Apa itu Boilerplate dalam Press Release? Ini Penjelasannya!

aerial view woman reading newspaper computer laptop wooden table

Dalam press release, kamu mungkin pernah melihat adanya boilerplate di bagian akhir pesan. Sebenarnya, apa itu boilerplate?

Elemen ini berfungsi untuk menjadi pelengkap penting mengenai perusahaan atau organisasi yang menerbitkan press release.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel berikut ini sampai habis!

Apa yang Dimaksud dengan Boilerplate?

Boilerplate adalah sebuah paragraf deskripsi singkat yang berisi tentang informasi dasar atau umum tentang perusahaan atau organisasi.

Pada press release, boilerplate umumnya diletakkan di bagian akhir setelah informasi atau pesan utama telah disampaikan.

Berikut contoh boilerplate pada press release yang dikeluarkan Astra:

contoh boilerplate dalam press release

Selain pada press release, elemen ini juga banyak digunakan secara berulang di berbagai dokumen atau media tanpa banyak perubahan.

Fungsi Boilerplate

1. Memperkenalkan Perusahaan kepada Publik

Boilerplate dalam press release berfungsi menjadi saran perusahaan dalam memperkenalkan tentang bisnisnya kepada publik atau pembaca.

Sebab, elemen ini memuat informasi dasar tentang bisnis, mencakup deskripsi singkat seputar profil perusahaan, visi-misi, serta layanan dan produk utama.

2. Konsistensi Pesan

Dengan adanya boilerplate, perusahaan dapat memastikan bahwa deskripsi atau informasi tentang perusahaan memiliki penyampaian yang konsisten di seluruh media komunikasi.

Alhasil, hal ini pun membantu menjaga identitas brand yang seragam dan menghindari kemungkinan perbedaan pesan yang bisa menimbulkan kebingungan

3. Profesionalisme dan Branding

Boilerplate juga berfungsi memperkuat citra profesionalisme dan branding perusahaan.

Dengan menampilkan informasi yang konsisten di berbagai publikasi, perusahaan menciptakan kesan yang terstruktur dan terorganisir, yang dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap brand.

Tips Menyusun Boilerplate

1. Tulis secara Ringkas, Padat, dan Konsisten

Dalam menulis boilerplate, penting untuk menjaga agar pesan yang disampaikan tetap ringkas dan padat, setidaknya 1-2 paragraf saja.

Fokuslah pada informasi yang paling relevan tentang perusahaan, seperti deskripsi, visi-misi, dan produk/layanan yang ditawarkan.

Selain itu, gaya bahasa yang disampaikan juga harus konsisten dengan citra brand perusahaan, entah itu menggunakan pendekatan formal atau santai.

2. Tonjolkan Keunikan Perusahaan

Setiap perusahaan tentunya memiliki keunikannya sendiri. Oleh karena itu, tonjolkan apa keunikan yang ditawarkan perusahaan dalam boilerplate.

Keunikan di sini bisa dari segi nilai-nilai keberlanjutan, teknologi canggih yang digunakan, hingga pendekatan inovatifnya.

Dengan menyoroti keunikan perusahaan, pembaca akan semakin tertarik dan memahami positioning bisnismu dalam industri.

3. Masukkan Data Pendukung yang Diperbarui secara Berkala

Untuk memperkuat kredibilitas perusahaan dalam boilerplate, penting untuk menyertakan data atau fakta pendukung yang relevan.

Informasi seperti tahun berdirinya perusahaan, jumlah pelanggan, atau penghargaan yang diterima dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai reputasi dan pencapaian perusahaan.

Namun, jangan lupa untuk memperbarui data ini secara berkala. Seiring dengan perkembangan perusahaan dan pencapaian baru, pastikan boilerplate tetap mencerminkan informasi yang paling akurat dan terkini.

Perusahaanmu Ingin Membuat Press Release? Serahkan Saja pada BRIEFER!

Press release adalah media yang dapat digunakan perusahaan untuk menyampaikan informasi penting kepada publik. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan haruslah efektif.

Namun, membuat press release mungkin saja menjadi merepotkan, terutama jika perusahaan tidak memiliki sumber daya khusus dalam bidang ini.

Tak perlu, khawatir, BRIEFER siap membantu!

BRIEFER merupakan platform PR yang berfokus pada layanan non-retainer. Salah satu jasa yang kami tawarkan adalah pembuatan dan publikasi press release.

Dengan press release dari BRIEFER, kami akan memastikan informasi penting tentang perusahaan tersampaikan dengan baik kepada publik.

Jika kamu tertarik, segera hubungi BRIEFER di hello@briefer.id atau baca informasi selengkapnya melalui website resmi BRIEFER!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *