Strategi Pemasaran Viral Marjan Tiap Tahun

Marjan Cinematic Universe. Mendekati bulan Ramadhan, Marjan kembali menjadi perbincangan warganet setelah video perdana Baruna menyelamatkan Nelayan dari Monster Laut tayang. Iklan yang sebenarnya lebih cocok menjadi film superhero ini memaksimalkan pemasaran digital untuk meraup brand visibility tinggi serta profit seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Selain kekaguman terhadap storytelling serta teknologi yang digunakan, netizen pun memberikan celotehan lucu 

Marjan nih budget setahun dipake cuma buat bulan Ramadhan doang! 

Netizen Budiman. 

Kesuksesan Sirup Marjan menyedot perhatian khalayak tak lepas dari penerapan strategi pemasaran andalannya, yaitu seasonal marketing yang merupakan strategi promosi di waktu-waktu tertentu dalam satu tahun serta menggabungkan metode penjadwalan iklan yang dikenal dengan sebutan flighting. Metode scheduling ini digunakan untuk brand yang memiliki konten musiman, ketika permintaan produk sedang tinggi. 

Strategi flighting juga membantu Marjan mengoptimalkan pemasaran di kurun waktu yang tepat saat produk dikonsumsi oleh pelanggan atau audiensnya, yakni Bulan Ramadhan. Tapi selain itu Marjan juga menerapkan konsep Integrated Marketing Communication (IMC), sebuah praktik untuk mendorong konsistensi pesan kepada konsumen melalui beberapa saluran komunikasi baik Below The Line (BTL) dan Above The Line (ATL) 

Detail lengkap tentang ATL dan BTL dapat dilihat pada ulasan Stories sebelumnya di https://stories.briefer.id/2023/02/27/manakah-diantara-media-promosi-ini-yang-cocok-buat-brand-kamu/

Sebelum perencanaan IMC, Marjan atau merek apapun perlu melakukan pemetaan segmentasi mulai dari geografis, demografis, psikografis dan behavioral supaya konsep komunikasi yang dibangun sesuai dengan audiensnya. Lalu, siapa sih segmennya mereka? Ini ringkasannya!

1Geografis 

Tayangan iklan Sirup Marjan dapat menjangkau seluruh wilayah di Indonesia yang memiliki akses televisi maupun internet termasuk kota besar hingga pelosok daerah.
2Demografis

Sirup Marjan memiliki konsumen berbagai usia mulai dari anak-anak hingga orang tua baik laki-laki maupun perempuan, namun tetap perlu memperhatikan cara dan saran penyajian.  
3Psikografi & Behavioral 

Anjuran untuk berbuka dengan yang manis menjadikan Sirup Marjan sebagai menu sehari-hari selama Bulan Ramadhan oleh konsumennya. Sementara bagi Non Muslim, Sirup Marjan dapat menjadi pelengkap untuk minuman manis.

Dari profil target diatas, barulah IMC dapat dikonsepkan lebih jelas. Lalu apa IMC Bulan Ramadhan dari Sirup Marjan ini? Yuk kita bahas!

IMC Concept (Kotler, 2014)
  1. Advertising

Storytelling, kekuatan iklan Sirup Marjan dalam memasarkan produknya melalui cerita yang “easy to catch” dan mudah diingat oleh target audiens. Sirup Marjan mengajak audiens  menikmati produk mereka lewat pesan visual dan audio sehingga tercipta koneksi emosional  dari pesan, karakter, plot dan konflik iklan tersebut. Marjan juga menyisipkan narasi positif guna menumbuhkan empati masyarakat terhadap lingkungan di salah satu cuplikan adegan yang memperlihatkan kondisi laut yang semakin tercemar sampah akibat para nelayan yang membuang sampah sembarangan. Sisi empati ini dapat menjadi pertimbangan pembelian konsumen, khususnya bagi segmen pecinta lingkungan. 

Iklan yang keren tidak akan berhasil tanpa pemilihan media yang tepat. Sirup Marjan menggunakan saluran nonpersonal communication seperti online media dan sharing networks (Instagram, Tiktok, Youtube dan Twitter) untuk memantik percakapan lebih luas. Sehingga komunikasi periklanan yang telah dilakukan akan menghasilkan pola berikut  

Buyer Readiness Stage (Kotler, 2014)

2. Public Relations

Fungsi Public Relations dalam IMC Marjan adalah product publicity serta membangun reputasi positif brand melalui media online yang relevan. Ada fakta menarik banget dari proses ini. Jika teman-teman masuk ke Google Search dan mengetik keyword “Video Marjan 2023” maka hasil yang didapat adalah sejumlah artikel yang memberitakan video terbaru marjan di media online nasional. 

“Bayar kali min!” . Nope, etika seorang Public Relations adalah tidak diperkenankan membayar jurnalis dalam pemberitaan kecuali iklan, tapi itu juga mahal banget bahkan untuk satu media saja. Maka, analisa kami iklan yang memiliki cerita bagus dan menarik akan menghasilkan pemberitaan positif secara masif bahkan dengan anggaran yang minim. 

3. Sales Promotion

Dari sisi definisi, sales promotion dapat berupa potongan harga, pembagian kupon atau ragam aktivitas yang mampu menarik konsumen untuk membeli produk. Sirup Marjan di tahap ini dapat ditemukan di toko retail seperti Indomaret dan Alfamart, yang biasanya berjajar rapi di antara rak maupun parcel berharga terjangkau utamanya saat bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran. Betul nggak, Briefee?

Konsistensi IMC, pesan yang jelas, creative & compelling  execution Sirup Marjan mampu mengkomunikasikan secara spesifik identitas mereka sebagai brand sirup berkualitas di bulan puasa dari tahun ke tahun. 

Semoga informasi berikut dapat bermanfaat bagi teman-teman yang tertarik dalam bidang komunikasi periklanan. Selamat mempraktikkan!