

Itulah dia ulasan lengkap mengenai studi kasus kampanye “Unmask Your Idol Billboard” yang diluncurkan oleh Netflix untuk memasarkan serial Black Knight.

Tak hanya berhasil mengenalkan film Black Knight kepada lebih banyak orang, kampanye tersebut juga turut membantu meningkatkan kesadaran warga Jakarta akan indeks kualitas udara.

Dari sini, kita bisa belajar bahwa dalam melangsungkan kampanye pemasaran, dibutuhkan ide yang unik dan kreatif sehingga bisa menarik perhatian banyak orang.

Baca juga: