Menerapkan Strategi Pemasaran 4P untuk Bisnis Kamu!

Dalam suatu bisnis, pemasaran memiliki dampak langsung pada kesuksesan dan pertumbuhan perusahaan. Pemasaran adalah alat yang sangat penting untuk menghubungkan bisnis dengan pelanggan, memahami pasar, dan mencapai tujuan bisnis. Tanpa strategi pemasaran yang baik, bisnis mungkin kesulitan untuk bertahan dan tumbuh di lingkungan bisnis yang kompetitif.

Mengenal Strategi Pemasaran 4P

Strategi 4P adalah kerangka kerja pemasaran dasar yang mencakup empat elemen kunci yang harus dipertimbangkan dalam upaya pemasaran produk atau layanan. Elemen 4P meliputi:

  • Product (Produk)

Sebagai pelaku usaha, produk atau jasa yang dibuat harus dapat diterima oleh masyarakat. Produk atau layanan apa yang bisa ditawarkan kepada pelanggan. Untuk itu, perlu untuk memahami karakteristik produk, kualitasnya, fitur-fiturnya, dan cara produk tersebut memenuhi kebutuhan pelanggan. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas produk adalah dengan meminta kritik dan saran konsumen dan jadikan sebagai bahan pertimbangan. Kualitas produk atau jasa yang baik tentu saja akan memberikan kepuasan yang tinggi dari konsumen.

  • Price (Harga)

Umumnya, konsumen akan menjadikan harga sebagai patokan untuk membandingkan dengan kompetitor sehingga penting untuk menentukan harga yang baik. Menentukan harga yang pas dapat dibantu dengan melihat harga pasar atau dengan menghitung Harga Pokok Penjualan dan profit yang diinginkan. 

  • Place (Tempat)

Tempat merupakan salah satu faktor krusial dalam bisnis. Lokasi strategis (lokasi yang dilalui oleh banyak orang) akan membantu bisnis berkembang dengan cepat. Calon konsumen dan konsumen akan mudah untuk menemukan tempat berjualan kamu. Namun, strategi saja tidak cukup, perlu ada kata tempat yang pas atau tepat. Misalnya, kamu berencana untuk berjualan Misalnya kamu menjual peralatan muslim, maka berjualan lah di daerah masyarakat yang beragama Islam. Jika berjualan di kawasan non-muslim tentu penjualan tidak akan sebanyak saat kamu menjual di daerah dekat masjid-masjid besar. Untuk itu, memilih tempat yang baik perlu diperhatikan.

  • Promotion (Promosi)

Promosi adalah tentang bagaimana kamu dapat mempromosikan produk kamu kepada target pelanggan, mencakup strategi periklanan, pemasaran digital, promosi penjualan, dan upaya lainnya untuk meningkatkan kesadaran dan minat pelanggan terhadap produk kamu. Dengan strategi promosi yang baik, akan berdampak signifikan pada peningkatan penjualan. 

Contoh Penerapan Strategi Pemasaran 4P

Product KFC 

Sebagai bisnis F&B, KFC memiliki produk yang sebagian besar terdiri dari makanan dan minuman, seperti:

  • Hamburger dan sandwich
  • Ayam goreng
  • Kentang goreng
  • Soft Drink
  • Ice cream

Places

Restoran dalah tempat bagi KFC menghasilkan sebagian besar pendapatan penjualannya. Strategi pemasaran 4P (Places) untuk McDonald’s adalah:

  • Restoran yang terletak di tempat strategis
  • Mobile App

Price

Dalam strategi pemasaran 4P KFC, bisa dilihat bahwa harga paket dan harga psikologis (harga yang tidak dibulatkan) menjadi pendorong pelanggan membeli lebih banyak produk.

Dalam strategi harga paket, KFC menawarkan makanan dan paket produk lainnya dengan harga yang didiskon, dibandingkan dengan membeli setiap item secara terpisah.

  • Strategi harga paket lebih murah dari satuan
  • Strategi harga psikologis, mencantumkan harga Rp 49,900 dibandingkan  Rp 50,000

Promotion

Beberapa strategi promosi yang dilakukan oleh McDonald’s adalah:

  • Iklan
  • Promosi penjualan

Strategi 4P ini membantu bisnis merencanakan dengan lebih baik dan mengoptimalkan upaya pemasaran. Sesuaikan kondisi lokasi, target promosi, daya beli konsumen, hingga produk kamu dengan dengan tujuan bisnis dan kebutuhan pasar kamu. Jangan memaksakan untuk menurunkan atau menaikkan standar hanya demi mengikuti bisnis lain yang sudah lebih dulu hype.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *