man in suit jacket standing beside projector screen

Pasti kalau dengar kata public relations langsung terpikir – orang yang mengkomunikasikan sesuatu ke publik mewakili perusahaan. Tapi sebenarnya, profesi ini tidak sesederhana definisinya. Apa sih konsultan public relationsitu?

Konsultan public relations adalah seseorang yang bertugas untuk menyampaikan misi dan citra perusahaan atau organisasi kepada masyarakat umum. Mereka bertindak sebagai bagian dari tim atau departemen komunikasi untuk menyebarkan informasi tentang perusahaan, dan juga menyampaikan pesan yang dimaksudkan tentang kebijakan atau tujuan perusahaan guna membangun kepercayaan pada produk atau layanan perusahaan.

Sebagai konsultan public relations, kamu akan membuat dan mendistribusikan artikel, bulletin, brosur, siaran pers, dan informasi produk melalui berbagai saluran media, tentunya berdasarkan dari karakteristik target audience yang dituju untuk meningkatkan efektivitas penyampaian pesan. Kamu juga mungkin ditugaskan untuk merencanakan acara hubungan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan merek atau barang baru, serta mewakili perusahaan pada konferensi pers atau penampilan publik lainnya. Jadi bagi kamu yang sangat menyukai bersosialisasi dan menjalin hubungan baik dengan orang – orang sekitar, it’s a well-fitting career for you.

Pekerjaan ini akan cukup populer dan diprediksi akan terus meningkat selama 10 tahun ke depan. Selain erat hubungannya dengan media konvensional, konsultan public relations juga dituntut untuk memahami media sosial guna menyelaraskan kebutuhan di era digital ini. Karena profesi konsultan public relations menjadi salah satu profesi favorit, kamu harus siap untuk berkompetisi dengan orang – orang lain yang juga menginginkan karir ini. Prepare yourself with mastering some of the required skills!

Lalu skills apa saja sih yang dibutuhkan untuk menjadi seorang konsultan public relations? Kamu harus memiliki keterampilan interpersonal, keterampilan organisasi, keterampilan dalam memecahkan masalah dan keterampilan menulis. Sebab nantinya kamu akan banyak menyampaikan pesan baik melalui siaran pers, copy writing media sosial hingga pembuatan strategi dan taktik yang tepat untuk mengkomunikasikan informasi kepada publik. Tak hanya itu, seorang konsultan PR juga harus kreatif dan terampil dalam manajemen stres karena ia harus mampu menangani sebuah isu dan krisis yang sedang terjadi. Patience is a must.

Ada beberapa alasan bagus untuk menjadi seorang konsultan public relations. Seiring berjalannya waktu dan kebutuhan akan komunikasi korporasi dan brand meningkat, profesi ini sedang sangat dibutuhkan. Karir dibidang public relations juga menawarkan jenis – jenis karir di beragam perusahaan misalnya konsultan public relations internasional, perusahaan multinasional, atau menjadi seorang konsultan public relations freelance.

Jika kamu tertarik dan merasa cocok untuk menjadi konsultan public relations, salah satu hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah gelar pendidikan yang harus didapatkan. Berdasarkan data dari U.S Bureau of Labor Statistics, seorang konsultan PR harus memiliki gelar setidaknya Strata 1 (S1) pada jurusan public relations, jurnalisme, komunikasi, sastra inggris, atau bisnis. Maka dari itu memilih jurusan yang tepat selalu merupakan langkah penting untuk mencapai mimpi kamu untuk menjadi konsultan public relations.

Jadi bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menjadi konsultan public relations?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *