5 Tips Bekerja Saat Puasa, Bantu Tetap Fokus dan Produktif!

beautiful young smiling asian muslim woman working with laptop sitting in the living room

Bekerja dalam keadaan puasa bisa menjadi tantangan bagi sebagian orang. Lantas, bagaimana tips bekerja saat puasa?

Yup, meskipun dalam keadaan berpuasa, tuntutan pekerjaan mengharuskan kita untuk bisa mengerjakan tugas seperti biasanya.

Nah, artikel ini akan merangkum sejumlah tips bekerja saat puasa yang dapat kamu lakukan agar bisa tetap produktif dan berkonsentrasi. Yuk, simak!

Tips Bekerja saat Puasa

Berikut adalah beberapa tips bekerja saat puasa yang dapat membantumu untuk tetap berkonsentrasi dan produktif:

1. Tidur dengan Cukup

Menjaga pola tidur saat berpuasa merupakan hal yang penting dan sangat berpengaruh pada tingkat produktivitas harianmu.

Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup agar tetap fokus dan bisa berkonsentrasi saat bekerja.

Karena adanya waktu sahur, kamu bisa tidur lebih awal dari biasanya di malam hari, yaitu sehabis melaksanakan ibadah salat tarawih.

Kemudian, hindari juga tidur sehabis sahur karena dapat membuat kamu merasa lesu dan malas saat bangun.

Hal ini pun bisa berdampak pada penurunan motivasi dan semangat untuk memulai kegiatan yang produktif di pagi hari.

2. Prioritaskan Tugas yang Memerlukan Konsentrasi Tinggi

Penting untuk memprioritaskan tugas-tugas yang memerlukan konsentrasi tinggi di pagi hari ketika energi dan pikiran masih dalam keadaan fresh.

Sebab, mulai siang hari atau setelah waktu istirahat, tingkat kelelahan fisik dan mental mungkin akan lebih tinggi, sehingga fokus dan konsentrasi pun mulai menurun.

Jadi, apabila tugas-tugas berat tersebut dikerjakan ketika fisik dan mental mulai lelah, kamu mungkin akan kurang optimal dalam bekerja.

3. Maksimalkan Waktu Istirahat

Tips bekerja saat puasa selanjutnya adalah manfaatkan waktu istirahat di siang hari sebaik mungkin.

Karena tidak dihabiskan untuk makan siang, maka kamu bisa tidur siang sejenak (power nap) selama kurang lebih 15-30 menit.

Salah satu manfaat tidur siang yang satu ini adalah mampu meningkatkan suasana hati, fokus, dan konsentrasi saat bekerja.

Namun, pastikan untuk tidak tidur lebih dari 30 menit. Sebab, alih-alih menambah energi, tidur siang yang terlalu lama malah akan membuat badan letih dan lesu.

4. Makan Makanan Bergizi Seimbang

Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang saat sahur dan berbuka juga merupakan salah satu tips bekerja saat puasa.

Sebab, makanan yang kita konsumsi akan sangat berpengaruh pada kesehatan dan tingkat energi kita sepanjang hari.

Untuk itu, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, vitamin, dan mineral agar kebutuhan nutrisi tercukupi.

Selain itu, hindari juga mengonsumsi makanan secara berlebihan karena dapat menimbulkan berbagai dampak negatif pada kesehatan, seperti gangguan pencernaan dan penurunan energi.

5. Penuhi Kebutuhan Cairan Harian

Meskipun tengah menjalani ibadah puasa, kamu harus tetap bisa memenuhi kebutuhan cairan harianmu, yaitu sekitar 2,5 liter per hari.

Jadi, pastikan untuk minum air putih yang cukup ketika sahur dan berbuka. Adapun anjuran yang dapat kamu praktikkan adalah 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas ketika sahur.

Dengan minum air putih yang cukup, maka kamu akan terhindar dari dehidrasi dan berbagai gangguan kesehatan lain, seperti pusinh, lemas, dan sakit kepala.

Itulah dia beberapa tips bekerja saat puasa agar tetap fokus dan berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas-tugas di kantor.

Bekerja sembari berpuasa memang terkadang terasa berat. Namun, jika kamu dapat mengelola energi dengan baik, maka kamu bisa tetap produktif. Semangat berpuasa, Briefee!

Baca juga: