5 Perbedaan Seminar dan Webinar, Jangan Sampai Keliru!

holding a webinar online

Pernahkah kamu hadir ke sebuah seminar atau webinar, entah itu dalam bidang akademik, bisnis, keuangan, maupun topik lainnya? Lantas, pernahkah kamu bertanya-tanya, apa perbedaan seminar dan webinar?

Sebenarnya, perbedaan keduanya tidaklah begitu banyak. Akan tetapi, kamu perlu mengetahuinya agar tidak salah sebut.

Nah, artikel ini akan mengupas tuntas mengenai perbedaan webinar dan seminar yang perlu kamu ketahui, yuk simak sampai habis!

Perbedaan Seminar dan Webinar

Berikut penjelasannya.

1. Pengertiannya

Jika dilihat dari pengertiannya, seminar dan webinar sebenarnya memiliki arti yang mirip, tetapi terdapat perbedaan yang cukup menonjol.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), seminar didefinisikan sebagai pertemuan atau persidangan yang diadakan dengan tujuan membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli.

‘Ahli’ yang dimaksud di atas bisa berupa seorang guru besar, pakar keilmuan, dan lain sebagainya yang sekiranya menguasai topik seminar.

Sementara itu, menurut ahli bahasa Ivan Lanin, ‘webinar’ dalam bahasa Inggris adalah gabungan dari ‘web’ dan ‘seminar’. Dalam bahasa Indonesia, kata ini juga dipadankan dengan seminar web.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa webinar dan seminar sebenarnya merupakan acara dengan konsep yang serupa. Akan tetapi, perbedaannya ada di kata ‘web’. Apakah itu maksudnya?

2. Lokasi atau Tempat Dilaksanakannya

Menjawab pertanyaan sebelumnya, perbedaan seminar dan webinar yang paling utama adalah tempat penyelenggaraannya.

Seminar merupakan acara yang diadakan di tempat fisik, seperti ruang konferensi, hotel, aula, dan lain sebagainya. Dengan demikian, peserta juga harus hadir secara langsung.

Sementara itu, webinar, yang merupakan seminar web, adalah acara yang diselenggarakan secara online dengan bantuan software layanan konferensi video.

Adanya webinar atau seminar yang diadakan secara online memungkinkan peserta untuk bisa mengikuti acara dari mana pun hanya dengan koneksi internet.

3. Teknologi dan Platform

Perbedaan webinar dan seminar selanjutnya terletak pada penggunaan teknologi atau platform pendukung acara.

Karena diadakan secara offline, maka seminar umumnya membutuhkan mikrofon, proyektor, sound system, dan tempat duduk untuk peserta.

Sementara itu, karena diadakan secara online, pengadaan webinar hanya membutuhkan platform layanan konferensi video, seperti Zoom atau Google Meet, kamera, dan mikrofon mini atau earphone jika diperlukan.

4. Biaya

Biaya, baik dari sisi peserta maupun penyelenggara acara, tentunya juga merupakan salah satu perbedaan seminar dan webinar.

Dalam seminar, peserta biasanya perlu membayar biaya pendaftaran. Tak hanya itu, peserta juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk transportasi dan akomodasi.

Dari sisi penyelenggara acara, biaya yang dikeluarkan juga bervariasi. Adapun biaya tersebut untuk keperluan sewa venue dan sound system, konsumsi serta fee pembicara dan panitia, hingga souvenir kepada peserta.

Nah, berbeda dengan seminar, biaya yang perlu dikeluarkan jauh lebih sedikit. Biasanya, webinar hanya memerlukan biaya untuk penggunaan software, serta fee pembicara dan panitia.

Berbeda dengan seminar yang biasanya peserta akan diberikan souvenir, peserta webinar umumnya hanya akan mendapat sertifikat digital.

5. Fleksibilitas

Perbedaan seminar dan webinar yang terakhir terletak dari segi fleksibilitas. Dapat dikatakan bahwa peserta lebih cenderung suka hadir di webinar dibandingkan seminar karena alasan ini.

Yup, penyelenggaraannya yang bersifat fisik membuat seminar memerlukan waktu yang lebih terjadwal. Tak hanya itu, dalam hal lokasi, seminar juga tidak bisa fleksibel.

Di sisi lain, webinar dapat diadakan secara fleksibel, baik dalam aspek waktu maupun tempatnya, karena peserta dapat hadir dari mana pun.

Demikianlah artikel yang membahas tentang perbedaan webinar dan seminar. Pada intinya, perbedaan utama terletak pada di mana acara tersebut diadakan.

Seiring berkembangnya teknologi, apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu, tak pelak jika eksistensi webinar semakin menjamur.

Apalagi, webinar menawarkan berbagai kelebihan dari segi fleksibilitas, sehingga seminar jenis ini lebih banyak dipilih orang-orang.

Nah, apabila kamu ingin mengadakan webinar tetapi bingung apa yang perlu dipersiapkan, jangan khawatir, BRIEFER bisa menjadi solusi yang tepat untukmu!

BRIEFER menyediakan jasa virtual event organizer yang bisa membantumu untuk menyelenggarakan acara online dengan sukses.

Virtual event yang dimaksud di sini bisa beragam, mencakup webinar, konferensi, pameran, launching produk, workshop, bahkan konser online!

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera konsultasikan kebutuhanmu kepada BRIEFER dengan mengirim email ke hello@briefer.id sekarang juga!

Baca juga: