Hustle Culture: Hidup Seimbang Itu Susah Banget?

close up shot of scrabble tiles

Bekerja setiap hari dapat menjadi rutinitas yang monoton dan menghasilkan perasaan jenuh dan burnout. Makanya, kita memerlukan rutinitas yang menyenangkan dan seimbang. 

Lalu, gimana ya caranya memulai sebuah rutinitas yang seimbang dan menyenangkan? Let’s get started!

  1. Putting priorities on priorities

Untuk dapat memulai sebuah rutinitas baru, tentunya kamu terlebih dahulu harus menentukan apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam rutinitasmu. Pikirkan hal apa saja yang perlu diprioritaskan dalam rutinitas kamu. Apakah lebih banyak waktu olahraga atau aktivitas yang menyangkut hobi? Dengan memilah kegiatan dan aktivitas sesuai tingkat prioritas, kamu dapat mudah membuat rencana rutinitas untuk tiap harinya. 

Setting your priorities straight is a must!

  1. Buatlah rutinitas yang fun!

Agar dapat menciptakan keseharian yang tidak monoton dan terhindar dari rasa jenuh, kamu harus menyelipkan beberapa hal “penambah” yang menyenangkan dalam rutinitasmu. Misalnya, buat playlist untuk merapikan kamar, berolahraga dengan teman-teman, atau menyempatkan melakukan kegiatan yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Menambahkan unsur “fun” dalam runtutan aktivitas dapat memacu semangat untuk melakukan rutinitas. Selain itu, kamu juga dapat menghindari siklus yang membosankan. 

Don’t be afraid to start something new to bring all the fun!

  1. Make a “To Do List”

Kebayang ga sih rasanya memulai rutinitas yang baru dan harus adaptasi secara cepat? Biar kamu ga kesusahan dalam melakukan rutinitas baru itu, to do list bisa mempermudah kamu untuk memulai rutinitas baru itu. Membuat to do list juga dapat membantu kamu untuk tetap ingat untuk melakukan aktivitas yang sudah direncanakan. Terlebih lagi, kamu bisa menjadi lebih disiplin dalam melakukan rutinitas yang sudah dibuat. To do list dapat kamu buat seperti diary ataupun runtutan aktivitas yang akan dilakukan. 

Stay in the loop with a to do list!

  1. Don’t forget to reward yourself!

Setelah kamu berhasil melakukan rutinitas baru dengan konsisten, ada baiknya untuk memberikan reward kepada dirimu sendiri. Reward ini pun dapat berbentuk sederhana, misalnya jika rutinitas yang dilakukan adalah berolahraga setiap pagi, kamu dapat membeli baju olahraga baru untuk mendukung rutinitas tersebut. Reward bertujuan untuk memberikan suatu motivasi tambahan dalam mengerjakan aktivitas di rutinitas kamu. Maka dari itu, pemberian reward kepada dirimu sendiri merupakan hal yang penting!

Reward yourself because you deserved it!

Setelah membaca empat hal tadi, kamu pasti bisa memulai rutinitas baru yang fun

Briefee jadi tahu kan cara memulai rutinitas baru yang bisa bikin selalu enjoy dalam menjalaninya. 

So, are you ready to start your new routine?