Ditunjuk jadi Spokesperson? Simak Beberapa Tips Penting Berikut!

Juru bicara (spokesperson) merupakan seseorang yang bertanggungjawab dalam menyampaikan informasi perusahaan kepada stakeholder. Peran mereka juga cukup penting lho, sebab mereka merupakan wajah/perwakilan perusahaan yang diberikan mandat untuk menjaga dan membangun image positif di mata publik. 

Briefee pernah ditunjuk untuk menjadi seorang juru bicara (spokesperson) juga? Tapi, bingung gimana caranya supaya bisa tampil dengan bagus? Coba simak artikel ini sampai selesai ya!

Tentukan Key Message 

Key message (pesan utama) dapat membantu audiens untuk memahami keseluruhan pesan dengan mudah. Selain itu, key message juga membantu spokesperson agar lebih fokus dalam menyampaikan informasi. 

Biasanya key message dapat berbentuk frasa yang terdiri dari 2-3 kata. Oleh karena itu, ketika menyampaikannya, Briefee dapat mengulanginya selama beberapa kali agar audiens aware dengan key message tersebut. 

Hindari Penggunaan Jargon Berlebihan

Tentunya ketika menjadi seorang spokesperson, audiens yang akan dihadapi cukup beragam, berasal dari kalangan usia dan generasi. Oleh sebab itu, ketika menjelaskan suatu hal, jangan terlalu banyak menggunakan jargon (kosakata khusus yang hanya dimengerti oleh kalangan tertentu) agar setiap audiens yang hadir dapat memahami dengan jelas maksud informasi yang disampaikan.

Tegas dan Berwibawa

Menyampaikan sebuah informasi dengan tegas dan berwibawa juga dapat membawa kesan positif dan profesional kepada setiap audiens yang hadir. Jangan lupa untuk tersenyum ya ketika berbicara!

Hindari Bersikap Defensif

Apabila terdapat beberapa pertanyaan yang sulit dan terkesan menyinggung perusahaan, jangan langsung ditanggapi, apalagi sampai bersikap defensif. Sebab, sikap tersebut dapat beresiko membahayakan citra dan reputasi perusahaan. 

Usahakan untuk tetap tenang dan menjawab dengan profesional agar tidak menjadi boomerang bagi perusahaan. Jangan lupa untuk selalu menjaga mimik wajah dan gerak tubuh ya

Semoga tips diatas dapat membantu Briefee jadi spokesperson yang lebih baik ya! Mau tahu insight lainnya seputar dunia komunikasi? Yuk kunjungi laman Stories From Briefer dan nantikan update lainnya. See you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *