Series Gadis Kretek Netflix: Sinopsis, Pemain, dan Jadwal Tayang

Poster serial Gadis Kretek Netflix

Melalui akun YouTube-nya, Netflix Indonesia merilis trailer perdana serial Gadis Kretek. Tahukah kamu, Gadis Kretek adalah series Indonesia original Netflix pertama, lho!

Gadis Kretek sendiri merupakan adaptasi dari novel karya Ratih Kumala dengan judul yang sama. Novel ini diterbitkan pada tahun 2012 oleh Gramedia Pustaka Utama.

Novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala
Sampul novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala

Lantas, bagaimana sih, kisah atau alur ceritanya sampai Netflix tertarik mengubahnya menjadi sebuah series? Yuk, simak sampai habis artikel ini!

Sinopsis dan Trailer Gadis Kretek

Sebelum membaca lebih lanjut mengenai sinopsis dari series ini, yuk tonton dulu trailer resmi Gadis Kretek yang baru saja dirilis Netflix pada 19 Oktober 2023 lalu:

Sudah nonton trailer-nya, ‘kan? Nah, dari trailernya saja, kita sudah tahu bahwa series ini berlatar belakang tahun ’90-an.

Namun, sebenarnya, serial ini akan menghadirkan kisah dengan alur maju-mundur dengan setting awal di masa modern. Kemudian, setting utamanya akan flashback ke tahun 1960-an.

Film Gadis Kretek bercerita tentang seorang pemilik pabrik kretek Djagad Raya bernama Pak Soeraja (Raja) yang tengah mengalami sekarat.

Ketika sedang sekarat, Raja justru menggumamkan nama perempuan bersama Jeng Yah berkali-kali. Padahal, Jeng Yah bukan nama istrinya, bahkan tidak ada keluarga yang mengenalnya.

Hal ini pun sampai membuat istri Raja cemburu hingga anak Raja yang bernama Lebas menerka-nerka siapa sebenarnya gadis bernama Jeng Yah ini.

Lebas akhirnya mencoba mencari sosok Jeng Yah setelah ia mendapat informasi mengenai keberadaan gadis itu di Jawa Tengah.

Dalam perjalanan tersebut, Lebas bertemu Arum (Putri Marino), seorang dokter sekaligus pendonor di Museum Kretek yang ternyata punya keterkaitan besar dengan keluarga Jeng Yah.

Tak hanya mencari keberadaan Jeng Yah, perjalanan ketiga anak Raja juga rupanya juga sembari menguak rahasia keluarga, utamanya mengenai sejarah berdirinya Pabrik Kretek Soejagad Raja.

Lantas, apakah perjalanan Lebas dan Arum berhasil menemukan sosok Jeng Yah dan menguak hubungannya dengan Raja? Jika penasaran, kamu bisa tonton serialnya, ya!

Jadwal Tayang Gadis Kretek

Pada Juli 2022 lalu, Netlix resmi memberi bocoran mengenai rencana untuk mengadaptasi novel Gadis Kretek menjadi sebuah serial Indonesia original Netflix pertama.

Sebenarnya, series ini sudah lebih dulu ditayangkan dalam program Reinassance of Indonesia Cinema di Busan Internasional Film Festival pada 4 Oktober 2023 lalu.

Nah, barulah ketika merilis trailer pertamanya, diumumkan jadwal penayangan Gadis Kretek yang dapat disaksikan semua orang, yaitu pada Kamis, 2 November 2023 mendatang di platform streaming Netflix.

Pemain Gadis Kretek

Jika kamu tertarik menonton film ini, yuk ketahui siapa saja pemeran Gadis Kretek:

1. Dian Sastrowardoyo sebagai Dasiyah (Jeng Yah)

Siapa yang tidak tahu Dian Sastrowardoyo? Perempuan berusia 41 tahun ini mulai banyak dikenal orang-orang berkat kesuksesan Ada Apa dengan Cinta (AADC) pada 2002 silam.

Hingga kini, Dian Sastro dianggap sebagai salah satu senior dalam dunia perfilman Indonesia berkat kepiawaiannya dalam ber-akting.

2. Ario Bayu sebagai Soeraja (Raja)

Ario Bayu merupakan aktor tanah air kelahiran tahun 1985. Ia memulai kariernya menjadi aktor dengan berperan dalam film Bangsal di tahun 2004.

Sampai saat ini, Ario Bayu telah memainkan berbagai film terkenal, mulai dari Soekarno, Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta, serta Perempuan Tanah Jahanam.

3. Putri Marino sebagai Arum

Putri Marino juga merupakan salah satu aktris senior di Indonesia yang telah memerankan berbagai film, mulai dari Posesif, Cinta Pertama, Kedua & Ketiga, One Night Stand, serta The Big 4.

4. Arya Saloka sebagai Lebas

Bagi penggemar sinetron Ikatan Cinta, pasti sudah tidak asing lagi dengan Arya Saloka. Selain sinetron, ia juga banyak bermain dalam film layar lebar, seperti Habibie & Ainun 3, Wedding Proposal, dan Cinta dalam Kardus.

5. Winky Wiryawan sebagai Tegar

Winky Wiryawan adalah seorang aktor, presenter, musisi, hingga produser rekaman Indonesia. Ia banyak dikenal melalui perannya dalam film horor, seperti The Doll, Jeritan Malang, dan Lorong.

6. Dimas Aditya sebagai Karim

Dimas Aditya merupakan aktor yang memulai debutnya di tahun 2008. Ia telah banyak melakoni film dan serial televisi, di antaranya Mumun, Yuni, Twivortiare, Pengabdi Setan, dan sinetron Tukang Ojek Pengkolan.

Nah, itulah dia artikel lengkap tentang sinopsis, trailer, jadwal tayang, hingga pemeran series Gadis Kretek besutan Netflix. Jadi, kalau kamu tertarik, yuk tonton series ini hanya di platform streaming Netflix, ya!

Jika kamu ingin membaca artikel lain seputar tren dalam industri perfilman atau hiburan, yuk kunjungi web Stories from BRIEFER!

Baca juga: