5 Perbedaan Press Release dan Konferensi Pers, Jangan Keliru!

press microphone

Dalam dunia public relations, kamu mungkin sering mendengar istilah press release dan konferensi pers. Apakah kamu mengetahui perbedaan keduanya?

Sebenarnya, meskipun berhubungan erat, keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Jika kamu masih bingung, tidak perlu khawatir karena artikel ini akan membahas secara mendalam tentang perbedaan press release dan konferensi pers. Yuk, simak sampai habis!

Apa itu Press Release?

Bagi seorang public relations, press release adalah salah satu elemen yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas PR dari dulu hingga sekarang.

Press release sendiri adalah dokumen berupa pernyataan resmi yang disusun oleh perusahaan untuk disebarkan kepada media dan publik.

Tujuan dari dibuatnya press release adalah untuk mengumumkan informasi penting tentang perusahaan, seperti peluncuran produk, pencapaian, kerja sama strategis, dan lain sebagainya.

Apa itu Konferensi Pers?

Sama dengan press release, konferensi pers juga merupakan salah satu elemen yang tidak terpisahkan dari aktivitas PR.

Konferensi pers merujuk pada acara saat perusahaan, organisasi, atau bahkan individu, menyampaikan informasi penting kepada media secara langsung.

Dalam acara tersebut, terdapat spokeperson yang memberikan pernyataan resmi atau mengumumkan berita penting mengenai perusahaan, organisasi, atau individu penyelenggara.

Biasanya dalam konferensi pers, jurnalis yang hadir diberikan press release—dokumen tertulis yang merangkum informasi utama dari topik yang akan dibahas

Press release ini membantu jurnalis memahami konteks acara dengan lebih baik dan memberikan referensi terpercaya untuk digunakan dalam penulisan liputan mereka.

Perbedaan Press Release dan Konferensi Pers

Pada penjelasan sebelumnya, kamu dapat mengetahui bahwa press release dan konferensi pers memiliki hubungan yang erat dalam keberlangsungan aktivitas PR.

Namun, dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya memiliki definisi dan fungsi yang berbeda secara signifikan. Berikut penjelasannya:

1. Bentuk Penyampaian Informasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, press release merupakan dokumen tertulis yang dibuat perusahaan untuk menyampaikan informasi kepada media.

Sementara itu, konferensi pers adalah acara tatap muka yang memungkinkan perusahaan untuk menyampaikan informasi secara langsung kepada media.

Namun, press release kerap kali digunakan sebagai materi tambahan dalam konferensi pers untuk membantu jurnalis memahami konteks acara dan sebagai sumber referensi liputan.

2. Interaksi dengan Media

Karena bentuknya tertulis, dalam press release, tidak ada interaksi secara langsung dengan media. Informasi yang disampaikan hanya bersifat satu arah.

Sebaliknya, dalam konferensi pers, terdapat interaksi langsung dengan media yang memungkinkan jurnalis untuk dapat mengajukan pertanyaan secara real-time.

3. Konten yang Disampaikan

Press release cenderung memiliki isi yang ringkas dan to-the-point, biasanya berisi 1 sampai 2 halaman saja. Sementara itu, perusahaan dapat memberikan informasi yang lebih mendalam dan kompleks saat konferensi pers.

4. Kejelasan dan Klarifikasi

Karena hanya berupa teks, jurnalis yang membacanya mungkin saja mengalami misinterpretasi terhadap informasi yang tertulis.

Di sisi lain, jurnalis dapat meminta kejelasan dan menggali informasi tambahan secara langsung saat konferensi pers berlangsung.

5. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Press release dapat dikirim kapan pun dan di mana pun sesuai kebutuhan dan keinginan perusahaan tanpa ada batasan waktu dan tempat.

Hal ini berbeda dengan konferensi pers yang memerlukan perencanaan waktu dan tempat tertentu, serta melibatkan persiapan logistik yang matang.

Ingin Mengadakan Konferensi Pers atau Mempublikasikan Press Release di Media Terkemuka? BRIEFER Jawabannya!

Punya berita penting tapi bingung gimana cara biar sampai ke publik dengan efektif? Atau udah coba tapi belum optimal hasilnya?

Kalau kamu punya masalah ini, BRIEFER siap bantu urusan press release dan konferensi pers kamu!

Dengan tim PR berpengalaman, kami pastikan pesan kamu sampai ke media yang tepat dan membangun citra positif buat bisnis kamu.

Yuk, kolaborasi bareng BRIEFER dengan hubungi hello@briefer.id atau kunjungi laman web resmi BRIEFER, sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *