6 Strategi Pemasaran Kopi Kenangan yang Bisa Dicontoh, Catat!

Kopi Kenangan brand

Kopi Kenangan merupakan salah satu brand kopi lokal paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Apakah kamu penasaran bagaimana strategi pemasaran Kopi Kenangan?

Kopi Kenangan pertama kali berdiri pada athun 2017. Pendirian Kopi Kenangan didasarkan pada alasan akan adanya peluang bisnis yang menjanjikan di industri kopi.

Dengan melakukan berbagai strategi agar terlihat stand-out dibanding kompetitor, Kopi Kenangan kini sudah membuka lebih dari 900 gelar per November 2023.

Bahkan, pada 2022 lalu, Kopi Kenangan mampu memecahkan rekor MURI dengan membangun 26 toko dalam satu mingu.

Nah, buat kamu yang penasaran apa saja strategi pemasaran Kopi Kenangan yang berhasil membawa brand ini banyak dikenal orang-orang, yuk simak lebih lengkap artikel ini!

Strategi Pemasaran Kopi Kenangan

Adapun beberapa strategi marketing Kopi Kenangan yang bisa brand-mu jadikan contoh adalah sebagai berikut:

1. Menghadirkan Nama Brand yang Ear-Catching

Banyak brand kopi lokal kekinian yang memilih menggunakan bahasa asing dibandingkan bahasa Indonesia. Meskipun sebagian terdengar bagus, tetapi terkadang nama tersebut malah susah diingat.

Apalagi, jika pemilihan nama brand dengan bahasa asing tersebut menggunakan istilah yang jarang diketahui, maka pelanggan pun akan makin sulit mengingatnya.

Nah, Edward Tirtanata, sang CEO Kopi Kenangan, mengatakan bahwa pemilihan nama brand-nya tersebut bertujuan untuk menjadi pembeda dengan toko kopi lainnya yang kebanyakan menggunakan bahasa asing.

Alhasil, nama “Kopi Kenangan” pun akan lebih ingat di benak konsumen karena menggunakan istilah yang sudah sering terdengar.

Selain itu, konsumen juga dibuat penasaran dengan adanya kata “kenangan”. Menurut Edward, pemilihan kata “kenangan” mampu membangkitkan ingatan seseorang pada mantannya.

2. Aktif Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu media promosi digital yang tidak boleh terlewatkan karena ada banyak sekali opportunity untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Nah, hal inilah yang juga dimanfaatkan oleh Kopi Kenangan. Strategi pemasaran Kopi Kenangan selanjutnya adalah aktif membuat konten-konten promosi yang menarik di berbagai media sosial, seperti Instagram dan TikTok.

Akun Instagram Kopi Kenangan sebagai salah satu strategi pemasaran Kopi Kenangan
Akun Instagram Kopi Kenangan

Dengan username @kopikenangan.id, akun Instagram Kopi Kenangan hingga kini telah meraih 540 pengikut per November 2023 dengan jumlah postingan sebanyak 2,9K.

Adanya kehadiran fitur reels di Instagram pun turut dimanfaatkan Kopi Kenangan untuk membuat konten-konten menarik yang dapat mempromosikan produknya.

Sementara itu, di TikTok, Kopi Kenangan tidak kalah aktif membagikan konten promosi yang disesuaikan dengan user behavior pengguna TikTok.

Akun TikTok Kopi Kenangan sebagai salah satu strategi pemasaran Kopi Kenangan
Akun TikTok Kopi Kenangan

Per November 2023, akun TikTok Kopi Kenangan tersebut telah meraih total 103,5 ribu pengikut dan 1,2 juta likes.

Baca juga: Strategi Pemasaran Viral Marjan Tiap Tahun

3. Kerap Berkolaborasi dengan Influencer Ternama

Bekerja sama dengan influencer juga merupakan strategi pemasaran yang banyak dilakukan brand agar bisnisnya bisa lebih visible dan dijangkau ribuan orang.

Hingga kini, Kopi Kenangan sudah berkolaborasi dengan berbagai influencer ternama, mulai dari Isyana, Nicholas Saputra, Horman Paris, hingga BTS.

Kolaborasi tersebut dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai dari kerja sama menjadi brand ambassador hingga perilisan merchandise eksklusif.

Kolaborasi tumblr Kopi Kenangan x BTS
Kolaborasi tumblr Kopi Kenangan x BTS

4. Menawarkan Harga yang Terjangkau

Salah satu faktor yang membuat Kopi Kenangan disukai pelanggan adalah harganya yang relatif terjangkau bagi banyak orang. Sebab, Kopi Kenangan sendiri membidik kalangan menengah sebagai target konsumen mereka.

Namun, meskipun dipatok dengan harga yang murah, Kopi Kenangan tetap mengunggulkan kualitas cita rasa dari produk kopinya.

5. Terus Berinovasi

Tak hanya menghadirkan produk minuman berupa kopi, Kopi Kenangan juga menawarkan makanan yang cocok disajikan bersama kopi, yaitu roti dan ayam goreng. Berkenaan dengan ini, mereka meluncurkan brand yang bernama Cerita Roti dan dan Chigo.

Namun, tak cukup sampai di situ, Kopi Kenangan juga meluncurkan produk kopi dengan kemasan botol yang dijual di supermarket atau minimarket terdekat.

Minuman kemasan botol Kopi Kenangan
Kemasan botol Kopi Kenangan

Baca juga: Belajar Dari Strategi Marketing Indomie: Co-Branding

6. Punya Aplikasi Sendiri

Aplikasi Kopi Kenangan
Aplikasi Kopi Kenangan

Untuk semakin mempermudah konsumen dalam memesan produk melalui online, Kopi Kenangan meluncurkan aplikasinya sendiri.

Melalui aplikasi tersebut, konsumen bisa memesan produk Kopi Kenangan dan memilih lokasi terdekat, serta menentukan sendiri waktu pengambilannya.

Tak hanya sampai di situ, ada juga fitur coffee coin. Jadi, setiap konsumen memesan satu gelas kopi, mereka akan mendapatkan nominal hadiah Rp1. Apabila nominalnya sudah terpenuhi, konsumen dapat menukarkannya dengan produk yang ada di toko.

Demikianlah artikel lengkap yang membahas tentang strategi pemasaran Kopi Kenangan yang bisa menjadi contoh brand-mu agar lebih dijangkau banyak orang.

Mempromosikan sebuah produk memang gampang-gampang susah. Diperlukan berbagai strategi unik agar konsumen tertarik dengan brand-mu.

Nah, kalau kamu kesulitan dalam menemukan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnismu, yuk percayakan saja pada BRIEFER!

BRIEFER merupakan platform kerja yang memiliki berbagai konsultan berpengalaman dalam bidang pemasaran untuk membantu usahamu agar bisa dikenal lebih banyak orang.

Untuk informasi selengkapnya, jangan ragu untuk mengunjungi laman web BRIEFER atau hubungi kami melalui email hello@briefer.id.

Baca juga: Apa yang Menjadikan Uniqlo Sebagai Top Fashion Retailer di Asia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *