Butuh jasa konsultan untuk perusahaanmu? Yuk kenali dulu macamnya!

Konsultan atau kerap dikenal dengan sebutan agensi saat ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, terkhusus kaum milenial dan gen Z. Mengapa demikian? karena saat ini agensi dibutuhkan oleh berbagai perusahaan atau bisnis dalam perencanaan serta menjalankan ide bisnis. Terlebih lagi agensi sekarang menjadi tujuan banyak orang untuk bekerja khususnya para fresh graduate, hayo apakah kamu salah satunya?

Dilansir dari Market Business News, agensi adalah sebuah bisnis atau organisasi yang memberikan sebuah pelayanan jasa atau layanan tertentu.

Fungsi agensi bagi klien adalah untuk membuat strategi marketing, branding dan kebutuhan lain sesuai permintaan klien. Tapi tidak hanya itu saja karena konsultan atau agensi terdiri dari berbagai macam. Apa sajakah itu?

1. Konsultan Public Relation

Jenis konsultan pertama adalah public relation. Tugasnya adalah untuk meningkatkan dan mengelola citra klien agar tetap memiliki citra yang baik di mata publik, melakukan marketing public relations untuk brand maupun produk klien melalui media massa serta menjalin relasi yang baik dengan media

Selain itu, konsutan PR juga menyediakan layanan jasa seperti manajemen isu dan komunikasi krisis gunamembantu klien menyusun rencana komunikasi yang tepat saat menghadapi situasi genting. Contoh dari konsultan PR yaitu IGICO, Edelman dan Ogilvy.

2. Konsultan Kreatif & Periklanan

Selanjutnya ada konsultan kreatif dan periklanan. Konsultan Kreatif dan Periklanan Creative merupakan perusahaan yang menyediakan layanan jasa berupa strategi komunikasi kreatif khusus di bidang periklanan.

Biasanya, konsultan kreatif dan periklanan dibutuhkan oleh perusahaan dalam hal pembuatan video brand, script kreatif hingga pengelolaan media sosial. 

Lalu, dalam proses pengerjaannya dibutuhkan tim yang memiliki skill pada bidang kreatif seperti seorang videografer, graphic designer, art director, illustrator, hingga copywriter.

. Salah satu manfaat menggunakan jasa konsultan kreatif dan periklanan adalah untuk meningkatkan brand identity maupun awareness perusahaan. Contoh creative agency adalah Narada Communications dan Seruni Creative.

3. Konsultan Digital

Ketiga, konsultan digital yang merupakan perusahaan yang memberikan layanan jasa berupa penggabungan antara marketing dan sisi kreatif di era digital.

Briefee, layanan atau jasa yang ditawarkan oleh digital agency biasanya berupa digital marketing, SEO website , SEM (Search Engine Marketing), branding online, E-Commerce advertising, web design hingga pengelolaan media sosial. 

Jenis konsultan ini cocok bagi perusahaan yang ingin menaikkanan social presence. Jika ingin menjadi bagian dari konsultan digital, tentunya kamu harus memiliki skill seperti digital marketing, web design serta copywriting. Contoh konsultan ini yaitu Blackstone dan Krona.

4. Entertainment Agency

Selanjutnya yaitu ada entertainment agency. Tentu kamu tidak asing kan Briefee dengan jenis agency ini. Yap! agency ini bergerak dibidang industri hiburan.

Entertainment agency berfokus untuk melahirkan musisi, penyanyi, model, dancer, dan talenta lainnya. Tugas utama dari jenis agency ini yaitu sebagai perantara yang membantu para talent tadi dalam mengelola semua kebutuhan seperti branding hingga project acara.

Beberapa contoh entertainment agency yang terkenal di industri hiburan Indonesia misalnya RANS Entertainment, sedang beberapa yaitu agency dari Korea seperti SM Entertainment, YG Entertainment, Hybe Corporation juga JYP Entertainment.

Itu dia pembahasan mengenai jenis-jenis agency yang dapat membantu proses bisnis perusahaan. Dalam pemilihan jenis agency yang tepat bagi perusahaan, kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan.

Kunjungi stories.briefer.id untuk artikel bermanfaat lainnya see ya! 🙂