5 Tips Persiapan Lebaran di Rumah, Jangan Sampai Lupa!

side view people preparing ramadan

Apakah kamu orang yang akan lebaran di rumah saja tanpa mudik? Jika iya, kamu harus tahu apa saja tips persiapan lebaran yang perlu dilakukan.

Mempersiapkan lebaran dengan baik memungkinkanmu untuk menjalani Hari Raya Idul Fitri dengan tenang dan nyaman.

Jadi, agar momen hari rayamu semakin berkesan, yuk simak apa saja hal-hal yang perlu disiapkan untuk menyambut lebaran!

Tips Persiapan Lebaran sebelum Open House

Saat lebaran, ada istilah open house atau tuan rumah yang mempersilakan rumahnya untuk dikunjungi. Nah, jika kamu juga berniat melakukannya, yuk siapkan beberapa tips berikut.

1. Menyiapkan Anggaran untuk THR

Lebaran nggak lengkap rasanya kalau nggak ada THR atau tunjangan hari raya. Biasanya, anak-anak tetangga atau saudara yang masih kecil akan sangat menantikan THR saat bertamu.

Oleh karena itu, alangkah baiknya agar kamu menyiapkan anggaran untuk THR. Tak perlu besar-besar, kamu bisa siapkan saja uang receh 5000-an sampai 20.000-an.

2. Menyiapkan Makanan Lebaran

Salah satu yang khas dari hari Lebaran adalah makanannya, entah itu kue kering untuk dihidangkan atau pun makanan berat seperti ketupat dan opor ayam.

Jadi, sebelum hari raya tiba, kamu bisa berbelanja bahan makanan terlebih dahulu untuk memasak hidangan khas lebaran.

Selain ketupat dan opor ayam, hidangan lain yang biasanya dimasak saat lebaran adalah rendang, sambal goreng hati dan kentang, semur daging, dan kentang mustofa.

Untuk kue kering lebaran, kamu bisa membeli nastar, kastengel, putri salju, lidah kucing, butter cookies, hingga kue kacang tanah.

3. Membayar Zakat Fitrah

Menunaikan zakat merupakan rukun Islam yang ke-3. Itu artinya, seorang Muslim wajib untuk membayar zakat fitrah jika memiliki harta yang cukup.

Untuk menunaikan zakat fitrah, kamu bisa langsung membayarnya kepada orang yang berhak menerima zakat atau menyerahkannya kepada amil zakat.

Sekarang ini, sudah ada badan penerima zakat online. Jadi jika tidak ingin repot, kamu bisa menyerahkan zakat fitrah kepada lembaga amil zakat secara online.

Namun, pastikan lembaga pengelola zakat fitrah yang kamu pilih sudah terjamin kredibilitasnya, seperti misalnya BAZNAS.

4. Membersihkan Rumah

Tips persiapan lebaran selanjutnya adalah bersih-bersih rumah. Saat lebaran, akan banyak tetangga dan sanak saudara yang bertamu ke rumah untuk bersilaturahmi.

Oleh karena itu, penting untuk membuat tamu nyaman tinggal di rumah kita dengan menjaga kebersihan rumah sebelum lebaran tiba.

Pastikan untuk menyapu dan mengepel lantai atau alas rumah, serta membersihkan jendela dan perabotan rumah lainnya.

5. Menyiapkan Pakaian dan Alat Sholat

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang sangat dinanti orang Muslim di dunia. Tak heran banyak orang ingin tampil bagus di hari lebaran.

Nah, salah satu cara untuk tampil bagus saat lebaran adalah dengan mengenakan pakaian yang rapi dan bersih. Oleh karena itu, sebelum lebaran tiba, jangan lupa siapkan pakaian dan alat sholat yang akan dikenakan saat hari raya.

Tidak perlu membeli baru, cukup mencucinya saja agar terlihat bersih dan wangi, sehingga nantinya akan terasa nyaman dipakai.

Itulah dia beberapa tips persiapan lebaran bagi kamu yang ingin menjalani Hari Raya Idul Fitri di rumah saja. Anyway, selamat lebaran, Briefee!

Baca juga: