Apa itu News Anchor? Ini Tugas, Gaji, dan Skill Wajibnya!

News anchor in studio with two participants answering questions or solving puzzles and host

Saat melihat berita melalui televisi, pasti akan ada seseorang yang akan membawakan atau membacakan berita. Nah, inilah yang disebut dengan news anchor.

Profesi ini merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diimpikan orang-orang, terutama bagi penggiat di bidang komunikasi.

Lantas, apa saja tugas dan berapa gajinya? Lalu, keterampilan apa saja yang harus dikuasai? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak artikel ini sampai habis!

Apa itu News Anchor?

Jika kamu pernah melihat program berita di televisi, maka sudah pasti kamu pernah menyaksikan seorang news anchor menjalankan tugasnya.

News anchor sendiri dalam bahasa Indonesia adalah pembawa berita. Jadi, news anchor adalah seorang penyiar yang bertugas sebagai presenter utama di sebuah program berita di televisi atau radio.

Mereka juga dapat dikatakan sebagai wajah dari sebuah program berita, karena merekalah yang akan terlihat saat sebuah siaran berita sedang berlangsung.

Selain membawakan berita kepada pemirsa, pekerjaan ini sehari-harinya juga perlu bekerja sama dengan produser, penulis teks berita, dan tim teknis untuk memastikan sebuah berita tersampaikan dengan baik dan disajikan secara efektif.

Tugas News Anchor

Terdapat beberapa tugas umum seorang pembawa berita, antara lain yaitu:

1. Membawakan Berita

Sesuai namanya, tugas utama seorang news anchor adalah membawa atau mempresentasikan berita kepada penonton dengan intonasi yang jelas dan menarik.

Menyampaikan berita dengan jelas dan menarik merupakan aspek yang penting agar pemirsa bisa memahami informasi yang disampaikan dengan baik.

Selain itu, pembawa berita juga harus memastikan bahwa informasi yang akan disampaikan kepada pemirsa sudah pasti akurat dan diverifikasi kebenarannya.

2. Mewawancarai Narasumber

Selain menyampaikan berita berdasarkan naskah yang ditulis, terkadang pembawa berita juga bisa mewawancarai narasumber, seperti seorang ahli atau individu yang berkaitan dengan berita.

Wawancara tersebut bisa mendatangkan seorang ahli secara langsung atau juga secara jarak jauh, misalnya melalui video call.

Dalam hal ini, pembawa berita bertugas menyiapkan pertanyaan yang ingin ditanyakan para narasumber, memandu percakapan agar berjalan dengan lancar, serta memperoleh informasi penting.

Baca juga: Apa itu Iklan Advertorial? Ini Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contohnya!

3. Menulis dan Menyunting Naskah Berita

Biasanya, informasi yang disampaikan pembawa berita sudah disiapkan naskahnya oleh tim penulis naskah.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan pembawa berita juga terlibat dalam penulisan dan penyuntingan naskah berita.

Dalam hal ini, pembawa berita memastikan bahwa konten yang akan disampaikan kepada pemirsa ditulis secara ringkas, informatif, dan sesuai standar.

4. Berinteraksi dengan Pemirsa

Sebenarnya, interaksi antara pembawa berita dengan pemirsa bersifat terbatas. Interaksi yang dimaksud di sini mencakup penyampaian berita kepada pemirsa dan sapaan saat akan memulai siaran.

Pada beberapa acara berita, news anchor mungkin juga akan menjawab pertanyaan dari pemirsa yang dikirimkan melalui telepon atau media sosial. Pertanyaan tersebut bisa dijawab secara langsung atau doarahkan pada ahli yang lebih kompeten.

5. Berkolaborasi dengan Tim Produksi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pembawa berita juga bekerja sama dengan tim produksi, mencakup penulis naskah dan tim teknis.

Kolaborasi ini bertujuan agar acara yang akan dibawakan berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Mereka biasanya akan bekerja sama dalam merencanakan segmen berita dan mendiskusikan angle berita.

Gaji News Anchor

Dilansir dari Kelas Work, gaji news anchor bisa menyentuh angka Rp3,4 juta-Rp5 juta. Akan tetapi, jumlah tersebut juga bergantung pada jabatan dan UMR kota tempat bekerja.

Sumber lain mengatakan bahwa gaji seorang pembawa berita bisa mencapai Rp10 juta hingga Rp18 juta perbulannya.

Baca juga: 9 Elemen Jurnalisme menurut Bill Kovach, Ini Contohnya!

Skill yang Dibutuhkan News Anchor

Jika kamu tertarik untuk berkecimpung di dunia pembawa berita, ada beberapa keterampilan yang perlu dikuasai, di antaranya yaitu:

1. Berkomunikasi secara Efektif

Komunikasi merupakan skill utama yang harus dimiliki seorang news anchor. Sebab, mereka harus bisa menyampaikan informasi secara jelas dan lancar agar pemirsa dapat memahaminya dengan baik.

Selain itu, pembawa berita juga harus mampu mengendalikan intonasi dan artikulasi suara untuk menekankan poin-poin penting dalam berita.

Tak hanya itu, skill ini juga mencakup mendengarkan lawan bicara saat sedang berinteraksi, serta menanggapinya secara tepat.

2. Kepercayaan Diri

Seorang pembawa berita juga perlu memiliki kepercayaan diri saat harus tampil dalam waktu yang lama di depan kamera dan pemirsa.

Mereka harus bisa tetap tenang dan profesional dalam menghadapi situasi tak terduga yang membutuhkan reaksi cepat.

Selain itu, karena news anchor adalah “wajah” dari suatu program berita, mereka juga harus mampu tampil di depan umum dengan profesional dan berwibawa.

3. Decision Making

Saat siaran berlangsung, adanya perubahan yang tiba-tiba terjadi menuntut seorang pembawa berita harus bisa memutuskan sesuatu dengan tepat dan cepat.

Misal, bisa saja ada breaking news terbaru yang diberikan produser, sehingga pembawa berita pun harus cepat memproses dan menganalisis materi.

4. Menguasai Alat-Alat Studio

Dalam kesehariannya, seorang pembawa berita harus bekerja di dalam studio yang memerlukan keterampilan dalam menguasai alat-alat tertentu, seperti kamera dan teleprompter.

Jika dapat menguasai alat-alat tersebut dengan baik, maka mereka akan lebih lancar dalam menjalankan tugasnya sebagai pembawa berita.

Baca juga: 10 Macam Teori Efek Media Massa, Sebenarnya Baik atau Buruk?

Demikianlah penjelasan lengkap tentang news anchor, mencakup tugas, gaji, dan keterampilan apa saja yang perlu dikuasai.

Menjadi seorang pembawa berita memang terlihat menyenangkan. Akan tetapi, diperlukan kepercayaan diri yang tinggi dan keterampilan dalam menguasai panggung.

Jadi, jika kamu ingin menjadi seorang pembawa berita, pastikan untuk menguasai beberapa skill yang telah disebutkan di atas, ya!

Nah, jika kamu tertarik untuk membaca insight lain seputar dunia Komunikasi, yuk nantikan terus update artikel di website Stories from BRIEFER!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *