10 Skill yang Harus Dimiliki Jurnalis di Era Digital, Yuk Ketahui!

Salah satu skill yang harus dimiliki jurnalis adalah wawancara

Agar tetap relevan dengan audiens, terdapat beberapa skill yang harus dimiliki jurnalis di era digital, mulai dari kemampuan menulis, storytelling, hingga mobile journalism.

Pasalnya, di era digital ini, perubahan dan perkembangan terjadi dengan sangat cepat, sehingga jurnalis harus bisa lebih adaptif dalam menyikapinya.

Nah, artikel ini akan menjelaskan kemampuan apa yang harus dimiliki seorang jurnalis di era digital. Jadi, yuk simak sampai habis!

10 Kemampuan yang Harus Dimiliki Jurnalis

Berikut adalah beberapa kemampuan yang harus dimiliki jurnalis di era digital:

1. Menulis

Seorang jurnalis perlu memiliki kemampuan menulis berita, baik untuk media cetak maupun digital. Hal ini karena tugas sehari-hari jurnalis adalah menulis berita mengenai apa yang sedang hangat terjadi.

Kemampuan menulis ini mencakup pemahaman akan peraturan menulis yang harus berpedoman pada PUEBI dan KBBI.

Selain itu, jurnalis di era digital sekarang ini juga harus mampu menulis dengan cepat. Kemampuan menulis cepat seorang jurnalis berkaitan dengan tingginya kompetisi di antara media-media berita di masa digital.

Pasalnya, untuk mengejar traffic yang tinggi, berbagai media harus berkompetisi untuk merilis berita lebih cepat daripada pesaingnya.

2. Komunikasi

Skill yang harus dimiliki jurnalis selanjutnya adalah kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Hal ini karena tugas jurnalis sangat erat kaitannya dengan melakukan wawancara bersama narasumber berita yang akan ditulis.

Oleh karena itu, para jurnalis harus menguasai kemampuan untuk menjalin komunikasi agar wawancara dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kesalahpahaman yang mengganggu proses produksi berita.

3. Fotografi

Fotografi juga merupakan salah satu skill yang harus dimiliki jurnalis, terutama di era digital ini. Sebab, dalam memberitakan sebuah informasi, terdapat elemen foto yang dapat membantu memberikan gambaran tentang suatu kejadian kepada audiens.

Untuk menguasai kemampuan jurnalis yang satu ini, hal penting yang harus diperhatikan adalah adanya story telling atau cerita dari hasil foto yang diambil.

Selain itu, foto yang diambil juga harus mematuhi beberapa etika dan prinsip, seperti keakuratan, komprehensif, terhindar dari bias dan stereotip, serta memperlakukan subjek dengan hormat.

Baca juga: 9 Elemen Jurnalisme Menurut Bill Kovach, Ini Contohnya!

4. Mobile Journalism

Di manakah kamu biasanya membaca berita? Apakah melalui ponsel atau laptop? Sebagian besar pengguna sekarang ini pastinya lebih banyak mengakses berita melalui ponsel.

Nah, karena alasan tersebutlah mobile journalism merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki jurnalis di era digital.

Kemampuan ini mencakup mengedit video dan audio untuk bahan pemberitaan, menentukan media yang cocok untuk menyampaikan berita, serta membangun interaksi dengan audiens melalui berbagai platform media sosial.

5. Storytelling

Skill yang harus dimiliki jurnalis selanjutnya adalah storytelling atau kemampuan bercerita. Berkenaan dengan ini, penting untuk memahami audiens yang akan menerima informasi yang disampaikan.

Misalnya, jika targetnya adalah mahasiswa, maka tulislah sebuah berita dengan bahasa dan isu yang akan relate dengan mahasiswa. Ini tentu akan berbeda dengan cara penulisan berita yang ditunjukkan untuk para pengusaha berusia 30 tahun ke atas.

