Sering tergiur trik pemasaran ini di toko?

Saat berbelanja, mungkin beberapa dari kamu pernah melihat penjual mencoret harga asli dan menuliskan harga baru di atasnya seakan-akan produk yang ditampilkan telah turun harga. Tahukah kamu Briefee, strategi tersebut dikenal dengan nama strategi Anchoring Effect (efek penahan)?

Apa sih Anchoring Effect itu?

Anchoring effect merupakan psikologi marketing yang mengimplemetasikan acuan penetapan harga untuk mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan. Penjual dengan sengaja menetapkan harga yang tinggi seolah-olah itu merupakan harga yang sebenarnya, lalu diberi diskon supaya harga barang terlihat lebih murah.

Trik ini dilakukan untuk mempengaruhi persepsi pembeli terhadap produk yang dijual sehingga pembeli melihat bahwa harga yang terpampang lebih murah berkat diskon besar. Makanya, produk yang hanya sekedar menggunakan harga normal sudah tidak menarik persepsi pembeli dibandingan produk anchoring effect.

Anchoring effect dianggap menguntungkan karena merupakan cara termudah untuk menarik dan meningkatkan pembelian. Apakah kamu salah satu yang sering terkena trik ini Briefee? Apakah kamu akan menggunakan strategi ini untuk bisnismu? Boleh yuk komen di bawah!

Semoga artikel ini bermanfaat ya dan jangan lupa untuk terus kunjungi stories.briefer.id untuk berbagai artikel lainnya.

Good luck and keep going! “Marketing is a contest for people’s attention.”  

Seth Godin