7 Tips Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi, Aman Sampai Tujuan!

family going home for mudik tips mudik lebaran dengan mobil pribadi

Ada beberapa tips mudik lebaran dengan mobil pribadi agar tetap aman dan nyaman di perjalanan, serta selamat sampai tujuan.

Mudik dengan mobil sendiri memang memberikan sejumlah tantangan. Namun, fleksibilitas waktu dan kenyamanan yang ditawarkan membuat banyak orang lebih memilih mudik dengan kendaraan pribadi.

Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan sejumlah tips bagi kamu yang ingin mudik lebaran dengan mobil pribadi untuk menghindari hambatan atau rintangan yang mungkin terjadi.

Tips Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin mengendarai mobil pribadi saat mudik:

1. Periksa Kondisi Mobil

Tips mudik lebaran yang paling penting untuk dilakukan sebelum berangkat adalah memeriksa kondisi mobil yang akan digunakan untuk berkendara.

Lantas, apa saja yang perlu diperiksa? Kamu bisa periksa oli mesin, rem, lampu, cairan pendingin mesin, tekanan ban, aki, hingga kapas kopling untuk mobil manual.

Kamu juga bisa membawa mobil ke bengkel terlebih dahulu untuk di-service untuk benar-benar memastikan bahwa seluruh komponennya berfungsi dengan baik.

Memeriksa mobil secara menyeluruh akan mencegah timbulnya masalah teknis terkait kendaraan yang mungkin terjadi saat sedang mudik.

2. Siapkan Bekal dan Obat-Obatan

Menyiapkan bekal dan obat-obatan juga merupakan salah satu tips mudik lebaran dengan mobil pribadi yang penting untuk diperhatikan.

Namun sebelumnya, cobalah tentukan dulu apakah kamu akan berangkat mudik di siang hari atau malam hari.

Berangkat mudik di malam hari memungkinkanmu tetap berenergi karena tidak berpuasa, tetapi rasa kantuk atau masalah keamanan mungkin akan menjadi tantangan.

Sementara itu, mudik di siang hari terbilang lebih aman, tetapi ingat bahwa kamu akan berpuasa di siang hari, sehingga tidak bisa setiap waktu mengisi perut saat kosong.

Nah, jika kamu mudik di malam hari setelah buka puasa, kamu bisa pertimbangkan untuk membawa camilan atau makanan berat untuk sahur jika masih dalam perjalanan.

Begitu juga jika kamu mudik di siang hari, kamu bisa mempertimbangkan untuk membawa makanan berat untuk berbuka saat maghrib jika tidak ingin repot-repot berhenti di rest area.

Untuk obat-obatan, pastikan kamu membawa obat demam, flu, mual, diare, plester luka, dan obat pribadi lainnya jika memiliki penyakit tertentu.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sebelum pergi mudik memungkinkanmu untuk tetap segar dan bugar meskipun lama di perjalanan.

Apalagi jika kamu mudik di siang hari yang notabenenya tidak bisa mengisi energi dengan makan, maka istirahat yang cukup amatlah penting.

Jika kamu merasa mulai mengantuk di tengah perjalanan, kamu bisa pertimbangkan untuk berhenti terlebih dahulu di reast area.

4. Periksa Kembali Kondisi Rumah

Sebelum berangkat mudik, pastikan untuk memeriksa kembali kondisi rumah, apakah seluruh lampu, kompor, dan alat elektronik sudah mati, serta apakah pintu dan jendela terkunci dengan baik.

Kamu juga bisa memeriksa kembali barang-barang di rumah untuk memastikan bahwa seluruh barang berharga tersimpan dengan baik.

5. Pahami Rute Perjalanan

Tips mudik lebaran dengan mobil pribadi selanjutnya adalah memahami rute perjalanan yang akan ditempuh.

Ketahui tol mana saja yang akan kamu lewati dan perhatikan tarifnya, pastikan bahwa saldo e-tollmu cukup sampai tujuan.

Untuk berjaga-jaga, kamu bisa juga sekaligus memikirkan alternatif rute apabila terjadi kemacetan atau kondisi jalan yang tidak mendukung.

Memahami rute perjalanan yang akan ditempuh memungkinkanmu untuk terhindar dari kesulitan navigasi di jalan.

6. Riset tentang Rest Area Terdekat

Jika kamu hendak mudik yang membutuhkan waktu hingga belasan jam, maka beristirahat di rest area sangatlah direkomendasikan.

Oleh karena itu, cobalah cari informasi mengenai titik rest area yang ada di sepanjang rute perjalananmu. Dengan mengetahui di mana saja titik rest area, kamu bisa mengatur strategi perjalanan dengan lebih baik.

7. Siapkan Uang Tunai

Tips mudik lebaran dengan mobil pribadi yang terakhir untuk kamu perhatikan adalah menyiapkan uang tunai secukupnya.

Meskipun sebagian besar transaksi kini sudah bisa dilakukan secara digital, tetapi menyiapkan uang tunai tetap diperlukan untuk membayar di tempat yang tidak menerima pembayaran non-tunai.

Itulah dia sejumlah tips mudik lebaran menggunakan kendaraan sendiri yang penting untuk kamu perhatikan. Have a safe ride, Briefee!