Dengan memiliki kemampuan bercerita, tulisan yang dibuat akan dapat tersampaikan dengan baik, serta lebih efektif dalam mempengaruhi audiens.

6. Investigasi

Kemampuan yang harus dimiliki jurnalis selanjutnya adalah investigasi. Biasanya, kemampuan ini akan berguna saat jurnalis akan melaporkan kasus kriminal.

Selain itu, jurnalisme investigasi juga biasanya dilakukan untuk kasus dengan skala yang cenderung luas atau sistematis

Namun, perlu diperhatikan bahwa investigasi yang dilakukan jurnalis tentunya akan berbeda dengan investigasi oleh polisi.

Sebab, jurnalis memiliki batasan dan kewenangan yang lebih sempit dari polisi. Jika polisi bisa menyita dokumen atau menangkap seseorang, maka jurnalis tidak.

Dengan demikian, investigasi yang dilakukan jurnalis mencakup melakukan penyamaran, uji laboratorium, dan lain sebagainya.

7. Riset

Data merupakan elemen yang sangat penting dalam produk jurnalisme. Sebab, segala hal yang disampaikan haruslah memiliki data atau sumber yang akurat.

Tak hanya itu, kehadiran data juga dapat membuat jurnalis menginformasikan berita dengan lebih komprehensif dan menarik.

Oleh karena itu, riset data merupakan salah satu skill yang harus dimiliki jurnalis, terutama ketika akan menganalisis suatu peristiwa atau kasus yang membutuhkan pemahaman mendalam.

Baca juga: Istilah-Istilah yang Perusahaan Perlu Tahu Sebelum Wawancara Dengan Jurnalis

8. Manajemen Waktu

Skill yang harus dimiliki jurnalis yang satu ini penting untuk dimiliki. Pasalnya, seorang jurnalis biasanya akan diberi target untuk menulis beberapa berita per harinya.

Dalam memproduksi berita, tentu akan makin bagus jika konten yang disampaikan komprehensif. Nah, konten yang komprehensif dan akurat membutuhkan waktu yang lebih lama dalam membuatnya.

Apalagi, jika berita yang ditulis melibatkan atau mengharuskan beberapa narasumber untuk diwawancarai, maka waktu yang dibutuhkan pun akan lebih lama lagi.

Oleh karena itu, seorang jurnalis harus pandai dalam membagi waktunya agar dapat mengerjakan tugas sesuai dengan target.

9. Memiliki Wawasan yang Luas

Di era digital ini, seorang jurnalis harus mampu memproduksi berita yang up-to-date dan mengikuti berkembangan zaman.

Nah, karena berita yang sedang tren mencakup berbagai isu, maka seorang jurnalis harus mempunyai wawasan yang luas di berbagai bidang.

Dengan menguasai kemampuan jurnalis yang satu ini, maka informasi atau berita yang disampaikan pun akan lebih sesuai dan menarik bagi pembaca.

10. Cepat Beradaptasi

Skill yang harus dimiliki jurnalis yang terakhir adalah cepat beradaptasi akan adanya perubahan dan perkembangan zaman.

Sebab, di era digital ini, akan ada perubahan tren yang cepat dan susah dikendalikan, apalagi dengan adanya kehadiran media sosial.

Dengan demikian, jurnalis harus bisa lebih inovatif, kreatif, serta produktif untuk memproduksi informasi secara kredibel dan akurat.

Baca juga: Langkah Transisi Karir dari Jurnalis ke PR

Itulah dia ulasan lengkap mengenai skill yang harus dimiliki seorang jurnalis di era digital, mulai dari menulis, storytelling, hingga mobile journalism.

Jadi, jika kamu bercita-cita untuk menjadi seorang jurnalis, pastikan untuk menguasai berbagai kemampuan di atas sejak dini, ya!

Apabila kamu ingin mebaca insight lain seputar Ilmu Komunikasi, yuk kunjungi website Stories from BRIEFER dan nantikan update artikel lainnya!