2 Perbedaan Reach dan Impression di Instagram, Catat!

social media marketing concept

Jika kamu menggunakan Instagram atau Facebook bisnis, kamu mungkin pernah kebingungan mengenai perbedaan reach dan impression.

Yup, keduanya merupakan metrik media sosial yang dapat membantu kita untuk mengetahui seberapa efektif strategi marketing yang kita gunakan.

Oleh karena itu, yuk langsung saja simak penjelasan lengkap mengenai bedanya reach dan impression di Instagram atau media sosial lainnya berikut ini!

Apa itu Reach?

Di Instagram atau media sosial lainnya, reach adalah jumlah total pengguna yang telah melihat konten atau unggahanmu.

Jadi, reach dihitung bukan berdasarkan seberapa banyak konten kamu dilihat akun lain, melainkan dari seberapa banyak akun yang telah melihat kontenmu.

Dengan demikian, satu pengguna hanya bisa dihitung sekali, terlepas dari seberapa banyak mereka melihat konten tersebut.

Misalnya, tertulis bahwa postinganmu telah memiliki 10 ribu reach. Hal ini berarti, unggahan tersebut telah dilihat oleh 10 ribu orang atau akun.

Apa itu Impression?

Impression adalah jumlah total kontenmu dilihat pengguna. Jadi, impression ini menghitung total tayangan konten tersebut oleh pengguna, termasuk jika pengguna melihat kembali konten tersebut.

Misalnya, kamu mengunggah suatu konten. Lalu, ada akun lain yang melihat kontenmu sebanyak tiga kali. Ini berarti, hal tersebut dihitung tiga impression.

Perbedaan Reach dan Impression

Jika kamu belum memahami perbedaan impression dan reach dari penjelasan di atas, mari kita simak penjelasannya lebih dalam.

1. Sifat Pengukuran

Perbedaan reach dan impression yang pertama dapat dilihat dari sifat pengukurannya. Reach mengukur seberapa banyak orang atau akun yang melihat kontenmu.

Sementara itu, impression mencerminkan seberapa banyak kontenmu dilihat atau ditampilkan kepada pengguna.

Misalnya begini, kamu memiliki akun Instagram dengan jumlah total 5 pengikut, yaitu A, B, C, D, dan E. Suatu hari, kamu memposting suatu konten. Empat pengikutmu, yakni A, B, C, dan D telah melihat konten tersebut.

A dan B hanya melihat kontenmu sebanyak satu kali. Sementara itu, kontenmu dilihat kembali oleh C sebanyak dua kali dan D sebanyak empat kali.

Dari kasus di atas, dapat diketahui bahwa jumlah reach-nya adalah 4, karena mengukur berapa banyak akun yang telah melihat kontenmu.

Nah, di sisi lain, impression yang kamu dapat adalah 8 (1+1+2+4), karena menghitung seberapa banyak kontenmu dilihat akun lain.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa reach menghitung jumlah akun, sedangkan impression mengukur jumlah tampilan atau tayangan.

Jumlah impression umumnya akan jauh lebih besar dari reach. Namun, jumlah reach tidak akan bisa lebih besar dari impression.

2. Implikasi

Metrik reach berfokus untuk mengetahui seberapa banyak jumlah individu yang terpapar konten yang telah kamu unggah.

Hal ini dapat menunjukkan seberapa luas audiens akunmu dan seberapa efektif akunmu dalam menjangkau audiens baru.

Sementara itu, impression berfokus pada frekuensi tayangan konten. Ini menunjukkan seberapa sering konten tersebut ditampilkan atau muncul di feeds, explore, dan halaman lainnya.

Contoh Kasus Reach dan Impression

Sekarang, mari kita lihat foto di atas yang menampilkan total reach dan impression dari sebuah postingan di Instagram.

Dalam foto tersebut, terlihat bahwa reach-nya adalah 5.828, yang mencakup 2.796 pengikut dan 3.032 non-pengikut. Ini berarti, sudah ada 5.828 akun atau orang yang melihat postingan tersebut.

Karena mayoritas jumlah reach adalah dari akun non-pengikut, itu berarti postingan tersebut cukup efektif dalam menjangkau akun-akun yang belum menjadi pengikut.

Sementara itu, total impression-nya adalah 8.076, yang berarti konten tersebut telah tampil atau dilihat pengguna sebanyak 8.076 kali.

Dari data tersebut, dapat terlihat bahwa ada 5.845 orang yang melihat konten tersebut dari profil langsung, 2.115 dari beranda, 93 dari yang lainnya, dan 23 dari explore.

Hal ini dapat mencerminkan behaviour target audiensmu, yang berarti mayoritas orang memeriksa profilmu secara langsung, diikuti dengan pengikut yang melihatnya dari beranda.

Kemudian, ‘from other‘ merupakan tayangan yang dihasilkan dari share di DM, saves, tags, hingga mention. Ini bisa mencerminkan banyaknya pengguna yang membagikan kontenmu.

Sementara itu, ‘explore‘ didapat dari jumlah tayangan di halaman explore. Ini dapat mencerminkan seberapa sering akunmu tampil di halaman explore akun non-pengikut.

Itu dia ulasan lengkap mengenai perbedaan reach dan impression yang penting untuk kamu ketahui, terutama bagi yang bergelut di bidang social media specialist.

Dengan memahami metrik-metrik media sosial tersebut, kamu dapat mengevaluasi seberapa efektif kontenmu dalam menjangkau audiens.

Hal ini pun bisa digunakan untuk mengukur kesuksesan kampanye pemasaran yang kamu terapkan di berbagai platform media sosial.

Anyway, jika kamu ingin membaca insight lain seputar media sosial atau strategi marketing, yuk kunjungi web Stories from BRIEFER!

Baca juga: