Apa itu Voice Over Talent? – Tugas, Skill, dan Gaji

woman broadcasting radio while smiling

Pernahkah kamu mendengar sebuah jingle dari pengeras suara saat mengunjungi sebuah toko retail MR.DIY? Jika pernah, jingle tersebut dinyanyikan oleh seorang voice over (VO) talent atau artist.

Profesi ini merupakan salah satu bidang karier yang banyak dicari oleh berbagai industri, mulai dari produksi film, animasi, hingga periklanan.

Jika kamu tertarik mendalami profesi voice over talent, yuk simak apa saja tugas, skill yang harus dimiliki, dan besaran gajinya di artikel berikut ini!

Apa itu Voice Over Talent?

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai VO talent, ada baiknya kamu memahami lebih dulu pengertian dari voice over.

Voice over adalah teknik produksi suara yang direkam untuk kemudian digunakan sebagai narasi atau dialog dalam produksi media, seperti film, iklan, video game, jingle, hingga animasi.

Jika kamu pernah naik kereta api dan mendengar pengumuman mengenai pemberhentian di stasiun, itu juga disebut dengan voice over,

Nah, voice over talent adalah sang pengisi suaranya. Suara mereka nantinya akan diberikan kepada karakter tertentu, entah untuk memberikan informasi, dialog, hingga nyanyian.

Seorang VO talent harus memiliki kemampuan vokal yang baik, mencakup mengontrol suara, menghadirkan emosi yang tepat, serta mengubah intonasi sesuai situasi atau karakter yang dipresentasikan.

Tugas Voice Over Talent

Apa saja tugas yang dilakukan oleh seorang VO talent? Berikut penjelasannya.

1. Membaca Naskah

Tugas utama seorang VO talent adalah membaca naskah yang diberikan dengan jelas dan ekspresif untuk kemudian direkam.

Dalam hal ini, kemampuan untuk dapat mengartikan naskah dan menyampaiannya dalam bentuk suara secara tepat sangatlah dibutuhkan.

2. Memberikan Suara

Eits, jangan salah, meskipun terlihat sepele, seorang VO talent harus bisa memberikan suara sesuai dengan situasi dan karakter yang akan dipresentasikan.

Misalnya saja, seorang VO talent harus mengisi suara untuk karakter kartun Spongebob. Maka, sepanjang film, pengisi suara tersebut harus bisa memberikan suara yang konsisten dan emosi yang tepat.

3. Mengontrol Vokal

Seperti yang telah disebutkan, seorang voice over talent harus dapat memberikan suara yang khas dengan emosi yang tepat.

Oleh karena itu, mereka harus mampu mengendalikan pitch, volume, intonasi, dan kecepatan bicara untuk menyesuaikan dengan karakter atau situasi yang diinginkan.

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Voice Over Talent

Apabila kamu tertarik menjadi seorang VO talent, terdapat sejumlah keterampilan yang harus kamu kuasai, di antaranya:

  • Mampu mengendalikan vokal dengan baik, seperti kualitas suara, volume, pitch, dan intonasi
  • Mampu mengucapkan kata-kata dengan jelas dan tepat
  • Mampu menyalurkan emosi yang sesuai melalui suara
  • Mampu menyesuaikan gaya bicara untuk berbagai karakter atau situasi yang berbeda
  • Mampu memahami dan mengartikan naskah dengan baik

Gaji Seorang Voice Over Talent

Dilansir dari berbagai sumber, untuk seorang VO talent pemula, rata-rata gaji yang akan diperoleh adalah kurang lebih Rp100 ribu per menit.

Sementara itu, untuk voice over talent yang telah memiliki pengalaman mumpuni, rata-rata gaji yang akan diperoleh bisa mencapai Rp1 juta-Rp1,5 juta per menitnya.

Perlu dicatat bahwa angka tersebut tidak bisa digeneralisasi. Ada juga beberapa perusahaan yang akan membayar bukan berdasarkan menit, melainkan per kata.

Selain itu, gaji tersebut tentunya disesuaikan juga dengan kerumitan naskah yang harus dibaca. Semakin rumit yang harus dibaca, tentu bayaran pun akan semakin tinggi.

Cara Menjadi Voice Over Talent untuk Pemula

Bisa dibilang, voice over talent mempunyai durasi kerja yang cukup singkat dan fleksibel. Oleh karena itu, profesi ini dapat menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan, bahkan jika hanya dijadikan side job saja.

Berikut beberapa tips menjadi seorang voice over talent:

1. Kenali Karakter Suara

Tahukah kamu, ada empat karakter suara yang dimiliki setiap orang. Untuk laki-laki, nada tinggi disebut dengan tenor, sementara nada rendah dinamakan bass.

Lain halnya untuk perempuan, nada tinggi dapat disebut juga dengan sopran, sementara nada rendahnya dinamakan alto. Nah, dari sini, coba kenali karakter suaramu, termasuk ke nada tinggi atau rendah?

Kemudian, kamu bisa mulai memperhatikan juga, mana karakter usia yang menurutmu paling kamu kuasai? Apakah suara anak, atau orang dewasa?

Jika sudah mengenali keduanya, kamu pun bisa mulai memfokuskan diri untuk mengembangkan karakter suara yang lebih sesuai denganmu.

2. Perhatikan Artikulasi Suara

Dapat menyampaikan pesan dengan jelas dan sesuai adalah salah satu skill yang wajib dimiliki VO talent. Untuk itu, coba perhatikan tempo dan intonasi suaramu.

Tempo dan intonasi yang tepat akan menghasilkan artikulasi yang jelas. Ini memungkinkanmu untuk dapat menyampaikan pesan agar lebih dimengerti pendengar.

3. Pahami Naskah

Ketika akan mengisi suara, setiap voice over talent tentunya akan diberi berbagai macam peran yang perlu dimainkan, entah itu menjadi pengisi suara jingle toko, pengumuman di transportasi umum, dan lain-lain.

Oleh karena itu, pastikan kamu mampu mambaca dan memahami naskah yang kamu terima. Sebelum merekam, latihanlah berkali-kali sampai dirasa sesuai dengan keinginan.

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai apa itu voice over talent, mencakup tugas, skill yang dibutuhkan, hingga tips bagi kamu yang ingin terjun ke dalam profesi tersebut.

Pada intinya, menjadi seorang voice over talent tidaklah sulit. Namun, profesi ini memerlukan latihan yang dedikasi dan kerja keras untuk mengembangkan keterampilan vokal.

Baca juga: