Beberapa orang menganggap bahwa pekerjaan Marketing Communication dan Public Relations dalam sebuah perusahaan adalah pekerjaan sejenis yang mirip. Padahal secara lingkup kerja, tugas mereka cukup berbeda.

Marketing communication adalah pihak yang menjalankan segala aktivitas pemasaran mulai dari melakukan riset sesuai kebutuhan pasar, perencanaan strategi pemasaran, menentukan harga sebuah produk hingga pelayanan konsumen setelah penjualan (after sales) sehingga dapat meningkatkan konversi penjualan.

Sedangkan Public Relations adalah pihak yang menjadi jembatan untuk berinteraksi dengan pihak internal dan eksternal perusahaan guna meningkatkan kesadaran terhadap perusahaan, menciptakan opini positif kepada publik, menciptakan partisipasi publik hingga menjaga reputasi perusahaan,

Dalam prakteknya, seorang Marketing Communication menggunakan saluran-saluran berikut untuk mengoptimalkan fungsi pemasarannya :

1. Display Advertising

Kamu akan menemukan jenis iklan ini di sebelah konten pada website dan email berupa gambar, video atau konten interaktif lainnya. Kamu bisa mengatur iklan berdasarkan demografi, lokasi dan perilaku konsumen demi hasil optimal. Kesuksesan dari channel ini ditentukan dari banyaknya jumlah klik pada iklanmu

2. Email Marketing

Sebarkan kabar menarik ke customer tentang bisnismu melalui email marketing . Biasanya email ini dalam format konten newsletter dengan judul dan visual menarik supaya penerima email berkeinginan membaca pesanmu.

3. Media Sosial

Yes, media sosial adalah cara terbaik memasarkan brand dan terhubung dengan konsumenmu. Pilihlah karakteristik media sosial sesuai target marketmu, kemudian fasilitasi mereka dengan konten informatif tentang brandmu, trend terkini dan hal-hal yang mampu menarik mereka ke halaman media sosial brand kamu

Sementara Public Relations berhubungan erat dengan media. Oleh karena itu Public Relations lebih banyak menggunakan media – baik daerah maupun nasional untuk menyebarkan pemberitaan positif terkait aktivitas perusahaan. Tapi di jaman sekarang pun, Public Relations juga menggunakan media sosial sebagai saluran informasi pemberitaan agar menjangkau audiens yang lebih luas.

Meski berbeda fungsi, pada akhirnya Marketing Communication dan Public Relations harus berkolaborasi supaya mampu mencapai tujuan perusahaan, dengan peran masing-masing. Kamu lebih suka profesi Marcomm atau PR nih Briefee?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *