Cara agar program CSR bisnismu tepat sasaran

Tahukah kamu Briefee, program CSR merupakan kegiatan yang bersifat wajib dilakukan oleh perusahaan yang berbentuk PT dan implementasi ini dimulai sejak tahun 2001 lho.

CSR (Corporate Social Responsibility) memiliki pengertian, sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan dari perusahaan berbentuk PT atas kegiatan operasional perusahaan yang menimbulkan masalah seperti masalah, limbah, keamanan, polusi dan lainnya.

Manfaat CSR bagi perusahaan yaitu dapat meningkatkan citra atau reputasi perusahaan, dapat mempengaruhi persepsi masyarakat akan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, dengan adanya keterlibatan karyawan dalam kegiatan ini maka mereka akan merasa terhubung dengan kondisi sekitar sehingga terjalin ikatan dan kepuasan karyawan di perusahaan.

Agar program CSR dapat berjalan dengan sukses, diperlukan pertimbangan dalam menentukan goals yang tepat sehingga, program yang dijalankan bisa diterima masyarakat dan terwujud dengan baik.

Lalu bagimana cara menentukan goals dan strategi CSR agar tepat sasaran?

Menentukan ukuran keberhasilan program CSR

Program CSR tentu memiliki indikator kesukesan program sendiri, misalnya keterlibatan aktif dari masyarakat, peningkatan reputasi perusahaan, hingga manfaat positif yang diterima oleh masyarakat sekitar dari perusahaan

Mengetahui kebutuhan perusahaan dan stakeholders

Agar CSR dapat berjalan dengan baik, dibutuhkan alasan kuat dan relevan mengapa harus menjalankan program tersebut. Hal ini bisa didapat dengan riset, memahami apa yang dibutuhkan oleh para stakeholders, tujuan perusahaan serta para pimpinan

Mengkomunikasikan program CSR secara transparan

Komunikasi yang jelas dan transparan menjadi kunci keberhasilan sebuah program. Maka dari itu, bangun koordinasi dengan para stakeholders dan pimpinan perusahaan untuk menumbuhkan antusiasme dan keterlibatan dari semua pihak. 

Itu dia Briefee, beberapa hal penting yang harus kamu ketahui mengenai cara menentukan goals dan strategi CSR agar tepat sasaran.  

Butuh PR specialist untuk program CSR mu? Yuk kenalan dengan platform BRIEFER!

Platform BRIEFER merupakan platform bagi klien untuk dapat menemukan spesialis komunikasi yang sesuai dengan keahlian dan pengalaman yang dibutuhkan. Selain itu, bagi spesialis, BRIEFER menyediakan platform untuk berkarya dengan standar yang terukur berdasarkan keahlian serta pengalaman masing-masing.  

Semoga artikel ini bermanfaat dan kunjungi terus stories.briefer.id untuk artikel bermanfaat lainnya.