Apa yang Menjadikan Uniqlo Sebagai Top Fashion Retailer di Asia?

Semua brand tentu membutuhkan strategi agar dapat meraih kesuksesan. Tanpa adanya strategi yang tepat, brand yang dirintis akan sia-sia karena tidak terdapat pondasi untuk mempertahankannya.

Menurut Pearce dan Robinson (2013) Strategi adalah ‘rencana main’ suatu perusahaan. Strategi mencerminkan kesadaran perusahaan mengenai bagaimana, kapan dan dimana ia harus bersaing menghadapi lawan dan dengan maksud dan tujuan apa. 

Pernyataan ahli di atas menunjukkan bahwa strategi yang membuat suatu brand dapat bersaing di tengah persaingan yang ketat.

Seperti brand Uniqlo, jika kamu mendengar nama Uniqlo tentu sudah tidak asing lagi kan Briefee. Brand asal Jepang ini menjadi perusahaan fast retailing di bidang fashion terbesar di Asia tentu karena strategi bisnis yang mereka lakukan sangat tepat dan cermat.

Berdasarkan Talkwalker report 2022, Uniqlo sukses menjadi the Most Loved Brands in Southeast Asia. Di Indonesia, Uniqlo sendiri telah hadir selama 10 tahun dan baru membuka toko ke 64 di One District Puri dengan tema Neighborhood Store.

Namun strategi apa yang telah Uniqlo implementasikan hingga menjadi brand sebesar ini? Mari kita bahas Briefee simak sampai habis ya!

1. Produk dengan kualitas yang baik

Strategi yang Uniqlo terapkan yaitu pemilihan kualitas yang baik untuk produk yang mereka jual karena fokus mereka adalah kenyamanan para pelanggan sehingga mereka akan kembali.

Hal ini sejalan dengan pernyataan (Kotler, 2016) Perusahaan harus selalu meningkatkan kualitas produk atau jasanya karena peningkatan kualitas produk bisa membuat pelanggan merasa puas dengan produk atau jasa yang diberikan dan akan mempengaruhi pelanggan untuk membeli kembali produk tersebut.

Dalam memproduksi pakaian, mereka menggunakan teknologi seperti Heattech dan Airism sehingga pakaian milik brand Uniqlo terasa lebih nyaman dan berfungsi dengan baik diberbagai cuaca.

Selain itu, Uniqlo juga menawarkan beragam ukuran serta warna netral demi memenuhi kebutuhan pelanggan. Hal ini lah yang membuat Uniqlo menjadi pilihan utama ketika mencari pakaian yang berkualitas serta tidak lekang oleh tren.

Meski harga yang dibandrol untuk membeli produk Uniqlo akan sedikit mahal namun, jika dilihat dari kualitasnya dan kenyamanannya, para pelanggan tidak akan merasa dikecewakan.

2. Marketing sustainability

Selanjutnya, Uniqlo menerapkan teknik marketing keberlanjutan serta ramah lingkungan yang mana filosofi mereka  ialah LifeWear clothing and every product is designed for the long term.

Menurut Marketing Manager Uniqlo Indonesia, Lisqia Lalantika, Filosofi LifeWear juga menjadi kekuatan bagi Uniqlo karena menghadirkan pakaian bukan hanya fashion, namun juga dapat menjadikan hidup semua orang lebih baik. 

Filosofi ini mengambil pendekatan bahwa brand ini tidak hanya menekankan pada kualitas, desain, dan harga saja namun juga memenuhi definisi “pakaian yang baik” dari sudut pandang lingkungan dan masyarakat.Berkat teknik marketing ini, Uniqlo berhasil menarik para pelanggan mulai dari yang awam hingga pelanggan yang amat peduli dengan sustainability product.

3. Terus berinovasi

Uniqlo dalam mengembangkan bisnisnya selalu mencoba untuk menjadi “everything for everyone” sehingga tidak ada kata berhenti untuk berinovasi. 

Inovasi produk menurut Setiadi (2003) adalah menciptakan produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga muncul minat beli terhadap produk tersebut, yang diharapkan dapat direalisasikan melalui keputusan pembelian. 

Pernyataan di atas sejalan dengan Uniqlo yang selalu berinovasi melalui diferensiasi karena, mereka tahu penduduk serta cuaca di setiap negara berbeda.

Diferensiasi tersebut yang membuat Uniqlo terus berinovasi sesuai kebutuhan market di setiap negara. Sebagai contoh, masyarakat Indonesia yang memiliki aktivitas di luar rumah, mayoritas menggunakan transportasi umum seperti ojek online, KRL, atau membawa kendaraan motor sendiri sehingga tubuh menjadi berkeringat dan terpapar sinar UV. 

Karena Uniqlo tahu akan hal tersebut, mereka berinovasi dengan mengeluarkan jaket Airism dan berhasil menarik pelanggan Indonesia. Di Salah satu platform media sosial, banyak orang yang antusias membagikan pengalaman perjalanan mereka menggunakan transportasi umum dengan mengenakan jaket dari Uniqlo.

Mereka mengatakan bahwa jaket tersebut menjadi jaket andalan saat beraktivitas diluar ruangan. Strategi ini menjadi kunci yang sangat mempengaruhi Uniqlo dalam strategi persaingan brand yang dimilikinya.

4. Melakukan promosi yang menarik

Brand akan terkenal jika melakukan promosi yang menarik bukan? Hal ini tentu juga dilakukan oleh Uniqlo. Salah satu strategi mereka untuk menghadirkan penyegaran produk tiap musim yaitu melakukan kolaborasi dengan berbagai brand seperti Disney, Marni, Tolak Angin, Indomie hingga sejumlah desainer.

Kotler mengungkapkan bahwa promosi sebagai salah satu bagian dan juga proses strategi pemasaran untuk membentuk komunikasi dengan pasar.

Promosi produk yang dilakukan oleh Uniqlo untuk membentuk komunikasi dengan pasar dilakukan secara inovatif mulai dari billboard, media sosial, iklan di televisi, hingga campaign marketing. Hal itulah yang membantu Uniqlo untuk menarik perhatian pelanggan dan menciptakan buzzer yang positif.

5. Memberikan kemudahan bagi pelanggan

Tak dapat dipungkiri offline store Uniqlo telah bertengger dimana-mana karena Uniqlo selalu memperluas jaringan distribusinya dan memilih tempat yang strategis dan mudah diakses oleh pelanggan.

Selain offline store, mereka juga menawarkan pengiriman produk secara online untuk memudahkan pelanggan membeli produk Uniqlo. Dalam penerapan strateginya, Brand ini selalu fokus pada pelanggan dan berusaha untuk menciptakan pengalaman belanja yang nyaman dan mudah.

Dari poin di atas dapat disimpulkan, bahwa Uniqlo telah berhasil menjadi perusahaan fast retailing di bidang fashion terbesar di Asia karena selalu berinovasi dengan produknya, menggunakan teknologi yang canggih demi kenyamanan pelanggan, kemudahan dalam membeli serta promosi dan campaign yang menarik serta fokus pada kualitas.

“We don’t chase trends. People mistakenly say that UNIQLO is a fast-fashion brand. We’re not. We are about clothing that’s made for everyone.” – CEO Tadashi Yanai UNIQLO

Seperti kata CEO Uniqlo, mereka tidak mengikuti tren dalam membuat produk, tapi mereka membuat produk untuk semua orang. Hal tersebutlah yang menjadikan Uniqlo sebagai pemimpin pasar di industri pakaian dan dapat mempertahankan posisi mereka di tengah persaingan yang pasar yang kompetitif.

Nah Briefee itu dia penjelasan mengenai strategi yang dilakukan Uniqlo sehingga dapat menguasai pasar global. Dari artikel di atas, perlu diketahui bahwa strategi penting bagi kamu yang sedang menjalankan suatu bisnis atau usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *