Saat ini profesi sebagai freelancer cukup diminati, terutama oleh kaum milenial. Banyak banget keuntungan yang didapatkan sebagai seorang freelancer misalnya kamu bisa bekerja dimana saja, fleksibilitas waktu, penghasilan dan juga koneksi yang lebih luas dimana kesempatan peluangmu berkolaborasi dengan berbagai pihak pun lebih besar.

Nah kalau mau tahu lebih lanjut tentang kehidupan freelancer, kamu bisa menonton beberapa film dibawah ini. Apa sajakah itu?

1. Sideways (2004)

Sebuah film yang berkisah mengenai kesederhanaan persahabatan dan mid-life crisis a, namun terangkum padat dan menyentuh. Bercerita tentang Miles (Paul Giamatti), seorang guru bahasa Inggris yang baru bercerai dari istrinya dan bermimpi untuk bisa mempublikasikan novelnya, ia mengajak sahabatnya Jack (Thomas Haden Church) dalam sebuah long-road trip mengunjungi sebuah perkebunan wine.  Secara keseluruhan, Sideways adalah komedi romansa  yang lucu dan menghibur, baik dari sisi karakter hingga filosofi yang bisa kita ambil sebagai pelajaran hidup.

2. Julie & Julia (2009)

Julie & Julia merupakan film drama-komedi biografi yang diperankan oleh Meryl Streep dan Amy Adams dengan alur maju mundur yang bercerita tentang dua wanita yang hobi memasak, menyadari hidup mereka saling berkaitan. Julie memiliki hobi memasak hingga ia pun akhirnya menuliskan resepnya dalam sebuah blog. ketekunan Julie menulis membuatnya berhasil masuk dalam New York Times. Salah satu pesan berharga dari film ini adalah gigih dan berjuang agar bisa menjadi penulis handal, dan tetap berusaha memperbaiki diri meski karyamu ditolak.

3. Heart Attack (2015)

Sebuah film Thailand yang bercerita tentang kehidupan Yoon (Sunny Suwanmethanon), seorang freelance graphic design yang seringkali menerima banyak pekerjaan karena kepiawaiannya menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. Sampai suatu hari tubuh Yoon muncul bintik merah karena kelelahan akibat terlalu banyak kerja, dan mengharuskannya pergi ke rumah sakit. Disinilah Yoon bertemu dokter cantik Imm (Davika Hoorne) yang mengobatinya, dari pertemuan ini banyak hal terjadi dan berubah di kehidupan Yoon.

4. Nightcrawler (2020)

Film bergenre thriller kriminal garapan sutradara Dan Gilory ini berkisah tentang pria bernama Louis Bloom atau Lou (Jake Gyllenhaal) yang tengah kesulitan mencari pekerjaan. Hingga suatu ketika ia melihat sebuah insiden tabrakan mobil di jalan, ia mendapatkan ide untuk memulai pekerjaan sebagai jurnalis untuk berita kriminal. Seiring berjalannya waktu, Lou semakin berambisi dalam pekerjaannya. Ia pun semakin lihai merekayasa berita, bahkan menggunakan berbagai cara kotor. Hal ini tentu menyalahi kode etik jurnalistik. Lalu bagaimana kelanjutan kisah Lou?

Gimana, tertarik kah kalian jadi seorang freelancer? Kalau iya, kalian mau jadi freelancer di bidang apa nih?

Celixa Yovanka

Communication Lead at Briefer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *