Community Marketing: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Contohnya

community marketing

Saat ini ada banyak strategi marketing yang bisa dijalankan oleh brand untuk sekedar menyampaikan pesan hingga mempertahankan konsumen setia. Salah satu strategi marketing yang dianggap berhasil dalam implementasinya adalah community marketing.

Seperti yang kita ketahui, community atau komunitas sekarang merupakan unsur penting bagi brand dalam mengembangkan bisnis. Tapi mengapa?

Hal ini karena dengan adanya komunitas, brand bisa meningkatkan keterlibatan konsumen, mudah mendapat insight penting mengenai apa yang perlu dikembangkan serta mengetahui apa yang audiens butuhkan.

Tapi, pernahkah kamu mendengar istilah community marketing Briefee dan mengapa brand perlu menerapkan strategi pemasaran jenis ini? Lebih lengkapnya, mari simak artikel di bawah ini!

Apa itu Community Marketing?

Community marketing adalah strategi pemasaran pada brand dengan cara membangun hubungan antaranggota dalam sebuah komunitas. Hubungan tersebut bisa dilakukan online melalui media sosial maupun offline lho.

Strategi ini sangat efektif dalam membangun citra positif brand dikalangan pelanggan setia. Para pelanggan akan merasa bahwa mereka ada, dianggap, serta terlibat dalam berbagai aktivitas brand. 

Banyak keuntungan yang didapatkan brand ketika menjalankan strategi ini yaitu dapat menyebarkan pesan dengan lebih efektif, memperluas cakupan penerimaan pesan, mempercepat penyampaian pesan kepada target pasar hingga menumbuhkan kesetiaan pelanggan.

Tujuan Community Marketing

Tujuan utama dari strategi community marketing adalah membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dengan para pelanggan.

Hubungan baik tersebut brand lakukan dengan cara mendengarkan dan merespons apa yang sedang konsumen inginkan dan butuhkan. Two way communication with consumer is the key!

Jika sebuah brand bisa mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan dan selalu bersedia mendengarkan kebutuhan mereka, maka loyalitas dan trust pun akan didapatkan.

Hal ini karena konsumen merasa dihargai dan didengar. Dengan demikian, tak hanya berdampak baik untuk pelanggan, ini juga akan menguntungkan brand.

Jenis-Jenis Community Marketing

Community marketing memiliki 2 jenis pemasaran. Adapun jenis-jenis dari community marketing adalah organik dan sponsor. Berikut penjelasannya:

1. Organic

Tipe komunitas pertama yaitu komunitas organik. Komunitas ini tercipta dengan sendirinya tanpa bantuan brand. Para anggota komunitas di dalamnya dapat saling bertukar informasi, berdiskusi, serta mengetahui review produk brand tersebut.

Contoh dari jenis ini yaitu femaledaily dan kaskus. Pada kedua platform tersebut kamu dapat menuliskan sebuah review mengenai produk dari brand dan juga berdiskusi dengan anggota lain tanpa unsur paksaan dari brand.

2. Sponsor

Tipe komunitas ini yaitu komunitas yang disponsori dan dibuat oleh brand. Komunitas sponsor, di dalamnya sering membuat berbagai kegiatan aktif dengan para anggotanya seperti mengadakan event, gathering, hingga webinar. 

Contohnya, Rubi Community yang merupakan komunitas kecantikan dari Avoskin. Jika masuk menjadi anggota komunitasnya, kamu akan mendapatkan pelatihan, kelas gratis setiap bulan hingga info terbaru mengenai produk yang akan launch.

Selanjutnya ada Pure Mates yang merupakan komunitas dari Brand N’PURE. Dengan menjadi anggota Pure Mates, kamu akan mengetahui update terbaru hingga promo dari N’PURE.

Jadi Briefee, kesimpulannya adalah dengan community marketing, brand dapat memiliki kesempatan untuk mendengarkan kebutuhan pelanggan dan membuat pelanggan merasa didengarkan. Sehingga, para pelanggan akan setia dengan brand.

Itulah pembahasan mengenai Community Marketing. Apakah kamu tertarik untuk menggunakan strategi ini? Namun ingat, sebelum menerapkan strategi pemasaran tertentu, jangan lupa untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu, ya!

Nah, jika kamu bingung ingin mulai dari mana, BRIEFER bisa membantumu. BRIEFER merupakan platform kerja yang menyediakan spesialis berpengalaman di bidang komunikasi yang bisa membantu kamu menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnismu.

Jika kamu tertarik, yuk kunjungi situs web BRIEFER untuk informasi selengkapnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *