Apa itu Embargo dalam Press Release? Simak Penjelasannya!

people hangout together embargo press release

Pernahkah kamu melihat adanya press release yang diembargo? Tahukah kamu apa maksud dari istilah tersebut?

Sebagai seorang praktisi PR (Public Relations), penting untuk mengetahui istilah tersebut, karena salah satu tugas PR adalah membuat press release.

Artikel ini akan menerangkan lebih dalam tentang apa itu embargo dalam konteks press release. Yuk, simak sampai habis!

Apa itu Embargo?

Dalam konteks press release, embargo adalah istilah yang menandakan bahwa informasi tersebut belum boleh dipublikasikan hingga waktu tertentu.

Biasanya, press release yang diembargo telah dibagikan kepada jurnalis sebelum tanggal publikasi resmi, tetapi dengan kesepakatan yang tegas bahwa informasi di dalamnya belum boleh disiarkan.

Jadi, pihak media atau jurnalis harus menunggu hingga waktu atau tanggal tertentu yang telah ditetapkan untuk dapat mengungkapkan informasi tersebut kepada publik.

Apabila terdapat jurnalis yang melanggar kesepakatan, misalnya membocorkan informasi kepada koleganya atau bahkan publik, mereka bisa tidak lagi dipercaya perusahaan untuk memberikan informasi yang diembargo di masa mendatang.

Oleh karena itu, pelanggaran terhadap hal ini tentunya dapat merusak hubungan antara media dengan perusahaan.

Umumnya, informasi mengenai embargo disematkan di bagian atas judul. Namun, penempatannya bervariasi tergantung kebijakan perusahaan.

Terdapat juga keterangan mengenai waktu atau kapan informasi dalam press release tersebut boleh disebarkan kepada publik.

Misalnya, dalam contoh di atas, tertulis “EMBARGOED: 20/12/17”. Itu berarti, informasi dalam press release tersebut baru boleh dipublikasi pada tanggal 20 Desember 2017.

Tujuan Embargo

Pelarangan publikasi informasi hingga waktu tertentu ini umumnya memiliki sejumlah tujuan utama, yaitu:

  1. Memberi waktu kepada wartawan agar dapat mengumpulkan informasi dan memahaminya, sehingga mereka bisa menyusun liputan yang komprehensif
  2. Memungkinkan perusahaan untuk mempersiapkan tanggapan atau jawaban terhadap pertanyaan dari media guna mencegah kesalahan dalam pemberitaan
  3. Mencegah informasi untuk diumumkan kepada publik sebelum waktunya
  4. Membantu perusahaan dalam mengoptimalkan dampak dari dipublikasikannya sebuah informasi karena mereka dapat mengendalikan waktu publikasi informasi mereka

Kapan Press Release Perlu Diembargo?

Sebenarnya, sangat sedikit perusahaan yang menetapkan embargo kepada press release. Pada kenyataannya, sebagian besar press release tertulis ‘untuk segera ditayangkan’.

Meskipun begitu, terdapat beberapa kondisi yang membuat suatu informasi perlu diembargo, di antaranya yaitu:

  • Perusahaan berencana untuk meluncurkan produk atau layanan baru yang telah ditentukan tanggalnya
  • Informasi yang akan diberitahukan dalam press release cukup kompleks sehingga membutuhkan waktu untuk mempersiapkannya
  • Perusahaan ingin membuat pengumuman strategis yang berdampak besar terhadap pasar, stakeholder, dan citra perusahaan, sehingga diperlukan liputan yang mendalam dan akurat
  • Perusahaan ingin mengumumkan berita yang sensitif atau berpotensi menciptakan kehebohan di kalangan masyarakat

Tips Menerapkan Embargo pada Press Release agar Efektif

Embargo dapat mendatangkan sejumlah risiko dan kerugian pada perusahaan apabila tidak ditangani dengan baik.

Berikut beberapa tips untuk mengelola embargo pada press release:

1. Bersikap Selektif

Bersikaplah selektif dalam memilih media atau jurnalis mana yang dapat dipercaya untuk menerima informasi yang diembargo tersebut.

Jadi, sebelum melakukan strategi ini, perusahaan perlu melakukan riset mengenai mana media yang memiliki rekam jejak positif dan dapat mematuhi kesepakatan terhadap embargo.

2. Manfaatkan Saluran Media Sosial

Perusahaan juga dapat memanfaatkan saluran media sosial untuk menginformasikan bahwa akan ada pengumuman penting.

Hal ini bertujuan untuk membuat audiens lebih tertarik dan excited dalam menunggu informasi apa yang akan diumumkan.

3. Pehatikan Waktu dan Pesan yang Disampaikan

Penting juga untuk memperhatikan waktu publikasi dan pesan yang tepat dalam menyampaikan informasi. Pesan yang disampaikan harus jelas dan ringkas, serta informasi penting di dalamnya disajikan secara lugas.

Kemudian, waktu publikasi juga harus dipertimbangkan secara hati-hati. Hal tersebut agar informasi yang diumumkan tidak bertentangan atau bentrok dengan peristiwa lainnya.

Itulah dia informasi lengkap mengenai apa itu embargo dalam press release yang penting untuk diketahui, terutama bagi kamu yang berkecimpung di dunia PR.

Jadi, jika kamu ingin mengumumkan suatu informasi penting kepada publik, kamu bisa mempertimbangkan strategi embargo.

Meskipun begitu, diperlukan keterampilan yang baik dalam menjalankan embargo secara efektif. Nah, apabila perusahaanmu tidak ingin repot-repot melakukannya, BRIEFER adalah solusinya!

BRIEFER menyediakan jasa pembuatan press release yang dikerjakan oleh para praktisi PR berpengalaman kami. Kami akan menyesuaikan kebutuhan dan keinginan klien dalam pembuatan press release, sehingga pastinya tepat guna.

Untuk informasi selengkapnya, kamu dapat mengunjungi laman web BRIEFER atau email kami di hello@briefer.id, ya!

Baca juga: