Fotografi Jurnalistik: Pengertian, Jenis, Etika, dan Contohnya

fotografi jurnalistik

Pernahkah kamu melihat sebuah foto yang ditampilkan sebagai header berita online? Jika pernah, itu merupakan salah satu contoh fotografi jurnalistik.

Jenis foto yang satu ini berguna sebagai pelengkap sebuah berita untuk memperjelas isi peristiwa dan membuat pembaca lebih tertarik membacanya.

Untuk lebih jelasnya tentang apa itu fotografi jurnalistik, yuk simak artikel berikut sampai habis!

Apa itu Fotografi Jurnalistik?

Sesuai namanya, fotografi jurnalistik adalah sebuah foto yang berfokus untuk menyampaikan sebuah cerita atau peristiwa.

Namun, tak hanya berupa gambar, foto jurnalistik juga harus ditambahkan dengan teks atau keterangan pelengkap yang dapat memperjelas maksud dari foto tersebut.

Nah, gambar dan keterangan yang disertakan tersebut harus dapat memperkuat berita yang ingin disampaikan seorang jurnalis.

Oleh karena itu, foto yang diambil untuk keperluan jurnalistik harus memiliki news value, yakni penting, menarik, aktual, faktual, dan sesuai dengan bahasan berita.

Dengan adanya kombinasi antara gambar dan tulisan, maka audiens akan semakin tertarik untuk membaca sebuah berita jurnalistik.

Etika Fotografi Jurnalistik

Dalam mengabadikan seseorang atau sebuah peristiwa, jurnalis harus mengikuti kode etik yang berlaku. Penggunaan kode etik ini penting untuk menjaga kredibilitas dan integritas seorang wartawan.

Adapun etika fotografi jurnalistik adalah sebagai berikut:

  • Foto yang diambil harus bisa merepresentasikan subjek dengan akurat, lengkap, dan komprehensif
  • Foto yang dihasilkan harus menghindari stereotip, baik individu atau kelompok, untuk mencegah adanya efek bias
  • Foto yang diambil tidak boleh dimanipulasi, dilebih-lebihkan, atau dikurang-kurangi
  • Jurnalis harus memperlakukan subjek dengan hormat tanpa adanya diskriminasi
  • Jurnalis tidak boleh terlibat atau berkontribusi dalam sebuah peristiwa yang nantinya dapat memengaruhi peristiwa itu sendiri
  • Jurnalis dilarang membayar atau pun memberikan hadiah pada narasumber dan subjek foto jurnalistik
  • Jurnalis juga dilarang menerima hadiah atau uang dari orang lain

Baca juga: 9 Elemen Jurnalisme menurut Bill Kovach, Ini Contohnya!

Jenis Fotografi Jurnalistik dan Contohnya

Umumnya, terdapat 8 jenis foto jurnalistik yang biasanya digunakan. Adapun penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut.

1. General News Photo

General news photo merupakan jenis fotografi yang berfokus pada sebuah peristiwa atau berita umum yang sedang terjadi. Tema yang umum untuk foto jurnalistik jenis ini antara lain ekonomi, politik, hingga humor.

Berikut adalah contoh fotografi jurnalistik jenis general news photo yang diabadikan wartawan Detikcom:

Hari terakhir Anies Baswedan
Contoh general news photo (Pradita Utama/Detikcom)

2. People in The News Photo

Pernahkah kamu melihat foto yang sempat viral di Twitter beberapa waktu lalu tentang penangkapan Menteri Pertanian oleh KPK ini?

KPK tahan menteri pertanian
Contoh foto jurnalistik jenis people in the news photo (Jamal Ramadhan/Kumparan)

Nah, gambar penangkapan menteri di atas merupakan salah satu contoh fotografi jurnalistik jenis people in the news photo.

Fotografi jenis ini menyoroti aktor atau tokoh-tokoh terkenal, mulai dari pejabat pemerintah, selebriti, hingga individu yang sedang menjadi highlight berita.

Tujuan utamanya adalah mendokumentasikan penampilan atau sebuah peristiwa yang melibatkan individu yang sedang diberitakan tersebut.

Misalnya, dalam foto di atas, sang jurnalis menyoroti Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang resmi ditahan oleh KPK.

3. Daily Life Photo

Berbeda dengan kedua jenis sebelumnya, daily life photo mencoba menyoroti momen sehari-hari yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Jadi, foto yang dihasilkan pun bisa mencerminkan kegiatan sehari-hari, gaya hidup, hingga budaya dari berbagai lapisan masyarakat.

Berikut ini adalah contoh daily life photo tentang kehidupan Suku Awa di Pedalaman Amazon:

Kehidupan Suku Awa di Pedalaman Amazon
Contoh daily life photo (Charlie Hamilton/NG)

4. Spot Photo

Spot foto didefinisikan juga sebagai jenis foto jurnalistik yang didapat dari sebuah peristiwa atau momen-momen spontan dan tak terduga

Karena biasanya sebuah peristiwa terjadi dalam waktu singkat, maka seorang jurnalis harus bisa menangkap dengan cepat dan tepat sebuah kejadian.

Biasanya, foto jenis ini diambil langsung di lokasi kejadian perkara, misalnya saat kebakaran, kecelakaan, perang, dan bencana alam. Berikut contohnya:

Gempa bumi di Maluku Utara
Contoh spot foto (Adwit Pramono/ANTARA FOTO)

Baca juga: 10 Skill yang Harus Dimiliki Jurnalis di Era Digital, Yuk Ketahui!

5. Portrait Photo

Portrait photo merupakan jenis fotografi jurnalistik yang menyoroti tokoh-tokoh dalam berita atau cerita yang mencerminkan karakter individu tersebut.

Meskipun sama-sama berfokus pada orang sebagai subjek utama, portrait photo dan people in the news photo memiliki perbedaan mendasar.

Jika people in the news photo menyorot peristiwa yang melibatkan individu tertentu, portrait photo lebih bertujuan untuk menonjolkan karakter, ekspresi, dan kepribadian subjek tanpa ada hubungan langsung dengan berita.

Selain itu, subyek foto dalam portrait photo juga bisa siapa saja, tidak hanya individu atau tokoh yang dikenal secara umum.

Edi Darmawan Salihin dalam dokumenter Netflix Ice Cold
Contoh portrait photo (Netflix/Ice Cold)

6. Sport Photo

Foto olahraga atau sport photo merupakan jenis fotografi jurnalistik yang berkaitan dengan olahraga. Tujuannya adalah untuk mengabadikan momen penting dalam sebuah kompetisi olahraga, seperti gol dalam pertandingan sepakbola.

Berikut ini adalah contoh fotografi jurnalistik di bidang olahraga:

Bola hasil tendangan penyerang Kroasia, Nikica Jelavic (tidak terlihat), masuk gawang Brasil setelah mengenai bek Marcelo (kanan), pada laga perdana Grup A Piala Dunia, di Arena Corinthians, Sao Paolo, Kamis (12/6/2014).
Contoh sport photo (Francois Xavier Marit/AFP)

7. Science and Technology Photo

Sesuai namanya, foto sains dan teknologi merujuk pada fotografi yang berkaitan dengan perkembangan di dunia sains dan teknologi.

Biasanya, jenis foto ini mencakup inovasi teknologi, proyek penelitian, atau riset ilmiah yang dilakukan seseorang atau sebuah lembaga.

Berikut contoh science and technology photo tentang inovasi teknologi di bidang pertanian:

Inovasi teknologi di bidang pertanian
Contoh science and technology photo (sumber: merdeka.com)

8. Art and Culture Photo

Jenis fotografi jurnalistik yang satu ini secara khusus menyoroti sebuah peristiwa atau ekspresi seni dan kebudayaan. Misalnya, ada pertunjukan seni, festival budaya, dan pameran seni.

Gambar berikut merupakan salah satu contoh foto jurnalistik yang menyoroti kesenian tari Jaipong Sunda khas Suku Baduy.

Pagelaran kesenian tari jaipong Suku Baduy
Contoh art & culture photo pagelaran kesenian tari jaipong Suku Baduy (Muhammad Bagus Khoirunas/ANTARA FOTO)

Baca juga: Jurnalisme Investigasi: Pengertian, Contoh, dan 5 Elemen Pentingnya

Itulah dia penjelasan tentang pengertian fotografi jurnalistik beserta etika, jenis, dan contohnya yang perlu kamu ketahui.

Pada intinya, fotografi jurnalistik adalah foto yang menggambarkan sebuah peristiwa atau cerita untuk melengkapi sebuah pemberitaan.

Jika kamu tertarik membaca artikel lain tentang dunia jurnalistik, pemasaran, dan ilmu komunikasi, yuk kunjungi laman web Stories from BRIEFER!