Tips Diet saat Puasa, Intip Menu dan Caranya yang Efektif

Diet saat puasa bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan. Justru, puasa selama 1 bulan merupakan momen yang tepat bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Sebab, puasa memiliki esensi untuk menahan lapar dan haus di siang hari. Jadi, hal itu akan memudahkan kamu untuk melakukan diet lantaran pola makannya yang teratur.

Namun, tidak makan dan minum di siang hari tidak cukup untuk membuat dietmu efektif. Oleh karena itu, berikut ini disajikan tips diet saat puasa mencakup cara dan menunya agar dapat efektif. Yuk, simak!

5 Cara Diet saat Puasa Ramadan

Agar diet saat puasamu tidak sia-sia, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi dan Kaya Serat

Cara diet saat puasa yang pertama adalah mengonsumsi makanan bergizi dan kaya serat untuk sahur dan berbuka. 

Saat menyusun makanan untuk sahur dan berbuka, usahakan hindari makanan atau minuman yang berminyak, mengandung gula serta MSG. 

Sebab, konsumsi makanan yang mengandung zat tersebut membuat tubuh menyimpan lemak yang tidak diinginkan.

Jadi, usahakan untuk mengatur menu sahur dan berbuka yang kaya akan protein, karbohidrat, serta vitamin. 

Selain itu, agar asupan cairan tubuh terpenuhi di saat puasa, kamu harus rajin minum air putih. Usahakan tetap minum air putih 8 gelas per harinya. 

Berkenaan dengan ini, kamu bisa mengikuti aturan 2-4-2, yaitu dua gelas saat berbuka, empat gelas di malam hari, dan dua gelas ketika sahur.

2. Tidak Melewatkan Sahur

Banyak orang menyepelekan pentingnya sahur saat puasa. Padahal, melewatkan sahur dengan tujuan agar dapat menurunkan berat badan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Sebab, tubuh tetap makan dan minum sebelum puasa dimulai untuk mengisi energi dan mencegah dehidrasi. Melewatkan sahur hanya akan membuat tubuh lemas dan kelaparan.

Jadi, jangan sampai kamu melewatkan sahur, ya. Kamu bisa mengonsumsi makanan rendah lemak dan kaya serat saat sahur, serta jangan lupa minum air putih yang cukup.

3. Tidur Teratur

Karena adanya sahur, banyak orang yang memiliki pola tidur berantakan semenjak bulan puasa dimulai. Padahal, tidur yang cukup dan teratur tetap penting.

Sebab, kurang tidur akan berakibat pada peningkatan hormon ghrelin yang memicu kenaikan nafsu makan.

Selain itu, tidur yang tidak teratur juga akan mengganggu sistem metabolisme tubuhmu. Akibatnya, tubuh pun kesulitan membakar cadangan lemak.

Oleh karena itu, agar diet saat puasamu makin efektif, tidurlah secara cukup dan teratur. Kamu bisa tidur lebih awal setelah sholat tarawih agar tidak kembali terlelap sehabis sahur.

4. Makan secara Perlahan dan Tidak Berlebihan

Banyak orang yang kalap mengonsumsi makanan berat secara berlebihan saat buka puasa tiba. Padahal, ini merupakan perilaku yang tidak dianjurkan.

Sebaiknya, kamu bisa mengawali buka puasa dengan minum air putih dan mengonsumsi makanan ringan seperti kurma atau kolak agar tubuhmu melakukan penyesuaian.

Setelah itu, sholat maghriblah terlebih dahulu. Kemudian, baru kamu bisa makan hidangan yang berat.

Memakan hidangan secara terburu-buru dan berlebihan dapat meningkatkan risiko kamu terkena maaf atau masalah lambung lain. Selain itu, perilaku tersebut juga dapat memicu kenaikan berat badan.

5. Rajin Olahraga

Di bulan puasa, kamu juga harus tetap rajin berolahraga agar badanmu tetap sehat. Berkenaan dengan ini, kamu bisa memilih beberapa jenis workout saat puasa yang ringan dilakukan, seperti jogging, bersepeda, dan yoga.

Baca juga: Tips Workout saat Puasa, Ketahui Waktu dan Jenis yang Tepat  

Kandungan Gizi untuk Menu Diet saat Puasa Ramadan

Saat sahur dan berbuka, kamu perlu memperhatikan asupan yang dimakan. Pastikan bahwa makanan yang dikonsumsi kaya akan gizi dan serat.

Sebab, mengonsumsi hidangan yang kurang bergizi seperti makanan berlemak atau mengandung banyak gula akan membuat diet saat puasamu tidak efektif.

Nah, berikut ini kandungan gizi yang tepat untuk menu diet saat puasa:

1. Protein

Salah satu manfaat dari protein adalah menurunkan berat badan. Hal ini karena protein dapat meningkatkan hormon peptida YY yang memicu rasa kenyang. Alhasil, makan secara berlebihan pun dapat dihindari.

Nah, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya protein dan kandungan lemak rendah saat sahur dan berbuka, seperti ikan, telur, tahu, dan tempe.

2. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks merupakan jenis karbo yang lebih sehat dan bergizi. Sebab, karbohidrat kompleks memiliki kandungan serat yang tinggi. 

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, kamu bisa merasa kenyang dan berenergi lebih lama. Rasa lapar berlebihan pun dapat dihindari.

Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain nasi merah, roti gandum, oat, dan kentang.

3. Sayuran dan Buah-Buahan

Sayuran dan buah-buahan juga merupakan menu wajib untuk diet saat puasa. Sebab, sayuran dan buah-buahan mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh.

Setidaknya, konsumsilah buah dan sayur sebanyak 2-3 porsi saat sahur dan berbuka.

Nah, itu dia tips diet saat puasa mencakup cara dan menu agar kamu dapat menurunkan berat badan secara efektif.

Semoga dengan artikel ini, kamu bisa diet saat puasa dan menurunkan berat badan sesuai target, ya!

Baca juga: Takjil Segar Cocok untuk Berbuka Puasa