Setelah beberapa waktu lalu membahas mengenai cara kerja fleksibel di masa depan melalui platform kerja, ada beberapa elemen dalam platform tersebut (menurut World Economic Forum) yang memberikan kemudahan kita dalam berpenghasilan, sehingga kita bisa bekerja dimana saja. Apa sajakah itu?

1. Tipe Layanan

Setiap tenaga lepas yang tergabung dalam platform kerja memiliki tipe layanan atau jasa yang ditawarkan kepada klien. Dalam bidang komunikasi, layanan jasa tersebut biasanya adalah menulis siaran pers/artikel, media monitoring, pengelolaan konten media sosial, fotografi maupun webinar online.

2. Lingkup Geografis

Platform kerja akan menerangkan basis lokasimu supaya kamu bisa mendapatkan pekerjaan dengan jangkauan radar yang sesuai. Fasilitas ini membantu menyeimbangkan atau pemerataan kesempatan pendistribusian proyek kepada pekerja yang ditentukan oleh lokasi masing-masing.

3. Kompleksitas Tugas

Platform kerja menyediakan akses ke berbagai calon konsumen sesuai keahlian yang kamu miliki. Namun penting juga para pekerja lepas meningkatkan kemampuan mereka supaya mampu memenuhi kebutuhan klien yang dinamis dan dapat berkompetisi secara sehat di industri.

4. Status Pekerja

Pekerja yang tergabung dalam platform kerja terdiri dari 2 jenis yaitu mereka yang bekerja sebagai karyawan dan sekaligus menjadi tenaga lepas. Serta mereka yang berprofesi tenaga lepas sepenuhnya. Maka dari itu, platform kerja dianggap membantu untuk mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan produktivitas kerja.

5. Harga

Platform kerja telah menetapkan standar harga yang harus disepakati antara kamu dan klien sesuai permintaan kerja dan keahlian yang kamu tawarkan. Harga ini bisa ditentukan dari harga keahlian di bidangmu secara umum. Platform juga memfasilitasi pembayaran sehingga transaksi pun lebih aman.

Tertarikkah kamu bergabung di platform kerja, Briefee?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *