Ini Waktu yang Tepat untuk Mengirimkan Press Release ke Media

man working on email through his laptop

Terkadang, mengirimkan sebuah pesan pada waktu yang salah membuat pesan kita tidak sempat terbaca oleh penerima.

Hal ini juga berlaku saat kamu ingin mengirimkan press release kepada media. Tahukah kamu, kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan press release ke media?

Artikel ini akan memberikan jawaban lengkapnya untukmu. Oleh karena itu, pastikan untuk menyimaknya sampai habis, ya!

Apa itu Press Release?

Press release merupakan sebuah dokumen yang berisi tentang sebuah informasi tentang perusahaan, entah itu peluncuran produk atau acara lainnya, untuk diumumkan kepada publik.

Tujuan adanya press release adalah agar publik mengetahui semua informasi yang berkaitan dengan perusahaan, sehingga harapannya terciptalah citra yang baik di mata masyarakat.

Distribusi Press Release

Setelah ditulis, seorang praktisi public relations perlu tahu cara mempublikasikan press release agar dibaca banyak orang.

Jika perusahaanmu memiliki situs web perusahaan atau kanal media sosial, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk mempublikasikan press release-mu.

Biasanya, di website company profile, ada section yang didedikasikan khusus untuk menyebarluaskan informasi mengenai perusahaan.

Selain melalui saluran komunikasi milik perusahaan, kamu juga bisa mengirim press release kepada media yang relevan melalui email.

Baca juga: Apa yang Membuat Sebuah Press Release Menarik untuk Diterbitkan?

Waktu yang Tepat untuk Mengirimkan Press Release ke Media

Setelah membaca penjelasan sebelumnya, mungkin kamu bertanya-tanya, kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan press release ke media?

Dilansir dari Prowly, berdasarkan riset yang dilakukan, hari terbaik untuk mengirim press release kepada media adalah hari Kamis. Pasalnya, ini adalah hari di mana editor media paling sering memeriksa emailnya.

Mengapa banyak yang membuka email di hari Kamis? Diasumsikan bahwa mereka telah mengerjakan semua tugas penting di hari-hari sebelumnya. Jadi, mereka akhirnya dapat membaca semua email yang belum dibuka pada hari Kamis.

Sementara itu, hari yang paling tidak direkomendasikan untuk mengirimkan press release adalah hari Jumat.

Hal ini karena hari Jumat adalah saat sebagian besar pekerja mulai memikirkan akhir pekan, sehingga mereka cenderung menyisihkan tugas yang bukan prioritas mereka untuk hari Senin

Lebih lanjut, pada pukul berapa sebaiknya kita mengirim press release kepada media? Jawabannya adalah antara pukul 10 pagi hingga 12 siang.

Dalam rentang waktu tersebut, para editor umumnya membuka sekitar sepertiga dari seluruh email yang mereka terima.

Penting untuk diingat juga bahwa sebaiknya hindari mengirim email pada waktu seperti pukul 10.00 tepat atau 13.30.

Ini karena banyak orang lain yang akan memilih waktu-waktu tersebut untuk mengirim email, sehingga pesan darimu bisa tidak terbaca. Oleh karena itu, pilihlah waktu yang unik, misalnya pukul 10.37 pagi.

Baca juga: PR Writing: Lebih Dari Sekedar Menulis Press Release

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan press release kepada media.

Jadi, selain membuat press release dengan baik, penting juga untuk mengetahui kapan sebaiknya mengirimkannya kepada media agar lebih berkemungkinan untuk dibaca dan dibalas.

Namun, apabila kamu tidak ingin repot-repot memikirkannya, gunakan saja jasa press release berpengalaman dari BRIEFER!

Kami memiliki berbagai spesialis PR yang berpengalaman untuk membantumu merancang press release yang tepat guna.

Tak hanya itu, kami juga memiliki relasi dengan berbagai media dan portal berita terkemuka di Indonesia untuk membantu menerbitkan press release-mu.

Jika kamu tertarik dengan layanan kami, kunjungi website BRIEFER atau hubungi kami melalui email di hello@briefer.id, ya!