Apa itu Konsultan Marketing? Ini Manfaat Menggunakannya!

asian marketing consoultant meeting about business plan and present and explain marketing goal

Pemasaran merupakan salah satu elemen penting dalam bisnis. Apalagi, dengan kemajuan teknologi digital, maka bisnis harus bisa beradaptasi untuk menjalankan startegi pemasaran yang tepat.

Untuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman, sekarang ini jasa konsultan marketing semakin banyak dipilih oleh perusahaan karena efisiensi biaya dan fleksibilitas yang ditawarkannya.

Sebenarnya, apa itu konsultan marketing? Apa saja manfaat yang akan didapat jika menggunakan jasanya? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut!

Apa itu Konsultan Marketing?

Konsultan pemasaran atau marketing consultant adalah individu atau perusahaan yang mempunyai keahlian dalam bidang pemasaran sehingga bisa memberikan layanan konsultasi pemasaran kepada perusahaan.

Konsultasi yang dimaksud tersebut mencakup perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan strategi marketing yang efektif untuk membantu memajukan sebuah bisnis.

Jadi, tugas utama seorang konsultan marketing adalah untuk membantu klien dalam mencapai tujuan pemasaran mereka, entah itu menaikkan penjualan, meningkatkan brand awareness, atau mencapai pangsa pasar yang lebih besar.

Karena memiliki pengetahuan dan wawasan yang mendalam dalam bidang pemasaran, seorang konsultan marketing akan bekerja sama dengan klien untuk mencari solusi yang sesuai dengan tujuan atau kebutuhannya.

Selain itu, konsultan marketing juga dibayar dalam jangka waktu tertentu, entah itu untuk mengerjakan proyek tertentu atau dalam durasi yang lebih lama.

Biasanya, perusahaan yang baru berdiri dan belum memiliki SDM yang cukup akan menggunakan jasa konsultan marketing untuk membantu menjalankan strategi pemasaran mereka.

Adapun beberapa area cakupan umum yang dapat dilayani oleh konsultan pemasaran adalah sebagai berikut:

  1. Menganalisis pasar, pesaing, dan tren industri
  2. Merencanakan strategi pemasaran yang efektif
  3. Merancang strategi pemasaran online, seperti periklanan digital atau social media management
  4. Mengidentifikasi dan merancang nilai serta identitas sebuah brand, seperti logo, warna, dan brand voice
  5. Merencanakan kampanye pemasaran khusus
  6. Memantau hasil kampanye pemasaran, seperti pengukuran ROI

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan Marketing

Menggunakan jasa konsultan konsultan pemasaran memiliki banyak manfaat, loh, di antaranya yaitu:

1. Mendorong Pengembangan Strategi Pemasaran yang Terarah

Menggunakan jasa konsultan marketing akan membantu bisnis untuk melaksanakan strategi pemasaran yang lebih terarah.

Biasanya, seorang konsultan pemasaran akan terlebih dahulu melakukan analisis menyeluruh tentang situasi bisnis, pasar, pesaing, dan target audiens.

Setelah itu, mereka juga akan membantu bisnis untuk menentukan tujuan pemasaran yang lebih spesifik, serta mengidentifikasi segmen pasar yang paling potensial.

Hal ini pun memungkinkan mereka untuk bisa merumuskan strategi pemasaran yang lebih tepat sesuai dari analisis tersebut.

Baca juga: Memang Kita Perlu Konsultan Komunikasi untuk Membuat Event?

2. Efisiensi Biaya

Manfaat menggunakan jasa konsultan pemasaran selanjutnya terletak pada efisiensi biaya. Meskipun biaya awalnya mungkin akan tinggi, tetapi secara jangka panjang, dampaknya akan lebih terasa.

Pasalnya, mereka akan membantumu menghindari kesalahan dalam hal pengalokasian dana pada strategi pemasaran yang tidak efektif.

Apalagi biasanya, perusahaan baru sering kali melakukan uji coba sebuah taktik pemasaran yang hasilnya kurang efektif.

Nah, dengan menggunakan jasa konsultan marketing, mereka bisa membantumu memilih pendekatan yang terbukti lebih efektif dan minim risiko.

3. Penggunaan Tools yang Tepat

Konsultan pemasaran juga sering kali memiliki akses ke sumber daya yang lebih luas, seperti penggunaan tools marketing untuk memperlancar strategi pemasaran.

Jadi, mereka pun lebih memahami bagaimana cara menggunakan alat pemasaran secara lebih efektif dan mencapai tujuan dengan lebih cepat.

4. Lebih Fleksibel

Menggunakan jasa konsultan pemasaran dinilai lebih fleksibel sesuai tujuan bisnis. Misalnya, kamu hanya ingin menggunakan jasa mereka hanya untuk menjalankan proyek tertentu.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memilih sendiri jangka waktu atau durasi kontrak kerja dalam menyewa jasa konsultan pemasaran sesuai keinginanmu.

Hal ini pun memungkinkan bisnismu untuk mendapat akses ke keahlian yang dibutuhkan tanpa harus menjalin kontrak dalam jangka panjang.

5. Fokus pada Hasil

Konsultan pemasaran biasanya hanya akan berfokus untuk mencapai hasil yang sesuai target. Sebab sebelum bekerja, mereka akan terlebih dahulu menerapkan tujuan yang spesifik, terukur, dan realistis.

Dengan berorientasi pada hasil, maka konsultan marketing pun dapat membantu bisnis untuk bisa meraih tujuan yang ditetapkan secara lebih efektif.

Tips Memilih Konsultan Marketing yang Tepat

Memilih konsultan pemasaran yang tepat merupakan langkah penting agar tujuan yang diinginkan bisnis bisa tercapai.

Adapun beberapa tips memilih konsultan pemasaran adalah:

  1. Tentukan tujuan dan kebutuhan bisnismu secara khusus, apakah menaikkan penjualan, meningkatkan brand awareness, atau tujuan lainnya
  2. Periksa portofolio konsultan marketing atau testimoni dari bisnis yang pernah menggunakan jasanya
  3. Pertimbangkan industri atau niche spesifik bisnismu, dan carilah konsultan pemasaran yang memiliki pengetahuan mendalam tentang industri tersebut
  4. Pastikan konsultan pemasaran yang dipilih memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  5. Pertimbangkan anggaran yang kamu siapkan dan pastikan tarif konsultan pemasaran yang akan kamu pilih sesuai
  6. Jangan ragu untuk berdiskusi secara langsung mengenai proyek dan tujuan bisnismu, serta tanyakan hal-hal yang masih membuatmu ragu
  7. Pastikan seluruh aspek kerja sama tertuang dalam sebuah kontrak yang jelas

Baca juga: Jadi Konsultan Public Relations? Apa sih itu?

Butuh Jasa Konsultan Marketing Berpengalaman? Percayakan pada BRIEFER!

Jika perusahaan atau bisnismu membutuhkan jasa konsultan marketing berpengalaman yang bisa membantu mewujudkan tujuan pemasaran, BRIEFER bisa menjadi solusinya!

BRIEFER merupakan platform kerja yang menyediakan berbagai spesialis berpengalaman di bidang komunikasi, seperti pemasaran dan public relations.

Kami melayani klien yang berasal dari berbagai industri, mulai dari pariwisata, teknologi, otomotif, infotainment, kesehatan, fashion & beauty, hingga perbankan.

Untuk informasi lebih lanjut, yuk kunjungi laman web BRIEFER atau hubungi kami melalui hello@briefer.id sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *